5 Contoh Sambutan Hari Santri Nasional 2024, Bisa Dijadikan Referensi

Senin, 21 Oktober 2024 - 11:32 WIB
Bertepatan dengan Hari Santri Nasional akan selalu diadakan beberapa agenda seperti upacara yang di dalamnya terdapat sambutan baik dari panitia penyelenggara atau tokoh masyarakat. Foto ilustrasi/ist
Contoh sambutan Hari Santri Nasional ini dapat dijadikan referensi para panitia atau penyelenggara acara. Hari Santri Nasional sendiri akan jatuh pada tanggal 22 Oktober 2024.

Peringatan Hari Santri Nasional telah ditetapkan pada tanggal 22 Oktober sejak tahun 2016 silam. Hal tersebut didasarkan pada sejarah Resolusi Jihad yang dikeluarkan oleh KH Hasyim Asy'ari pada 22 Oktober 1945.

Bertepatan dengan Hari Santri Nasional akan selalu diadakan beberapa agenda seperti upacara yang di dalamnya terdapat sambutan baik dari panitia penyelenggara atau tokoh masyarakat. Isi dari sambutan itu adalah sebagai berikut.

5 Contoh Sambutan Hari Santri Nasional 2024

1. Contoh Sambutan Hari Santri Pertama

Assalamu'alaikum wr wb

Bismillahirrahmanirrahim. Alhamdulillah wa syukurillah was shalatu wasallamu ‘alaa Rasulillah, sayyidina wa maulana Muhammad ibni Abdillah, wa ‘alaa aalihi wa shahbihi wa man walah, amma ba’d.

Alhamdulillahi rabbil ‘alamin, puji dan syukur selalu kami haturkan kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala. Karena atas izin dan berkah-Nya, kita semua bisa mendapatkan nikmat iman dan Islam, serta berkesempatan untuk hadir dalam acara peringatan Hari Santri Nasional [Sebut Tahun] kali ini.

Tidak lupa juga, shalawat serta salam semoga selalu tercurahkan kepada junjungan kita, Nabi besar dan Rasul penutup zaman, Muhammad shallallahu alaihi wasallam, keluarga, sahabat, dan umatnya hingga akhir zaman. Aamiin ya rabbal ‘alamin.

Yang terhormat, Bapak/Ibu [Sebut nama-nama tamu undangan khusus ataupun pejabat/tokoh penting], para kiai, alim ulama, para santri, dan segenap hadirin yang berbahagia.

Selaku Ketua Panitia acara Hari Santri Nasional 2024 di [Sebut Tempat], kami mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada para hadirin. Terima kasih karena sudah yang menyediakan waktunya untuk berkumpul dalam majelis yang Insya Allah penuh berkah ini.

Tak luput, kami menyampaikan terima kasih kepada semua anggota panitia dan pihak yang turut menyumbangkan tenaga, pikiran, hingga dana untuk mendukung acara ini.

Hari Santri menjadi peringatan tahunan yang bermakna penting bagi banyak masyarakat Indonesia, terutama mereka yang memiliki ikatan dengan para ulama dan pesantren.

Peringatan ini bukan sekadar perayaan biasa. Ini juga menjadi sarana bagi kita untuk merenungkan sejarah peran santri dalam perjuangan menegakkan harkat, martabat, dan kemerdekaan bangsa.

Tema Hari Santri pada tahun ini [Sebutkan Tema], mengingatkan kita akan pentingnya para santri untuk senantiasa berupaya menjadi bagian penting dari upaya memajukan bangsa dan negara.

Mari kita menjadikan momentum ini sebagai landasan memperkokoh nilai-nilai keislaman yang rahmatan lil ‘alamin, sekaligus berkontribusi aktif dalam pembangunan bangsa.

Akhir kata, kami mewakili segenap panitia acara menghaturkan maaf sebesar-besarnya jika dalam penyelenggaraan acara ini terdapat kekurangan. Semoga acara Hari Santri ini berjalan lancar dan diberkahi oleh Allah SWT.

Wabillah taufiq wal hidayah, Wassalamu’alaikum wr wb

2. Contoh Sambutan Hari Santri Kedua

Assalamu'alaikum wr wb

Alhamdulillah. Alhamdulillahilladzi arsala rasulahu bil huda wadinil haqq, liyudzhirahu ’aladdini kullihi, wakafa billahi syahiidaa. Allahumma shalli ’ala sayyidina muhammadin wa ’ala alihi wa sahbihi ajma’in. Amma ba’du.

Puji syukur ke hadirat Allah Subhanahu wa Ta'ala yang telah memberikan rahmat dan izin-Nya kepada kita semua sehingga bisa berkumpul di acara Hari Santri Nasional 2024.

Shalawat serta salam semoga senantiasa tercurahkan kepada sayyidil mursalin Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam, keluarga, sahabat, dan para pengikutnya hingga akhir zaman. Aamiin ya rabbal ‘alamin.

Yang saya hormati [sebutkan nama tamu undangan atau pejabat penting], para kiai, ulama, guru, segenap hadirin, serta seluruh santri yang saya banggakan.

Hari ini kita memperingati Hari Santri Nasional yang sangat bermakna bagi seluruh santri di Indonesia. Momentum ini bukan hanya sebagai pengingat akan perjuangan santri dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Peringatan Hari Santri merupakan penegas bagi kita semua akan pentingnya peran santri dalam perjalanan bangsa.

Para hadirin yang dimuliakan oleh Allah Subhanahu wa Ta'ala....

Sejak lama, para santri telah membuktikan bahwa pesantren bukan hanya tempat untuk menimba ilmu keislaman serta menempa moral. Pesantren juga kawah candradimuka untuk membentuk cendekiawan muslim-muslimah yang siap berperan dalam pemberdayaan umat.

Karena itu, dewasa ini, sudah banyak para santri yang terbukti sukses di berbagai bidang. Fakta ini merupakan petunjuk bahwa pendidikan di pesantren penting untuk terus dilestarikan dan didorong kemajuannya.

Hadirin rahimakumullah,

Pada peringatan Hari Santri Nasional 2024 ini, mari kita menegaskan kembali komitmen untuk mendukung pendidikan di pesantren dan menyokong kemajuan para santri.

Akhir kata, kami sampaikan terima kasih kepada segenap pihak yang telah mendukung penyelenggaran acara Hari Santri ini. Semoga Allah Subhanahu wa Ta'ala senantiasa memberikan rahmat dan hidayah-Nya kepada kita semua.

Wassalamu’alaikum wr wb

3. Contoh Sambutan Hari Santri Ketiga

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Alhamdulillahirobbil alamin wabihi nasta'inu 'ala umuriddunya waddin, wash-shalatu wassalamu 'ala asyrafil anbiya-i wal mursalin, wa 'ala alihi wa sahbihi ajma'in, Amma ba'du.

Yang saya hormati kiai...

Yang saya hormati kepala...

Dan seluruh hadirin yang berbahagia...

Marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah Subhanahu wa Ta'ala yang telah melimpahkan rahmat, taufik, serta inayah-Nya sehingga kita dapat menghadiri acara ini tanpa halangan suatu apapun.

Shalawat serta salam semoga senantiasa tercurah kepada junjungan kita Nabi Agung Muhammad Saw. Sosok suri teladan yang baik serta kita nantikan syafaatnya di yaumulkiamah kelak, amin.

Hadirin yang berbahagia...

Izinkanlah saya di sini sebagai perwakilan dari panitia peringatan Hari Santri 2024 untuk mengucapkan beberapa pesan.

Pertama, panitia mengucapkan banyak terima kasih kepada hadirin yang telah datang untuk ikut meramaikan peringatan Hari Santri Nasional 2024.

Kedua, panitia mengucapkan banyak permintaan maaf apabila penyediaan tempat, makanan, hingga penyelenggaraan acara kurang berkenan di hati hadirin.

Ketiga, panitia berharap melalui acara ini kita dapat belajar hal-hal penting tentang makna peringatan Hari Santri Nasional.

Akhir kata, demikian yang dapat saya sampaikan. Segala kekurangan dari perkataan maupun penyampaian, saya meminta maaf dan mohon keikhlasannya.

Wabillah taufiq wal hidayah, Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

4. Contoh Sambutan Hari Santri Keempat

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Hadirin yang saya hormati, pertama-tama, mari kita panjatkan syukur ke hadirat Allah SWT atas segala nikmat yang diberikan kepada kita semua.

Alhamdulillah kita bisa berkumpul dalam peringatan Hari Santri Nasional 2024 ini. Tema yang diusung, "Menyambung Juang Merengkuh Masa Depan," mengingatkan kita bahwa perjuangan santri tidak pernah berhenti.

Demi menjaga martabat bangsa, para santri berjuang melawan penjajah. Tentunya, hal ini terus menjadi perhatian kita untuk tetap memegang teguh prinsip untuk terus meneladani semangat para santri di zaman dahulu.

Hari Santri Nasional berawal dari peristiwa resolusi jihad yang dilakukan oleh KH. Hasyim Asyari pada 22 Oktober 1945. Maka dari itu, peringatan Hari Santri Nasional 2024 menjadi pengingat bagi masyarakat untuk tetap berjuang bagi bangsa.

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

5. Contoh Sambutan Hari Santri Kelima

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Yang terhormat seluruh hadirin yang berbahagia. Alhamdulillah, di Hari Santri Nasional 2024 ini, kita berkumpul untuk mengingat kembali peran penting santri dalam sejarah perjuangan bangsa. Tema "Menyambung Juang Merengkuh Masa Depan" jadi pengingat bahwa kita, sebagai santri, punya tanggung jawab untuk melanjutkan perjuangan para pendahulu.

Perjuangan kita hari ini bukan lagi dengan senjata, tetapi dengan ilmu, teknologi, dan akhlak. Masa depan menanti kita dengan berbagai tantangan dan santri harus siap menjawab tantangan itu dengan inovasi, kerja keras, dan ketulusan hati.

Semoga Allah SWT senantiasa memberikan bimbingan-Nya kepada kita semua dalam menjaga perjuangan ini dan meraih masa depan yang lebih baik.

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

(wid)
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Hadits of The Day
Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu, Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: Akan ada di akhir zaman para 'Dajjal Pendusta' (bukan Al-Masih Ad-Dajjal) membawa hadits-hadits kepada kalian yang mana kalian tidak pernah mendengarnya dariku dan bapak-bapak kalian pun juga belum pernah mendengarnya. Maka jauhilah mereka, agar mereka tidak bisa menyesatkan kalian dan tidak bisa memfitnah kalian.

(HR. Muslim No. 8)
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More