14 Keistimewaan Nabi Muhammad yang Tidak Dimiliki Manusia Lain

Kamis, 15 Oktober 2020 - 16:31 WIB
Allah Taala memberi Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam kelebihan sebagai tanda kebesaran-Nya dan bukti kenabian serta kekhususan beliau dari umat manusia. Foto/dok SINDOnews
Ali Musthafa Siregar

Anggota Pendidikan Asosiasi Mahasiswa Indonesia Yaman,

Mahasiswa Fakultas Syariah Universitas Ahgaff Yaman

Manusia yang tidak seperti manusia biasa (basyarun laa kal-basyar), siapa lagi kalau bukan Sang Pembawa Risalah, yaitu Nabi Muhammad صلى الله عليه وسلم. Secara lahiriyah memang manusia biasa, namun beliau memiliki keistimewaan yang tidak dimiliki manusia mana pun di dunia.

Allah Ta'ala memberi beliau kelebihan sebagai tanda kebesaran-Nya dan bukti kenabian Muhammad صلى الله عليه وسلم serta kekhususan beliau dari umat manusia. Meskipun memiliki mukjizat dan kelebihan, Rasulullah صلى الله عليه وسلم tidak pernah menyombongkan diri. (Baca Juga: 10 Keistimewaan Rasulullah SAW yang Perlu Kamu Ketahui)



قُلْ إِنَّمَآ أَنَا۠ بَشَرٌ مِّثْلُكُمْ يُوحَىٰٓ إِلَىَّ أَنَّمَآ إِلَٰهُكُمْ إِلَٰهٌ وَٰحِدٌ ۖ

"Katakanlah: 'Sesungguhnya aku ini manusia biasa seperti kamu, yang diwahyukan kepadaku: 'Bahwa sesungguhnya Tuhan kamu itu adalah Tuhan yang Esa..." (Surah Al Kahfi: Ayat 110).

Kelebihan Nabi Muhammad صلى الله عليه وسلم dilihat dari dua sisi yaitu kelebihandari sisi fisik dan kelebihan mukjizat yang dimilikinya. Berikut beberapa keistimewaan Nabi Muhammad صلى الله عليه وسلم:

1. Nabi Muhammad صلى الله عليه وسلم dapat melihat ke belakang sebagaimana beliau melihat ke depan.

2. Ketiak beliau berwarna putih dan tak ada rambutnya.

3. Nabi Muhammad صلى الله عليه وسلم tidak pernah menguap.

4. Keringatnya lebih harum dari minyak wangi yang ada di dunia.

5. Tingginya sedang. Akan tetapi jika Nabi berjalan bersama orang-orang yang tinggi, Nabi terlihat lebih tinggi, dan apabila duduk di suatu majelis, bahu beliau lebih tinggi.

6. Nabi Muhammad صلى الله عليه وسلم tidak memiliki bayangan. Beliau adalah Nur (cahaya). Oleh karena itu, ketika matahari atau bulan menyinarinya, tidak ada bayangan yang muncul di bawah kakinya.

7. Jasad beliau yang mulia tidak pernah dihinggapi lalat.

8. Darah beliau barokah. Sahabat Abdullah bin Zubair radhiallahu 'anhu pernah meminum darahnya dan Nabi Muhammad صلى الله عليه وسلم berkata, "Sungguh engkau telah menjaga dirimu dari api neraka."

9. Kedua matanya tertidur, tetapi hati beliau tidak demikian.

10. Nabi Muhammad صلى الله عليه وسلم tidak pernah bermimpi basah, karena mimpi basah adalah perbuatan setan.

11. Urine (air seni) Nabi Muhammad صلى الله عليه وسلم barokah. Ketika wadah tempat air seni beliau letakkan di satu tempat, sahabat mulia Ummu Aiman RA melihatnya dan meminumnya tanpa tahu sebelumnya itu apa. Ketika Nabi mengetahui itu, beliau berkata: "Perutmu tidak akan disentuh api neraka dan tidak akan pernah sakit selama-lamanya."
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
Hadits of The Day
Aisyah radliallahu 'anha berkata, Janganlah kamu meninggalkan shalat malam (qiyamul lail), karena Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam tidak pernah meninggalkannya, bahkan apabila beliau sedang sakit atau kepayahan, beliau shalat dengan duduk.

(HR. Sunan Abu Dawud No. 1112)
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More