14 Keistimewaan Nabi Muhammad yang Tidak Dimiliki Manusia Lain

Kamis, 15 Oktober 2020 - 16:31 WIB
12. Semua kotoran beliau ditelan bumi, tak sedikitpun yang tertinggal.

13. Nabi Muhammad صلى الله عليه وسلم dilahirkan sudah dalam keadaan dikhitan.

14. Rambut beliau membawa berkah. Sahabat Khalid bin Walid radhiallahu 'anhu tak pernah kalah di medan tempur. Di setiap perang, Khalid selalu membawa rambut Nabi Muhammad صلى الله عليه وسلم. Rambut beliau juga dijadikan sebagai obat bagi orang sakit.

( )

Mukjizat Nabi Muhammad

Jumlah mukjizat Nabi Muhammad صلى الله عليه وسلم selama hidup beliau terhitung sebanyak seribu hingga tiga ribu. Berikut beberapa mukjizatbeliau صلى الله عليه وسلم sebagai Nabi yang paling dicintai Allah Ta'ala:

1. Al-Qur'an merupakan mukjizat terbesar Nabi Muhammad صلى الله عليه وسلم

2. Ratapan tangis sebuah pohon kayuyang biasa digunakan Nabi untuk berkhutbah. Ketika pohon kayu itu diganti dengan mimbar, pohon kayu itu menangis karena sangat merindukan Nabi Muhammad صلى الله عليه وسلم.

3. Berbicaranya seekor unta dengan Nabi Muhammad صلى الله عليه وسلم dan menceritakan apa yang diperbuat oleh pemiliknya terhadapnya.

4. Keluarnya air dari sela-sela jari beliau. Sebanyak 500 sahabat meminumnya dan berwudhu darinya.

5. Mengembalikan mata sahabat yang telah tercongkel, kembali seperti semula.

6. Bertasbihnya sebuah makanan ketika berada di tangan Nabi Muhammad صلى الله عليه وسلم.

7. Nabi Muhammad صلى الله عليه وسلم dapat membelah bulan.

8. Isra' dan mikraj yang dilampaui oleh Nabi Muhammad صلى الله عليه وسلم hanya dengan waktu yang begitu singkat.

Imam Syafi'i berkata: "TidaklahAllah memberikan mukjizat kepada para Nabi melainkan Allah juga memberikan mukjizat kepada Nabi Muhammad صلى الله عليه وسلم dengan mukjizat yang sama atau lebih besar daripada mukjizat daripara Nabi yang lain".

Demikian ulasan tentang keistimewaan manusia mulia Nabi Muhammad صلى الله عليه وسلم. Semoga kita diberikan taufik agar semakin mencintai beliau dan dapat meneladani akhkak serta menghidupkan sunnahnya. Aamiiin. ( )

Referensi:

1. Kitab Mafaahiiim Yajibu An Tushohhah karya dari Sayyid Muhammad bin 'Alawi al-Maliki

2. Kitab asy-Syarh al-qowiim Fii Halli al-Faadz asy-Syiroot al-Mustaqiim karya dari Syaikh Abdulloh al-Harary

Wallahu A'lam
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
Hadits of The Day
Abu Hurairah radliallahu 'anhu berkata bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:  Allah 'azza wajalla telah berfirman: Setiap amal anak Adam adalah teruntuk baginya kecuali puasa. Puasa itu adalah bagi-Ku, dan Akulah yang akan memberinya pahala.  Dan puasa itu adalah perisai. Apabila kamu puasa, maka janganlah kamu merusak puasamu dengan rafats, dan jangan pula menghina orang. Apabila kamu dihina orang atau pun diserang, maka katakanlah, 'Sesungguhnya saya sedang berpuasa.'  Demi Allah, yang jiwa Muhammad ada di tangan-Nya. Sesungguhnya bau mulut orang yang berpuasa lebih harum di sisi Allah pada hari kiamat kelak daripada wanginya kesturi. Dan bagi mereka yang berpuasa ada dua kebahagiaan. Ia merasa senang saat berbuka lantaran puasanya, dan senang pula saat berjumpa dengan Rabbnya juga karena puasanya.

(HR. Muslim No. 1944)