Jumat Terakhir di Bulan Ramadhan, Berikut 5 Amalan yang Dianjurkan

Jum'at, 07 Mei 2021 - 03:20 WIB
Salah satu amalan yang tak kalah pentingnya adalah melaksanakn iktikaf. Iktikaf adalah usaha menetap di masjid dan menyibukkan diri dengan ibadah kepada Allah Ta'ala, seperti menegakkan sholat, membaca Al-Qur'an, berzikir, dan berdoa. Tidak keluar dari masjid selama iktikaf, kecuali bila ada keperluan yang mengharuskan untuk keluar (seperti buang hajat atau lainnya).

Iktikaf ini telah dicontohkan oleh Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam, sebagaimana hadits dari Aisyah radhiyallahu 'anha: "Nabi shallallahu 'alaihi wa salam selalu melakukan iktikaf pada sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan sampai Allah mewafatkan beliau." (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

5. Bersemangat Mencari Lailatul Qadar

Hari Jumat terakhir adalah momentum terbaik untuk meraih malam Lailatul Qadar. Allah menerangkan keutamaan Lailatul Qadar dalam firman-Nya:

لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ (3) تَنَزَّلُ الْمَلَائِكَةُ وَالرُّوحُ فِيهَا بِإِذْنِ رَبِّهِمْ مِنْ كُلِّ أَمْرٍ (4) سَلَامٌ هِيَ حَتَّى مَطْلَعِ الْفَجْرِ (5)

"Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Rabbnya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar." (QS. Al-Qadr: 3-5)

Hendaknya setiap muslim bersemangat mencarinya dengan memperbanyak doa, menghidupkan sholat malam, istighfar, baca Al-Qur'an. Dalam satu riwayat yang sahih disebutkan: "Siapa yang melaksanakan sholat (Qiyam) pada malam Lailatul Qadar karena dasar iman dan keikhlasan maka dosa-dosanya yang lalu akan diampuni."

Selain kelima amalan di atas, kaum muslimin juga dianjurkan agar memperbanyak sedekah di Hari Jumat terkahir ini. Hari Jumat adalah hari yang paling baik untuk menyantuni fakir miskin dan anak yatim. Apalagi memberi makanan bagi orang yang berpuasa akan mendapat ganjaran pahala istimewa.

Rasulullah SAW bersabda: "Siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga." (HR Tarmidzi No 807, Ibnu Majah No 1746, dan Ahmad 5:192)

Demikian amalan-amalan terbaik untuk dikerjakan pada Jumat terakhir Ramadhan ini. Semoga kita termasuk orang-orang yang beruntung mendapatkan keutamaan Ramadhan.

Wallahu A'lam

Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(rhs)
Halaman :
Hadits of The Day
Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu dia berkata, Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: Dunia ibarat penjara orang-orang mukmin dan surganya orang-orang kafir.

(HR. Ibnu Majah No. 4103)
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More