Azarmidukht, Si Cantik dengan Kapak di Tangan Kanan dan Pedang di Tangan Kirinya

Rabu, 10 November 2021 - 05:15 WIB
Rustam adalah seorang jenderal yang termashyur, veteran dari banyak peperangan. Dia bersumpah akan membalas dendam kepada sang Ratu atas pembunuhan ayahnya. Dia berbaris dengan pasukannya yang besar menuju Ctesiphon.

Di ibu kota, pertempuran hanya berlangsung dengan singkat dengan pasukan Ratu yang masih setia, namun perlawanan mereka dengan mudah dapat diatasi dan jenderal pemberontak berhasil menduduki Ctesiphon, dan menangkap sang Ratu.

Atas perintahnya, wajah Azarmidukht yang cantik dibutakan, dan beberapa hari kemudian dibunuh. Menurut versi sejarah lain, dia dibunuh dengan cara diracun. Sang Jenderal, didukung oleh pasukannya, sekarang menjadi penguasa Persia yang sesungguhnya.

Masa jabatan Azarmidukht sebagai ratu hanya berlangsung selama enam bulan. Seiring waktu, raja boneka lainnya ditempatkan di atas takhta, yang sekiranya tidak akan menantang otoritas Sang Jenderal. Dan sang Jenderal memerintah Persia sebagai kekuatan nyata di balik takhta formal dan menjadikan kekuatan militer sebagai pemimpin tertinggi Persia.

Menurut sebuah versi sejarah lain, Buran, Ratu Persia sebelumnya, saat peristiwa ini terjadi masih hidup.

Rustam kemudian menahbiskan kembali Buran menjadi Ratu, dengan perjanjian Persia berada di bawah kendalinya selama 10 tahun ke depan, sampai mereka menemukan kembali keturunan Kisra yang masih hidup untuk dijadikan raja atau ratu. Buran menyetujui usul ini.

Di kemudian hari, Rustam akan berhadapan dengan Khalid bin al-Walid ra dan Al-Muthanna bin Haritsah ra, dua panglima perang pasukan Arab Muslim, dan memberikan kesulitan kepada mereka dalam perang penaklukkan Persia.

Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(mhy)
Halaman :
cover top ayah
تَعۡرُجُ الۡمَلٰٓٮِٕكَةُ وَ الرُّوۡحُ اِلَيۡهِ فِىۡ يَوۡمٍ كَانَ مِقۡدَارُهٗ خَمۡسِيۡنَ اَلۡفَ سَنَةٍ‌ۚ‏
Para malaikat dan Jibril naik menghadap kepada Tuhan, dalam sehari setara dengan lima puluh ribu tahun.

(QS. Al-Ma'arij Ayat 4)
cover bottom ayah
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More