Jangan Terlewat! Ini 3 Waktu Mustajab Berdoa di Bulan Ramadhan

Rabu, 13 April 2022 - 16:55 WIB
Dalam Hadis diterangkan bahwa Allah akan mengabulkan doa orang-orang yang bermohon kepada-Nya di bulan Ramadhan. Foto/dok SINDOnews
Ada tiga waktu mustajab terkabulnya doa di bulan Ramadhan. Hendaknya umat Islam tidak melewatkan waktu tersebut kecuali dengan memperbanyak dzikir dan berdoa kepada Allah Ta'ala.

Ramadhan dijuluki Syahrul Mubarak karena di bulan ini pahala amal saleh dilipatgandakan. Dalam Hadis disebutkan bahwa Allah membebaskan orang dari api neraka pada bulan Ramadhan dan mengabulkan doa siapa yang memohon kepada-Nya.



Dari Jabir bin Abdillah radhiyallahu 'anhu, Rasulullah SAW bersabda:

إِنَّ لِلّهِ فِى كُلِّ يَوْمٍ عِتْقَاءَ مِنَ النَّارِ فِى شَهْرِ رَمَضَانَ ,وَإِنَّ لِكُلِّ مُسْلِمٍ دَعْوَةً يَدْعُوْ بِهَا فَيَسْتَجِيْبُ لَهُ



Artinya: "Sesungguhnya Allah membebaskan beberapa orang dari api neraka pada setiap hari di bulan Ramadhan, dan setiap muslim apabila dia memanjatkan doa, akan dikabulkan." (HR Al-Bazaar)

Berdoa bukan hanya ritual belaka, tetapi merupakan wujud penghambaan kepada Allah. Doa adalah intisari ibadah dan senjata orang beriman. Berikut tiga waktu mustajab terkabulnya doa di bulan Ramadhan:

1. Waktu Sahur

Waktu sahur identik dengan sepertiga malam terakhir yang sangat diberkahi. Pada waktu sahur, Allah menurunkan rahmat-Nya dan mengabulkan doa hamba-hamba Nya.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu, Nabi Muhammad SAW bersabda:

يَنْزِلُ رَبُّنَا تَبَارَكَ وَتَعَالَى كُلَّ لَيْلَةٍ إِلَى السَّمَاءِ الدُّنْيَا حِينَ يَبْقَى ثُلُثُ اللَّيْلِ الآخِرُ يَقُولُ مَنْ يَدْعُونِى فَأَسْتَجِيبَ لَهُ مَنْ يَسْأَلُنِى فَأُعْطِيَهُ مَنْ يَسْتَغْفِرُنِى فَأَغْفِرَ لَهُ

Artinya: "Tuhan kita Tabaraka wa Ta'ala turun ke langit dunia ketika tersisa sepertiga malam terakhir. Lantas Allah berfirman, "Siapa saja yang berdoa kepada-Ku, maka akan Aku kabulkan. Siapa yang meminta kepada-Ku, maka Aku beri. Siapa yang meminta ampunan kepada-Ku, maka akan Aku ampuni." (HR Al-Bukhari 1145 dan Muslim 758)

Ibnu Hajar menjelaskan Hadis di atas dengan berkata: "Doa dan istighfar di waktu sahur mudah dikabulkan." (Fath Al-Bari, 3: 32)

2. Ketika Sedang Berpuasa

Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu, Nabi bersabda:

ثَلاَثَةٌ لاَ تُرَدُّ دَعْوَتُهُمُ الصَّائِمُ حَتَّى يُفْطِرَ وَالإِمَامُ الْعَادِلُ وَدَعْوَةُ الْمَظْلُومِ

Artinya: "Tiga orang yang doanya tidak tertolak: orang yang berpuasa sampai ia berbuka, pemimpin yang adil, dan doa orang yang dizalimi." (HR Ahmad 305)

Imam Nawawi rahimahullah berkata: "Disunnahkan orang yang berpuasa untuk memperbanyak doa demi urusan akhirat dan dunianya, juga ia boleh berdoa untuk hajat yang ia inginkan, begitu pula jangan lupakan doa kebaikan untuk kaum muslimin secara umum." (Al-Majmu', 6: 273)

3. Ketika Berbuka Puasa
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
Hadits of The Day
Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu, Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: Akan ada di akhir zaman para 'Dajjal Pendusta' (bukan Al-Masih Ad-Dajjal) membawa hadits-hadits kepada kalian yang mana kalian tidak pernah mendengarnya dariku dan bapak-bapak kalian pun juga belum pernah mendengarnya. Maka jauhilah mereka, agar mereka tidak bisa menyesatkan kalian dan tidak bisa memfitnah kalian.

(HR. Muslim No. 8)
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More