Ciri-ciri Orang yang Mengenal Allah Ta'ala

Sabtu, 27 Juni 2020 - 17:08 WIB
"Kekayaan bukanlah banyaknya harta benda, akan tetapi kekayaan yang sesungguhnya adalah kekayaan hati."

(HR Al-Bukhari dan muslim)

Orang yang mengenal Allah maka ia tidak akan menjadi budak dunia yang hanya memikirkan kenikmatan duniawi dan enggan memikirkan kehidupan akhirat.

5. Merasakan Manisnya Iman.

Orang yang mengenal Allah maka ia akan merasakan manisnya iman. Dalam Islam, iman merupakan hal yang sangat mendasar dan sangat penting, dan tidak semua orang dapat merasakan manisnya iman. Rasulullah SAW dalam sebuah hadisnya menyebutkan hanya orang-orang yang memiliki kriteria berikut ini yang dapat merasakannya.

Dari Anas bin Malik radhiyallahu 'anhu, Rasulullah bersabda: "Ada 3 hal yang mana jika ada pada diri seseorang, maka ia akan merasakan manisnya iman, yaitu: (1) Jika Allah dan Rasul-nya lebih ia cintai dari selain keduanya. (2) Jika ia mencintai seseorang ia cintai karena Allah Ta'ala. (3). Jika ia benci kembali pada kekafiran sebagaimana ia tidak suka jika ia dilemparkan ke neraka." (HR Al-Bukhari)

6. Tulus dalam Beribadah kepada Allah.

Orang yang mengenal Allah ialah dia benar dalam ibadahnya , karena dia yakin bahwa Allah akan menghisab segala amal ibadahnya di akhirat nanti. Sehingga segala amal ibadahnya akan dilakukan dengan sebenar-benarnya. Ia lakukan semuanya karena Allah Ta'ala, bukan karena yang lain. Harusnya kita sudah memahami bahwasanya setiap amal perbuatan kita dinilai berdasarkan niat kita.

Dari Amirul Mukminin, Umar bin Al-khaththab radhiyallahu 'anhu, ia mendengar Rasulullah SAW bersabda: "Sesungguhnya setiap amalan tergantung pada niatnya. Setiap orang akan mendapatkan apa yang ia niatkan. Siapa yang hijrahnya karena Allah dan Rasul-Nya, maka hijrahnya untuk Allah dan Rasul-nya. Siapa yang hijrahnya karena mencari dunia atau karena wanita yang dinikahinya, maka hijrahnya kepada yang ia tuju".

(HR Al-Bukhari dan Muslim)

7. Berusaha Melakukan Amalan yang Dicintai Allah.

Jika sesorang mengenal nama-nama dan sifat-sifat Allah Ta'ala maka ia akan berusaha melakukan amalan yang dicintai Allah. Dia akan berusaha melakukan ibadah dengan benar. Yaitu melakukannya dengan penuh keikhlasan semata-mata hanya untuk mencari ridha Allah Ta'ala. Ia juga akan senantiasa membersihkan diri dari dosa-dosa dan menghindari diri dari perbuatan tercela yang mendatangkan murka Allah Ta'ala. Dan berusaha untuk saling menasehati dan mengajak dalam hal kebaikan dan ketaatan kepada Allah Ta'ala dengan penuh kesabaran serta beramal saleh.

Demikian ciri-ciri orang yang telah mengenal Allah Ta'ala. Semoga Allah memberi kita taufik agar bisa mengenal-Nya dan beribadah dengan baik kepada-Nya. ( )
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(rhs)
Halaman :
cover top ayah
لَـتَجِدَنَّ اَشَدَّ النَّاسِ عَدَاوَةً لِّـلَّذِيۡنَ اٰمَنُوا الۡيَهُوۡدَ وَالَّذِيۡنَ اَشۡرَكُوۡا‌ ۚ وَلَـتَجِدَنَّ اَ قۡرَبَهُمۡ مَّوَدَّةً لِّـلَّذِيۡنَ اٰمَنُوا الَّذِيۡنَ قَالُوۡۤا اِنَّا نَصٰرٰى‌ ؕ ذٰ لِكَ بِاَنَّ مِنۡهُمۡ قِسِّيۡسِيۡنَ وَرُهۡبَانًا وَّاَنَّهُمۡ لَا يَسۡتَكۡبِرُوۡنَ‏
Pasti akan kamu dapati orang yang paling keras permusuhannya terhadap orang-orang yang beriman, yaitu orang-orang Yahudi dan orang-orang musyrik. Dan pasti akan kamu dapati orang yang paling dekat persahabatannya dengan orang-orang yang beriman ialah orang-orang yang berkata, Sesungguhnya kami adalah orang Nasrani. Yang demikian itu karena di antara mereka terdapat para pendeta dan para rahib, (juga) karena mereka tidak menyombongkan diri.

(QS. Al-Maidah Ayat 82)
cover bottom ayah
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More