Tragedi Karbala: Kisah Syahidnya 3 Pendukung Setia Husein bin Ali

Minggu, 07 Agustus 2022 - 19:48 WIB
Satu lagi tokoh penting yang syahid adalah Abdullah bin Yaqthar. Dia saudara asuh dan utusan Husein as ke Kufah bersama Muslim bin Aqil. Ia ditangkap oleh Hashiyin bin Numair atas perintah Ibnu Ziyad di Qadisiyah setelah itu karena ia menolak mengucapkan kalimat-kalimat yang tidak pantas untuk Ali bin Abi Thalib dan Husein, ia dilemparkan dari atas atap istana Khalifah yang menjadi penyebab kesyahidannya.

Sesampai di Zubalah pada Rabu, 23 Dzulhijjah 60 Hijriah, Sayyidina Husain memberitahukan berita kesyahidan Muslim bin Aqil, Hani bin Urwah, dan Adullah bin Yaqthir kepada para pengikut di persinggahan ini.

Setelah itu, beliau berkata, "Para pengikut di Kufah telah meninggalkan kita tanpa penolong. Barangsiapa di antara kalian menghendaki, maka ia bisa kembali dan ia tidak memiliki tanggungan apapun dari kami."

(mhy)
Halaman :
Follow
cover top ayah
اِنَّ اللّٰهَ لَا يَغۡفِرُ اَنۡ يُّشۡرَكَ بِهٖ وَيَغۡفِرُ مَا دُوۡنَ ذٰ لِكَ لِمَنۡ يَّشَآءُ‌ ۚ وَمَنۡ يُّشۡرِكۡ بِاللّٰهِ فَقَدِ افۡتَـرٰۤى اِثۡمًا عَظِيۡمًا‏
Sesungguhnya Allah tidak akan mengampuni dosa karena mempersekutukan-Nya (syirik), dan Dia mengampuni apa dosa yang selain syirik itu bagi siapa yang Dia kehendaki. Barangsiapa mempersekutukan Allah, maka sungguh, dia telah berbuat dosa yang besar.

(QS. An-Nisa Ayat 48)
cover bottom ayah
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More