Tata Cara Sholat Istikharah Lengkap Niat dan Doanya

Sabtu, 22 Oktober 2022 - 15:50 WIB
2. Untuk perkara sunnah atau mubah

Istikharah dilakukan hanya untuk perkara sunnah atau mubah saja seperti memilih tempat belajar, memilih calon istri atau suami, memilih tempat kerja dan lain-lain.

3. Boleh perkara ringan atau berat

Permasalahan apapun dianjurkan untuk melakukan istikharah terlebih dahulu baik perkara ringan maupun berat. Sebagaimana yang disebutkan dalam hadits nabi "fil umuuri kulliha" (pada semua urusan). Sebab dengan istikharah berarti kita telah meminta kebaikan dalam segala hal.

4. Dianjurkan melakukan Istikharah 7 kali

Apabila sudah melakukan istikharah namun belum juga mendapatkan kemantapan hati maka dianjurkan untuk melakukan sholat istikharah sebanyak 7 kali.

5. Jawaban dari Istikharah

Para ulama menyebutkan jawaban atas sholat istikharah tidak harus lewat mimpi. Jawaban istikharah adalah kemantapan hati atau condongnya hati terhadap sesuatu. Kalaupun sudah istikharah namun tidak ada tanda-tanda kemantapan hati, maka pilih saja dan bertawakkallah kepada Allah. Insya Allah ada kebaikan dan keberkahan dalam pilihan tersebut.

Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(rhs)
Halaman :
Hadits of The Day
Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: Iman memiliki lebih dari enam puluh cabang, dan malu adalah bagian dari iman.

(HR. Bukhari No.8)
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More