15 Peristiwa Penting Bulan Rajab: Isra Mi'raj hingga Runtuhnya Turki Utsmani

Jum'at, 27 Januari 2023 - 05:10 WIB
loading...
15 Peristiwa Penting Bulan Rajab: Isra Miraj hingga Runtuhnya Turki Utsmani
Peristiwa penting di bulan Rajab tak hanya Isra Miraj dan perubahan kiblat. Ada banyak peristiwa penting lainnya seperti pembebasan Baitul Maqdis, wafatnya beberapa ulama besar hingga runtuhnya Kesultanan Turki Utsmani. Foto/Ist
A A A
Peristiwa penting bulan Rajab perlu diketahui kaum muslim untuk menambah khazanah pengetahuan kita. Tak hanya Isra Mi'raj dan perubahan kiblat, ada banyak peristiwa penting lainnya seperti mengandungnya Sayyidah Aminah, turunnya perintah sholat 5 waktu, hingga runtuhnya Kesultanan Turki Utsmani.

Sebagai bulan haram, Rajab tergolong istimewa karena dimuliakan Allah. Para ulama mengatakan, Rajab merupakan pintu gerbang untuk memasuki bulan Suci Ramadhan. Maka perbanyaklah beramal saleh dan istighfar di bulan ini.

Orang-orang Arab masa dulu sangat menghormati bulan Rajab. Salah satunya tidak melakukan peperangan atau pertumpahan darah pada bulan ini. Rajab merupakan bulan ke-7 dalam kalender Hijriyah (Qomariyah).

Pada bulan ini banyak terjadi peristiwa penting dalam sejarah peradaban Islam. Berikut daftar peristiwa penting di bulan Rajab :

1. Sayyidah Aminah Mengandung Nabi Muhammad SAW
Salah satu peristiwa penting di bulan Rajab adalah awal mula cahaya kenabian Rasulullah SAW diletakkan di rahim ibundanya, Sayyidah Aminah. Syaikh Yusuf bin Ismail an-Nabhani dalam kitabnya "Al-Anwârul Muḫamamdiyah", ketika hendak 'menitipkan' Nabi Muhammad dalam rahim Ibunda Aminah pada malam Jumat di bulan Rajab, Allah memerintahkan Malaikat Ridwan (penjaga pintu surga) untuk membuka pintu Surga Firdaus sebagai bentuk penghormatan.

2. Isra Mi'raj Nabi Muhammad SAW
Isra Mi'raj Nabi Muhammad shollallahu 'alaihi wasallam adalah peristiwa agung yang terjadi pada bulan Rajab. Rasulullah SAW diperjalankan oleh Allah dari Masjidi Haram Mekkah menuju Masjid Al-Aqsha di Palestina. Kemudian beliau dinaikkan ke langit melewati tujuh lapis langit dan menghadap Allah Ta'ala.

Peristiwa yang terjadi pada malam 27 Rajab ini diabadikan dalam Al-Qur'an:

سُبْحَانَ الَّذِي أَسْرَى بِعَبْدِهِ لَيْلًا مِنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ إِلَى الْمَسْجِدِ الْأَقْصَى الَّذِي بَارَكْنَا حَوْلَهُ لِنُرِيَهُ مِنْ آَيَاتِنَا إِنَّه هُوَ السَّمِيعُ الْبَصِيرُ

Artinya: "Mahasuci (Allah), yang telah memperjalankan hamba-Nya (Muhammad) pada malam hari dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsha yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar, Maha Melihat." (QS Al-Isra' ayat 1)

3. Turunnya Syariat Sholat 5 Waktu
Rajab juga dikenal sebagai bulan diturunkannya perintah sholat 5 waktu. Syariat ini diturunkan bertepatan dengan peristiwa Isra' Mi'raj Nabi. Allah mewajibkan umat Rasulullah SAW untuk mengerjakan sholat fardhu 5 waktu. Awalnya Allah mewajibkan sholat 50 waktu dalam sehari semalam. Nabi Musa menyarankan Rasulullah agar meminta keringanan kepada Allah. Allah kemudian mengabulkan permintaan Rasulullah dan mewajibkan 5 waktu saja, yaitu Subuh, Zuhur, Ashar, Maghrib, dan Isya.

4. Hijrah Pertama ke Habasyah
Untuk pertama kalinya, Nabi Muhammad SAW memerintahkan para sahabat setia untuk melakukan Hijrah ke Habasyah (Ethopia) pada bulan Rajab tahun ke-5 kenabian. Kala itu, Habasyah diperintah oleh seorang raja bijaksana bernama Najasyi. Hijrah ini dilakukan untuk menyelamatkan umat Islam dari gangguan kaum kafir Mekkah yang sangat memusuhi kaum muslim. Pada masa-masa awal dakwah Rasulullah di Mekkah, orang kafir menolak risalah Islam dan memusuhi Rasulullah dan orang-orang yang mengikuti beliau.

5. Kelahiran Sayyidina Ali bin Abi Thalib
Khalifah keempat Islam Sayyidina Ali bin Abi Thalib lahir di Mekkah pada bulan Rajab. Yaitu pada 13 Rajab sekitar 10 tahun sebelum masa kebaian atau Tahun 599 Masehi. Beliau termasuk pemeluk Islam pertama dan salah satu sahabat utama Nabi. Sayyidina Ali adalah sepupu Nabi Muhammad SAW. Pernikahan Ali dengan Sayyidah Fatimah az-Zahra juga menjadikannya sebagai menantu Nabi Muhammad SAW.

6. Perubahan Arah Kiblat
Peristiwa penting lain di bulan Rajab adalah perubahan Kiblat umat Islam dari Baitul Maqdis (Masjid Al-Aqsha) ke Ka'bah di Mekkah. Peristiwa ini terjadi pada pertengahan bulan Rajab, setelah Rasulullah SAW Hijrah ke Madinah. Adapun hikmah dari perpindahan arah kiblat adalah untuk menguji keimanan umat Islam dalam beribadah kepada Allah.

7. Pertempuran Kecil yang Memicu Terjadinya Perang Badar
Pada bulan Rajab terjadi perang kecil antara utusan Rasulullah SAW yang dipimpin Abdullah bin Jahsy dngan kelompok dagang kaum kafir Quraisy. Perang kecil ini menjadi pemicu meletusnya Perang Badar yang terjadi pada bulan Ramadhan Tahun 2 Hijriyah

8. Ekspedisi Tabuk dan Mundurnya Pasukan Romawi
Pada bulan Rajab Tahun 9 Hijriyah (630 M) Nabi Muhammad SAW memimpin ekspedisi ke Tabuk, sekarang terletak di wilayah Arab Saudi barat laut. Tujuannya untuk berperang menghadapi pasukan Romawi. Rasulullah SAW dan 3.000 pasukan muslim menempuh perjalanan jauh dengan berbagai ujian kesulitan dari Madinah ke Syam. Sementara Bizantium Romawi menyiapkan pasukan besar 40.000-100.000 orang. Namun, kabar kedatangan Rasulullah SAW dan pasukannya membuat Romawi ketakutan. Mereka memilih meninggalkan Tabuk untuk menghindari jatuhnya korban. Pasukan Muslim berada di Tabuk selama 10 hari. Ekspedisi ini dimanfaatkan Rasulullah SAW untuk mengunjungi kabilah-kabilah yang ada di sekitar Tabuk.

9. Pembebasan Damaskus
Pembebasan Kota Damaskus dari kekuasaan Romawi terjadi di bulan Rajab Tahun 14 H (635 M). Pasukan mulsim di bawah panglima Abu Ubaidah bin al-Jarrah dan Khalid bin Walid berhasil menaklukkan Damaskus dan menguasainya.

10. Perang Yarmuk
Setahun setelah pembebasan Damaskus, terjadi peperangan Yarmuk di bawah komando Khalid bin Al-Walid. Persitiwa ini terjadi pada Bulan Rajab, Tahun 15 H (636 M). Perang ini berhasil dimenangkan pasukan muslim dan resmi mengakhiri kekuasaan Romawi Bizantium di Suriah.

11. Pembebasan Kota Hirrah Irak
Peristiwa penting Rajab lainnya yaitu pembebasan Kota Hirrah di Irak. Pembebasan kota ini dilakukan Khalid bin Walid sebagaimana dijelaskan Ibnu Katsir dalam kitabnya Bidayah wan-Nihayahnya.

12. Wafatnya Ulama Besar Imam Asy-Syafi'i
Peristiwa penting di Bulan Rajab berikutnya adalah wafatnya ulama besar bergelar Nashirus Sunnah (pembela Sunnah) Imam Asy-Syafii pada Tahun 204 Hijriyah. Beliau wafat tanggal terakhir pada bulan Rajab pada usia 54 tahun. Nama lengkap beliau Abu Abdullah Muhammad bin Idris bin Abbas bin Utsman bin Syafi'i. Nasabnya bertemu dengan nasab Rasulullah di Abdu Manaf.

13. Wafatnya Imam Muslim
Pada bulan Rajab, seorang ahli Hadis terkemuka bernama Imam Muslim wafat,tepatnya tanggal 24/25 Rajab Tahun 261 H. Beliau adalah ulama yang disandingkan dengan nama Imam Al-Bukhari dalam periwayatan hadis yang biasa disebut dengan muttafaq 'alaih (hadis yang disepakati). Beliau dilahirkan di Naisabur Asia Tengah pada Tahun 202 H (817 M). Nama lengkapnya Imam Abu Al-Husein Muslim bin Al-Hajjaj bin Muslim bin Kausaj Al-Qusyairi Al-Naisaburi.

14. Pembebasan Baitul Maqdis
Pada bulan Rajab juga terjadi peritiwa beesejerah yaitu pembebasan Baitul Maqdis dari cengkraman pasukan Salib Pembebasan Baitul Maqdis. Peristiwa ini terjado pada 27 Rajab 583 H atau 2 Oktober 1187 M. Panglima perang Shalahuddin al-Ayyubi berhasil mengepung Kota Yerussalem yang selama 88 tahun dikuasai tentara salib. Adzan mulai dikumandangkan dan Sholat Jum'at pun dilaksanakan kembali di Masjid al-Aqsha.

15. Runtuhnya Kekhalifahan Turki Utsmani
Kesultanan Turki Utsmani merupakan benteng terakhir umat Islam dalam bingkai kekhalifahan sebelum diruntuhkan Mustafa Kemal Ataturk pada 3 Maret 1924 M bertepatan 28 Rajab 1342 H. Kekhalifahan Islam ini dihapus oleh Musatafa Kemal Ataturk, seorang pemimpin sekuler anti-syariat Islam. Pascaruntuhnya Kesultanan Ottoman Turki ini, kehidupan masyarakat Turki berubah menjadi sekuler. Islam yang selama ini menjadi pijakan hukum bermasyarakat diganti dengan sistem sekuler.

Demikian daftar peristiwa penting pada bulan Rajab. Semoga bermanfaat.



Wallahu A'lam
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1643 seconds (0.1#10.140)