Catatan Marian Brehmer: Pakistan Negeri Para Sufi

Selasa, 09 Mei 2023 - 18:30 WIB
loading...
Catatan Marian Brehmer: Pakistan Negeri Para Sufi
Kuil atau makam makam Baba Shah Jamal. Foto/Ilustrasi: qantara
A A A
Dia adalah Marian Brehmer. Peneliti tasawuf dan kearifan Timur Tengah untuk kepentingan publikasi tersebut kini tinggal di Istanbul. "Tidak ada negara di dunia Islam yang sangat dipengaruhi oleh tradisi budaya Sufi seperti Pakistan ," ujar lelaki kelahiran Jerman pada tahun 1991 ini mengungkap kehidupan kaum sufi di Pakistan.

Brehmer adalah pendiri Anar Journeys. Baru-baru ini ia meluncurkan blognya, Sacred Journalism, sebagai ruang untuk menulis bermakna dengan fokus pada Dunia Islam. Berikut ini laporan Marian Brehmer dari hasil menelisik kehidupan kaum sufi di Pakistan. Laporannya tersebut dipublikasikan di en.qantara.de belum lama ini.
Catatan Marian Brehmer: Pakistan Negeri Para Sufi

Negeri Para Sufi

"Ali Haidaar!" Kata-kata pujian yang berlarut-larut bergema di halaman makam Shah Jamal. Untuk sesaat, suara genderang memekakkan telinga yang menandai udara yang basah kuyup menjadi sunyi.

Teriakan pujian untuk Ali ini mendorong para penari dan pengamat di kuil Sufi di kawasan tua Lahore ke tingkat ekstasi yang semakin tinggi. Dalam mistisisme Islam, Ali dianggap sebagai penjaga kebijaksanaan dan sumber dari sebagian besar rantai inisiasi sufi. Bagaimanapun, Nabi Muhammad mewariskan rahasia esoterik tradisi kepada Ali sebelum beliau wafat.



Bergoyang lembut, seorang darwis kurus terhuyung-huyung melintasi halaman, rambutnya yang bergelombang licin dan berkilau dengan minyak. Di lehernya tergantung rantai dengan bunga plastik berwarna-warni. Mata penari yang mabuk itu setengah terbuka, memberi kesan bahwa pikirannya ada di alam lain.

Di tangannya, dia memegang tanduk panjang yang dia tiup dari waktu ke waktu. Di sampingnya, darwis lain, mengenakan tunik merah poppy, menggoyang-goyangkan rambutnya yang panjang di udara malam.

Gerak tarinya dikemudikan oleh ansambel yang terdiri dari tiga orang penabuh. Mereka menabuh genderang besar dengan tongkat kayu, terkadang dengan berat, terkadang lebih cepat, dan kemudian dengan salvo yang cepat. Genderang yang mereka mainkan disebut dhol dan dapat didengar setiap Kamis malam di Kuil Baba Shah Jamal, seorang sufi suci dari abad keenam belas, yang informasinya masih sangat sedikit.

Makam Baba Shah Jamal dikenal di seluruh kota berpenduduk 14 juta orang ini karena malam liar yang terjadi di sana. Di sini ekstase para penari darwis menemukan ekspresi bebas dan tak terkekang. Dalam Islam rakyat Asia Selatan, darwis adalah kata untuk sejenis pengembara mistik yang menolak untuk tunduk pada hukum masyarakat dan – di mata agama ortodoks – berperilaku tercela.
Catatan Marian Brehmer: Pakistan Negeri Para Sufi


Antara Haram dan Halal

Melanggar konvensi dan aturan perilaku, bolak-balik melintasi batas antara haram dan halal, adalah tema berulang dalam tradisi Sufi dari Eropa ke Asia Timur, apakah itu meczup, orang gila di jalan-jalan Istanbul, atau pengembara darwis dari Persia.

Malamatiyya adalah gerakan mistik Islam Abad Pertengahan yang para penganutnya sengaja membuka diri terhadap kritik dan fitnah masyarakat umum guna mengasah kesadaran diri, misalnya dengan tidur siang di pintu masuk masjid pada waktu-waktu salat, atau minum anggur di tempat umum.



Hampir tidak ada negara di wilayah geografis yang umumnya disebut "dunia Islam" yang sangat dipengaruhi oleh tradisi tasawuf seperti Pakistan. Dari lembah pegunungan Himalaya di utara hingga daerah gurun Balochistan, dari kampung halaman suku Pashtun di perbatasan Afghanistan hingga dataran rendah Punjab, budaya rakyat Sufi memiliki pengaruh besar pada kehidupan religius orang Pakistan.

Hal ini terutama terjadi di Lahore, ibu kota budaya Pakistan dan ibu kota provinsi Punjab di Pakistan. Di samping pusat pemerintahan, Islamabad, dan pusat ekonomi yaitu Karachi, Lahore adalah salah satu dari tiga pusat kota terpenting di negara ini.

Itu dibumbui dengan kuil Sufi dan tertanam dalam lanskap budaya yang dibedakan oleh warisan arsitektur dinasti Mughal, seperti kawasan tua Delhi, 425 kilometer jauhnya saat burung gagak terbang. Punjab berarti "tanah lima perairan" dan mengambil namanya dari lima sungai yang mengalir melalui wilayah tersebut, yang telah terbagi antara Pakistan dan India sejak 1947.

Sufisme juga memanifestasikan dirinya dalam pergolakan arena politik Pakistan pada beberapa kesempatan di masa lalu. Misalnya, beberapa gerakan politik Islam telah berkembang dari tarekat sufi.
Catatan Marian Brehmer: Pakistan Negeri Para Sufi

Perdana menteri terakhir Pakistan, Imran Khan, yang dipecat dari jabatannya oleh mosi tidak percaya parlemen pada April 2022, menikah dengan guru Sufi Bushra Bibi dari Pakpattan sesaat sebelum menjabat, setelah bertahun-tahun mempelajari Islam mistik.

Kota kecil di Punjab ini terkenal dengan Kuil Baba Farid, salah satu mistikus Sufi terpenting di anak benua Indo-Pakistan. Baba Farid termasuk dalam ordo Chishti, yang dikenal dengan pengembangan musik devosional sebagai latihan spiritual.

Intoleransi dan Terorisme

Selama beberapa dekade sekarang, Pakistan telah dirundung reputasinya sebagai tempat berkembang biaknya intoleransi dan terorisme. Pada 1980-an, negara itu menjadi tempat pelatihan bagi Mujahidin ketika di bawah kepemimpinan diktator militer Zia ul-Haq dan dengan dukungan keuangan yang murah hati dari Amerika Serikat dan Arab Saudi, para pejuang suci dilatih secara ideologis untuk berperang melawan Soviet.
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1259 seconds (0.1#10.140)