Kisah Kepala Babi Menguji Kebebasan Beragama di Korea Selatan

Sabtu, 20 Mei 2023 - 15:07 WIB
loading...
A A A
Kekhawatiran telah dikemukakan bahwa masalah masjid Daegu dapat meningkat menjadi insiden diplomatik. Duta Besar Inggris di Seoul baru-baru ini melakukan kunjungan simbolis ke situs tersebut, sementara kedutaan lain, termasuk kedutaan dunia Muslim, juga diketahui mengawasi situasi tersebut.

Menurut pengunjuk rasa Kim Jeong-ae, menentang masjid tidak ada hubungannya dengan agama. Dia mengklaim ini adalah narasi yang dibuat oleh mahasiswa Muslim dan kelompok sipil yang mengadvokasi undang-undang anti-diskriminasi.

Tetapi bukti menunjukkan sebaliknya.

Kelompok evangelis, termasuk National Sovereign Action yang berbasis di Seoul, telah menentang pembangunan kembali masjid hampir sejak awal.

Kelompok ini terkait dengan hak Kristen dan gugus tugas anti-masjidnya yang berdedikasi memiliki alamat yang sama dengan gereja evangelis di Daegu.

Sebuah protes besar yang dijadwalkan pada 20 Mei diselenggarakan oleh National Sovereign Action dan lebih dari 70 kelompok Kristen konservatif lainnya, banyak di antaranya tidak memiliki hubungan dengan selusin rumah tangga di sekitar masjid, atau bahkan Daegu.

Bertentangan dengan klaim bahwa fasilitas keagamaan tidak diterima di daerah pemukiman, ada banyak gereja di sekitar masjid, salah satunya hanya berjarak 30 meter.



Pendeta konservatif, yang terkenal dengan kampanye nasional mereka menentang pengesahan undang-undang anti-diskriminasi, merangkap sebagai pemimpin front anti-masjid yang mengklaim mewakili kepentingan warga.

Beberapa pendeta ini juga secara terbuka menuduh Razaq terkait dengan kelompok garis keras Islam dan perwakilan mahasiswa Muslim telah diselidiki oleh pihak berwenang pada beberapa kesempatan.

“Saya tidak menyembunyikan apa pun dan mereka dapat menggeledah saya dari dalam ke luar. Semua tuduhan terhadap saya terbukti tidak berdasar,” kata Razaq, seraya menambahkan bahwa dia telah mengajukan tuntutan pencemaran nama baik terhadap satu orang yang membuat klaim tersebut.

Pendeta Joseph Joo dari National Sovereign Action mengatakan kepada Al Jazeera bahwa penentangan kelompok itu tidak dimotivasi oleh kebencian tetapi keinginan untuk melawan “imperialisme budaya”. Dia mengatakan pembangunan masjid di kawasan pemukiman “tanpa persetujuan warga” juga melanggar identitas budaya lingkungan dan negara secara keseluruhan.

“Orang Korea marah tentang masalah ini dan orang Kristen, yang merupakan anggota negara ini, juga menentangnya,” katanya.

Setelah konferensi pers di depan kantor distrik Buk, para pengunjuk rasa duduk di lantai dan mulai memanggang perut babi, untuk membuat sendiri samgyeopsal – hidangan daging populer yang dibungkus selada.

Joo membela tindakan tersebut, mengatakan itu adalah hak dasar warga untuk menegaskan identitas budaya mereka.



Razaq tetap teguh meskipun ditentang dan menolak untuk menyerah pada intimidasi para pengunjuk rasa. “Saya tidak akan rugi apa-apa,” katanya, seraya menambahkan bahwa dia tidak berjuang hanya untuk dirinya sendiri tetapi untuk generasi pelajar Muslim masa depan yang akan datang ke Daegu dan Korea Selatan.

“Kami bersedia mendengarkan dan menangani masalah yang valid, tetapi kami tidak akan pernah berkompromi pada masalah yang berakar pada Islamofobia.”
(mhy)
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2232 seconds (0.1#10.140)