Kisah Puisi Arab yang Digantung di Kakbah dan Pasar Okadh

Selasa, 23 Mei 2023 - 08:22 WIB
loading...
Kisah Puisi Arab yang Digantung di Kakbah dan Pasar Okadh
Sebuah lukisan Antarah bin Shaddad, seorang ksatria dan penyair Arab pra-Islam. Foto/Ilustrasi: Arab News
A A A
Puisi Arab memiliki sejarah panjang dan kaya yang berasal dari zaman pra-Islam. Sebelum masuknya Islam di Semenanjung Arab, puisi memainkan peran penting dalam masyarakat Arab , berfungsi sebagai sarana komunikasi, hiburan, dan ekspresi budaya .

Puisi-puisi awal era pra-Islam sering disusun dalam bentuk yang dikenal sebagai "Qasidah", sebuah puisi panjang dengan skema dan meteran sajak tetap yang biasanya dibacakan dalam pertemuan publik. Puisi-puisi ini sering berisi tentang puja puji pahlawan suku, menggambarkan keindahan alam, atau mengungkapkan kesedihan dan kerinduan seorang kekasih.

Puisi-puisi ini dibaca dan dipublikasikan di pasar-pasar. Menurut Arab News, salah satu pasar yang terkenal adalah Souq Okadh yang terletak di Taif, di sisi timur laut kota. Itu adalah salah satu dari tiga pasar utama Arab di masa pra-Islam, selain pasar Majna dan pasar Dhul-Majaz.



Okadh terutama merupakan tujuan belanja lokal. Namun, itu mendapatkan popularitas karena Al-Mu'allaqat, atau puisi "digantung".

Disebut "puisi gantung" karena puisi dianggap sesuatu yang berharga bagi orang-orang pada saat itu, dan digantung di luar atau di dalam Kakbah di Makkah, atau di pasar untuk dibaca pelanggan. Jadi puisi atau puisi "digantung" di pikiran orang tersebut.

Ada penyair yang puisinya menjadi populer melalui Okadh karena sering diulang-ulang, seperti Imru' Al-Qais, Omar bin Kulthum, Antarah bin Shaddad, Al-Naba'a Al-Dhubiani, Zuhair bin Abi Salma dan Tarfa bin Al-Abd.
Kisah Puisi Arab yang Digantung di Kakbah dan Pasar Okadh

Khalid Altaweel adalah seorang jurnalis, penulis majalah Al-Yamamah, dan seorang penyair, yang telah menerbitkan kumpulan puisi, “Shagaya,” dan sebuah buku tentang visi dalam sastra, budaya, dan media.

“Okadh adalah platform puitis dengan perbedaan. Mereka biasa berkumpul selama sebulan setiap tahun. Mereka membaca puisi dan mengadili penyair besar seperti Al-Nabigha Al-Dhubiani. Mereka dirikan tenda di depan Okadh, agar orang-orang mendengarkan rasa kritisnya dalam puisi dan bagaimana dia membedakan yang baik dari yang buruk,” ujar Khalid Altaweel.

Dia menambahkan: "Puisi pada masa itu tidak terbatas pada pasar Okadh atau Arab, tetapi beredar dengan penyair di mana pun mereka bepergian di kota, toko, gang atau klub, bahkan ketika mereka melintasi padang pasir yang luas di punggung hewan mereka."



Berabad-abad setelah Al-Mu'allaqat, puisi Arab terus berkembang, mengambil bentuk dan tema baru, hingga mencapai gaya Nabati saat ini. Sejak abad ke-16, kehidupan di Jazirah Arab sudah termasuk puisi Nabati.

Berbeda dengan puisi formal di masa lalu, Nabati bersifat informal dan dianggap sebagai bentuk sastra Arab terkaya. Selain itu, ia dipandang sebagai cerminan dari realitas kehidupan sehari-hari. Beberapa menggambarkan bentuk ini sebagai "puisi rakyat" atau gaya Badui dalam puisi.

Menarik bagaimana metode penyiaran berubah dari waktu ke waktu, dari berkumpul di satu daerah untuk mendengarkan seorang penyair hingga menghadiri pembacaan puisi. Media sosial juga berperan dalam menyebarkan puisi Arab ke seluruh dunia.

Drama puisi juga populer di kalangan orang Arab sekarang, dengan beberapa puisi ditampilkan di atas panggung, seperti “Majnoun Layla,” yang ditulis oleh Ahmed Shawqi.

Sejarah puisi terbentang dari zaman Arab awal melalui berbagai era, menunjukkan betapa pentingnya puisi bagi orang-orang di sini. Terlepas dari perubahan platform puisi, penyair selalu menemukan cara untuk melestarikan karya mereka dan mempertahankannya dari generasi ke generasi.

(mhy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6205 seconds (0.1#10.140)