Manfaat Sholat Sembuhkan Penyakit Hati dan Lambung, Ini Penjelasannya

Senin, 29 Mei 2023 - 06:25 WIB
loading...
Manfaat Sholat Sembuhkan Penyakit Hati dan Lambung, Ini Penjelasannya
Semua gerakan-gerakan dalam sholat dapat mengaktifkan sendi-sendi tubuh termasuk di bagian perut dan pencernaan. Foto ilustrasi/ist
A A A
Sholat memiliki kedudukan yang sangat agung di sisi Allah. Selain sebagai ibadah mahdhah yang diwajibkan syariat, sholat memiliki manfaat luar biasa untuk kesehatan.

Di antara faedahnya bisa menjadi metode pengobatan (Thibbun Nabawi) yang bermanfaat bagi kesehatan. Apalagi jika dikerjakan dengan khusyuk akan mendatangkan banyak manfaat.

Dalam Kitab Al-Barokah fii Fadhlis Sa'yi wal Harokah karya Syaikh Jamaluddin Muhammad Al-Hubaisyi rahimahullah disebutkan bahwa sholat dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Gerakan-gerakan dalam sholat bisa menyembuhkan penyakit hati, lambung, usus dan penyakit lainnya.

Ketika seseorang melaksanakan sholat maka anggota tubuhnya akan ikut bergerak. Bahkan lambung dan usus pun ikut bergerak. Begitu pula saat melakukan sujud yang lama akan memberi manfaat dan kesembuhan bagi orang yang sakit pilek atau flu.

Dijelaskan, ketika kita sedang bersujud maka akan membantu terbukanya rongga hidung (tidak tersumbat) sehingga mudah bernafas. Zat makanan yang diproses oleh lambung dan usus juga dengan mudah tersebar sehingga melancarkan pembuangan kotoran dan lainnya.

Sedangkan sholat yang dilakukan dengan khusyuk dan tenang serta niat yang ikhlas akan mendapatkan kebaikan dunia dan Akhirat. Jiwa merasa tentram, damai, tidak banyak pikiran, tidak mudah marah.

Syaikh Prof Abdul Basith Muhammad as-Sayyid dalam Kitab Tha'amur-Rasul wat-Tadawi bil-Ghidza menjelaskan rahasia dan manfaat sholat bagi kesehatan tubuh. Dari Abu Hurairah berkata, "Rasulullah SAW melihatku saat aku tidur dalam keadaan sakit perut, beliau berkata, 'Apakah kamu sakit perut?' Aku menjawab, 'Benar wahai Rasulullah'. Nabi kembali berkata, "Bangun dan kerjakan shalat, karena sholat itu adalah obat." (HR Ibnu Majah)

Para ulama menjelaskan, hadis ini memuat dua pelajaran penting. Pertama, berkaitan dengan kewajiban beribadah. Kedua, berkaitan dengan diri sendiri karena sholat dapat mengurangi rasa sakit yang dirasakan dalam tubuh, kemudian membangkitkan kekuatan dan mengobati penyakit tersebut.

Syaikh Abdul Basith Muhammad menjelaskan, sholat mengandung unsur olah raga karena di dalamnya terdapat gerakan seperti rukuk, sujud, duduk iftirasy dan berdiri. Juga olah raga jiwa karena terdiri dari konsentrasi, ketenangan, keikhlasan, kepatuhan, dan lain-lain.

Semua gerakan itu dapat mengaktifkan sendi-sendi tubuh termasuk di bagian perut dan pencernaan. Itulah sekelumit alasan bahwa sholat dapat mengobati sakit perut dan membantu proses pencernaan di perut besar.

Wallahu A'lam

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1913 seconds (0.1#10.140)