Jika Imam Membaca Al-Fatihah Terlalu Cepat, Bagaimana Sikap Makmum?

Rabu, 31 Mei 2023 - 17:55 WIB
loading...
Jika Imam Membaca Al-Fatihah Terlalu Cepat, Bagaimana Sikap Makmum?
Begini sikap terbaik makmum jika mendapati imam sholat yang membaca Surat Al-Fatihah terlalu cepat. Foto/ist
A A A
Di antara umat muslim mungkin pernah mendapati imam membaca Al-Fatihah terlalu cepat ketika sholat berjamaah. Bagaimana sikap makmum menyikapi hal ini? Berikut penjelasannya.

Dalam Kitab I'anatut Tholibin Juz 2 dijelaskan, apabila imam membaca Al-Fatihah terlalu cepat, sehingga makmum tidak sempat membaca Al-Fatihah secara sempurna dengan bacaan yang normal (tidak terlalu cepat dan tidak terlalu lamban) maka wajib bagi makmum untuk rukuk bersama dengan imam dan meninggalkan bacaan Fatihahnya.

Sebab Imam sudah menanggung bacaan Al-Fatihah makmum, meskipun hal ini terjadi di semua rakaat. Sedangkan ketika bacaan imam normal (tidak cepat, tidak lamban), namun makmum membaca terlalu lama hingga ia tidak dapat menyelesaikan Fatihah-nya, maka makmum tetap wajib melanjutkan bacaannya sampai selesai.

Hal ini dijelaskan dalam Kitab Fath Al-Wahab 1/339 berikut:

ـ(والعذر كأن أسرع إمام قراءة وَرَكَعَ قَبْلَ إتْمَامِ مُوَافِقٍ) لَهُ (الْفَاتِحَةَ) وَهُوَ بَطِيءُ الْقِرَاءَةِ (فَيُتِمَّهَا وَيَسْعَى خَلْفَهُ مَا لَمْ يُسْبَقْ بِأَكْثَرَ مِنْ ثَلَاثَةِ أَرْكَانٍ طَوِيلَةٍ) فَلَا يُعَدُّ مِنْهَا الِاعْتِدَالُ، وَالْجُلُوسُ بَيْنَ السَّجْدَتَيْنِ لِمَا مَرَّ فِي سُجُودِ السَّهْوِ أَنَّهُمَا قَصِيرَانِ

Yang penting, makmum tidak tertinggal dari imam melebihi tiga rukun yang panjang yaitu rukuk, sujud pertama, sujud kedua. Ketertinggalan makmum dalam hal ini merupakan uzur yang dimaafkan. Sebab ia tergolong makmum muwafiq yakni makmum yang mendapatkan waktu yang cukup untuk menyempurnakan Al-Fatihah.

Baca Juga: Apakah Makmum Harus Membaca Surah Al-Fatihah?
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1412 seconds (0.1#10.140)