Mencari Warna Islami Pernikahan Hussein bin Abdullah II dengan Rajwa Al-Saif

Jum'at, 02 Juni 2023 - 10:51 WIB
loading...
Mencari Warna Islami Pernikahan Hussein bin Abdullah II dengan Rajwa Al-Saif
Pasangan itu menikah di Istana Zahran. Foto/Ilustrasi: Arab News
A A A
Resepsi pernikahan Putra Mahkota Yordania Hussein bin Abdullah II dengan Rajwa Al-Saif dari Arab Saudi pada Kamis 1 Juni kemarin menyedot perhatian publik. Tradisi pernikahan yang digelar pasangan dari dua negara Islam ini ternyata tidak seperti yang kita bayangkan. Rasa islami hanya ada di akad nikah . Sisanya adalah pesta yang wah.

Busana yang dikenakan kedua mempelai lebih terkesan kebarat-baratan. Maknanya, jangan berpikir pengantin wanita mengenakan jilbab yang menutup seluruh rambutnya, apalagi cadar untuk wajah.

Laman Arab News melaporkan Putri Mahkota baru Yordania, Rajwa Al-Hussein, mengenakan gaun putih klasik oleh couturier Lebanon. Gaun berlengan penuh menampilkan kerudung dramatis yang membuntuti beberapa meter di belakangnya. Sementara garis leher menonjol karena gordennya yang apik.



Dia melengkapi penampilannya dengan tiara yang berkilauan dan anting-anting berlian yang serasi, bersama dengan sepatu bertali putih, saat dia memegang karangan bunga dengan bunga putih.

Sementara itu, pengantin pria, mengenakan jas yang mengambil inspirasi dari desain yang dikenakan oleh Raja Abdullah II pada hari pernikahannya pada tahun 1993. "Lengan jas tersebut memberi penghormatan pada gaya yang disukai oleh Raja Abdullah II dan Raja Abdullah I," ujar Arab News.
Mencari Warna Islami Pernikahan Hussein bin Abdullah II dengan Rajwa Al-Saif

Akad dan Resepsi

Akad nikah dilakukan di Istana Zahran di Amman. Ini adalah tempat orang tua putra mahkota — Raja Abdullah II dan Ratu Rania. Sedangkan resepsinya di Istana Al-Husseiniya.

Upacara tersebut dihadiri oleh sekitar 140 tamu, termasuk anggota keluarga Kerajaan Hashemite.

Para tamu termasuk pejabat tinggi dan bangsawan dari seluruh dunia. Mereka antara lan Pangeran Inggris dan Putri Wales William dan Kate Middleton; Ibu Negara AS Jill Biden; Sheikha Moza binti Nasser dari Qatar; raja dan ratu Malaysia; raja dan ratu Belanda; Raja Juan Carlos I dan Ratu Sofía dari Spanyol; Pangeran Sébastien dari Luksemburg; Putra Mahkota Frederik dan Putri Mahkota Mary dari Denmark; Putri Mahkota Victoria dari Swedia dan Pangeran Daniel, Adipati Västergötland; Haakon, Putra Mahkota Norwegia dan Hisako, Putri Takamado dan putrinya, Putri Tsuguko dari Takamado dari Jepang, antara lain.
Mencari Warna Islami Pernikahan Hussein bin Abdullah II dengan Rajwa Al-Saif

Presiden AS Joe Biden dan Ibu Negara AS Jill Biden tidak hadir tapi menyampaikan pesan ucapan selamat di media sosial.

Arab News melaporkan, pengantin wanita tiba di istana dengan Rolls-Royce Phantom V 1968 yang dibuat khusus untuk mendiang Ratu Zein Al-Sharaf dan dikawal oleh adik Putra Mahkota, Pangeran Hashem bin Abdullah II, dan Putri Salma binti Abdullah II. Pangeran Hashem mengantar Al-Saif ke gazebo tempat upacara pernikahan Islam berlangsung.

Kedua mempelai menandatangani dokumen akad nikah. Imam Pengadilan Hashemite Kerajaan Dr Ahmed Al-Khalaileh, yang diangkat ke posisi itu pada Januari 2021, memimpin upacara, yang diikuti oleh beberapa wanita yang melakukan Zaghrouta, atau ululasi tradisional.

Setelah itu, kerumunan berbaris di rute 10 km saat pasangan itu melakukan perjalanan ke lokasi pesta resepsi dengan Range Rover 1984 khusus sebagai bagian dari konvoi.



Iring-iringan itu menampilkan delapan Land Rover 1980-an merah dan 11 sepeda motor BMW merah. Mesin antik milik Royal Convoy Unit, bagian dari formasi militer khusus yang dikenal sebagai Royal Guards. Band Musik Angkatan Bersenjata Yordania tampil selama acara tersebut.

Seperti kebiasaan, kedatangan kedua mempelai diumumkan dengan zaffeh oleh Band Musik Angkatan Bersenjata Yordania. Semua anggota band mengenakan shemagh merah-putih, hiasan kepala tradisional untuk pria, selain seragam pakaian lengkap mereka.

Setelah melewati Arch of Sabre, pasangan itu melanjutkan melalui halaman di tengah-tengah zaffeh tradisional Yordania, menuju panggung penyambutan, di mana keluarga tersebut menyambut lebih dari 1.700 tamu.
Mencari Warna Islami Pernikahan Hussein bin Abdullah II dengan Rajwa Al-Saif

Pengantin wanita diantar oleh adik putra mahkota, Pangeran Hashem bin Abdullah II. (Royal Hashemite Court/Arab News)

Sisa malam itu menampilkan berbagai pertunjukan oleh penyanyi lokal dan regional, grup paduan suara, band Yordania, orkestra nasional, dan grup tari rakyat.

Menurut Royal Hashemite Court, ruang resepsi di Istana Al-Husseiniya dirancang untuk menampilkan tradisi, keahlian, dan alam sekitar Yordania.

Setibanya, para tamu memasuki jalan yang membangkitkan gurun Yordania, menampilkan permadani Badui sepanjang 20 meter buatan tangan, yang dibuat khusus untuk acara ini oleh Proyek Tenun Wanita Bani Hamida di desa Mukawir di Madaba.

Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1300 seconds (0.1#10.140)