Pejabat China: Al-Quran dari Arab Saudi, setelah Tiba di China Harus Beradaptasi

Minggu, 11 Juni 2023 - 09:43 WIB
loading...
Pejabat China: Al-Quran dari Arab Saudi, setelah Tiba di China Harus Beradaptasi
Tulisan Arab di dinding luar masjid di Provinsi Yunnan, China, pada 2019. Foto/Ilustrasi: The New York Times
A A A
Partai Komunis China tengah berupaya menghapus hal-hal yang berbau Arab pada masjid-masjid di Negeri Tirai Bambu itu. “Tentu saja, Al-Quran berasal dari Arab Saudi , tetapi setelah tiba di China, harus beradaptasi,” kata seorang pejabat.

Berjalan melalui Nagu, sebuah kota kecil di pegunungan China barat daya, tanda-tanda komunitas Muslim yang bersemangat ada di mana-mana. Pengeras suara menyiarkan bagian-bagian dari terjemahan Al-Qur'an berbahasa Mandarin. Perempuan berjilbab mengantar anak-anak pulang dari sekolah. Aksara Arab menghiasi bagian luar rumah.

Menjulang di atasnya adalah Masjid Najiaying, sebuah bangunan putih dengan kubah zamrud di atasnya dan empat menara yang tingginya mencapai 230 kaki ke udara. Selama puluhan tahun, masjid ini menjadi kebanggaan etnis minoritas Muslim Hui yang tinggal di sini.

Bulan lalu, itu juga menjadi ajang konfrontasi.
Pejabat China: Al-Quran dari Arab Saudi, setelah Tiba di China Harus Beradaptasi



Pada pagi hari tanggal 27 Mei, setelah pihak berwenang mengendarai derek konstruksi ke halaman masjid, kerumunan warga menghadapi ratusan petugas polisi anti huru hara yang telah dikerahkan untuk mengawasi pekerjaan tersebut. Saat petugas memblokir masjid dan menggunakan semprotan merica, warga melemparkan botol air dan batu bata.

Bentrokan yang jarang terjadi, dijelaskan dalam wawancara dengan saksi mata dan terekam dalam video yang diposting di media sosial, menunjukkan bagaimana salah satu aspek dari kampanye Partai Komunis China untuk melakukan kontrol yang lebih besar atas agama dapat menjadi lebih tidak stabil.

Situs The New York Times menyebut sejak pemimpin China, Xi Jinping , naik ke tampuk kekuasaan lebih dari satu dekade lalu, partai tersebut telah merobohkan gereja-gereja Kristen, meruntuhkan kantong-kantong Buddha Tibet dan menempatkan Muslim Uyghur di kamp-kamp pengasingan atas nama keamanan politik.

Tak berhenti di sini. Mereka juga menyerang kelompok yang kurang dikenal, termasuk Hui, yang jumlahnya kurang dari 1% dari populasi dan secara historis berasimilasi dengan baik dengan mayoritas etnis Han.

Partai tersebut secara sistematis menutup, menghancurkan atau mendesain ulang masjid secara paksa di daerah kantong Hui di seluruh negeri, mengutuk fitur arsitektur Arab, seperti kubah dan menara, sebagai bukti pengaruh asing yang tidak diinginkan atas Islam di China.



Perlawanan telah ditekan, dan masjid di Nagu, bersama dengan masjid besar lainnya di kota terdekat Shadian, adalah salah satu masjid besar terakhir dengan arsitektur seperti itu yang masih berdiri di China.

Tetapi ketika pejabat lokal mengumumkan rencana untuk menghapus kedua kubah masjid dan membuat kembali menara mereka dengan gaya yang konon lebih “China”, orang-orang di Nagu melawan.

“Atap ini mewakili rasa hormat dan kebebasan kami. Kami memilihnya sendiri pada saat itu,” kata Na, seorang warga Hui berusia 30-an, yang meminta untuk diidentifikasi hanya dengan nama belakangnya karena takut pembalasan pemerintah sebagaimana dikutip nytimes.

Keluarganya, seperti banyak orang di kota, telah membantu mendanai renovasi masjid yang paling baru di awal tahun 2000-an, ketika menara ditambahkan. "Sekarang mereka berkata, 'Aturan saya mengesampingkan pilihan bebas Anda.'"

Masjid-masjid di Nagu dan Shadian sangat penting dalam kisah hubungan Beijing dengan Islam, yang berfluktuasi antara konflik dan koeksistensi. Provinsi Yunnan, di mana Nagu dan Shadian berada, adalah etnis paling beragam di Tiongkok, dan orang Hui – kebanyakan berbicara bahasa Mandarin tetapi dibedakan oleh keyakinan Muslim mereka. Mereka telah tinggal di sana selama berabad-abad.

Versi awal masjid Nagu dibangun pada abad ke-14, dengan gaya halaman tradisional Tiongkok. Muslim Yunnan menjadi makmur sebagai pedagang yang berdagang dengan Asia Tenggara.
Pejabat China: Al-Quran dari Arab Saudi, setelah Tiba di China Harus Beradaptasi

Kemudian, setelah Komunis mengambil alih, para pejabat mulai menyerang agama sebagai kontra-revolusioner, terutama selama periode pergolakan politik 1966-1976 yang dikenal sebagai Revolusi Kebudayaan. Muslim di Shadian melawan, dan pada tahun 1975 militer meruntuhkan kota dan membantai sebanyak 1.600 penduduk.



Setelah Revolusi Kebudayaan, saat China terbuka untuk dunia, pemerintah meminta maaf atas pembantaian tersebut. Ini mendukung rekonstruksi Shadian dan mengizinkan penduduk setempat – banyak dari mereka dapat bepergian ke luar negeri untuk pertama kalinya – untuk membangun Masjidil Haram, yang terbesar di Cina barat daya, dengan gaya Arab saat ini.

Mencontoh Masjid Nabawi di Madinah, Arab Saudi, bangunan ini dapat menampung 10.000 orang, dan menaranya terlihat dari jauh. Pejabat mempromosikannya sebagai tempat wisata.

Masjid Nagu, 90 mil dari Shadian, juga tumbuh dan berkembang, menjadi pusat pelatihan regional bagi para imam. Ketika penduduk setempat, mulai tahun 1980-an, menambahkan kubah dan fitur Arab lainnya, pemerintah tidak ikut campur. Pada 2018, pemerintah setempat menetapkannya sebagai peninggalan budaya.
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4070 seconds (0.1#10.140)