Subhanallah! Inilah Ciri-ciri Nabi Muhammad SAW Versi Ali bin Abi Thalib

Jum'at, 07 Juli 2023 - 21:40 WIB
loading...
Subhanallah! Inilah Ciri-ciri Nabi Muhammad SAW Versi Ali bin Abi Thalib
Ali bin Abi Thalib mengisahkan ciri-ciri Rasulullah SAW yang sangat menakjubkan. Barangsiapa yang melihat beliau maka ia segan (takzim) kepada beliau dan mencintai beliau. Foto ilustrasi/SINDOnews
A A A
Ciri-ciri Nabi Muhammad shollallahu 'alaihi wasallam (SAW) benar-benar sangat indah dan mengagumkan. Hal ini diceritakan Sayyidina Ali bin Abi Thalib dalam Sirah Nabawiyah Ibnu Hisyam.

Ali bin Abi Thalib radhiyallahu 'anhu adalah sepupu yang juga menantu Rasulullah SAW karena menikah dengan putri Nabi, Fathimah radhiyallahu 'anha. Ali merupakan Khalifah Islam keempat dari Khulafa' Ar-Rasyidin.

Bagi para sahabat, Nabi Muhammad ﷺ adalah sosok yang sangat terpuji. Mereka melihat dan menyaksikan langsung bagaimana Rasulullah SAW berinteraksi dengan mereka. Beda dengan kita umat akhir zaman yang belum pernah bertemu beliau.

Kita hanya bisa membayangkan keindahan dan kemuliaan beliau lewat kalam Al-Qur'an maupun pesan-pesan yang terdapat dalam Hadis. Sungguh tak ada manusia yang dalam dirinya tersimpan kesempurnaan kecuali ada pada diri Nabi Muhammad ﷺ.

Ali bin Abu Thalib mengisahkan tentang ciri-ciri Rasulullah ﷺ yang sangat menakjubkan. Kata beliau: "Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam tidak tinggi sekali, tidak pendek, beliau tingginya sedang, rambutnya tidak keriting sekali, tidak pula lurus, rambutnya ikal bergelombang seperti orang-orang Arab pada umumnya.

Nabi Muhammad ﷺ tidak gemuk, wajahnya tidak bulat, kulitnya putih, kedua matanya bulu matanya panjang, tulang persendiannya besar, pundaknya lebar. Di dadanya dan perutnya tipis, rambut bahunya tipis, rambut kedua tangannya tipis, rambut betisnya tipis, daging telapak tangannya keras, daging kedua telapak kakinya keras.

Jika beliau berjalan seakan-akan kakinya tidak menginjak tanah sepertinya beliau berjalan di jalan menurun. Jika beliau menoleh maka beliau menoleh dengan menghadapkan semua wajahnya. Di antara kedua bahunya terdapat tanda kenabian dan itulah tanda semua para Nabi.

Beliau orang yang paling dermawan tangannya, orang yang paling lapang dadanya, orang yang paling benar ucapannya, orang yang paling menetapi janji, orang yang paling lembut akhlaknya, orang yang paling mulia pergaulannya."

Siapa melihat beliau maka ia segan kepada beliau dan barangsiapa bergaul dengan beliau maka ia mencintai beliau dan orang yang menyifati ciri-ciri beliau berkata, "Aku belum pernah melihat orang sebelum ini dan sesudahnya yang mirip dengan Nabi Muhammad shollallahu 'alaihi wasallam."

Pembantu Nabi, Anas bin Malik juga menggambarkan ciri fisik Rasulullah. Beberapa sifat fisiknya disebutkan: "Rasulullah صلى الله عليه وسلم bukanlah orang yang berperawakan terlalu tinggi, namun tidak pula pendek. Kulitnya tidak putih bule juga tidak sawo matang. Rambutnya ikal, tidak terlalu keriting dan tidak pula lurus kaku. Beliau diangkat Allah (menjadi Rasul) pada 40 tahun. Beliau tinggal di Makkah 53 tahun (berdakwah sebagai Rasul selama 13 tahun). Hijrah (pendah) ke Madinah selama 10 tahun. Beliau berpulang ke rahmatullah dalam usia 63 tahun (riwayat lain 60 tahun). Di kepala dan janggut beliau tidak terdapat sampai dua puluh lembar rambut yang telah berwarna putih." (Diriwayatkan oleh Abu Raja' Qutaibah bin Sa'id, dari Malik bin Anas, dari Rabi'ah bin Abi 'Abdurrahman yang bersumber dari Anas bin Malik)

Adapun sahabat yang paling mirip dengan Rasululah SAW baik fisik maupun perangainya adalah Jafar bin Abi Thalib, yang juga sepupu beliau. Dari Al-Bara bin Azib, Nabi Muhammad SAW berkata kepada Ja'far:

أشبهت خُلُقي وخَلْقي

Artinya: "Rupa dan perilakumu mirip denganku." (HR Al-Bukhari).

Ja'far bin Abi Thalib termasuk di antara orang-orang yang pertama masuk Islam dan ikut berhijrah bersama Rasulullah SAW. Beliau syahid di medan pertempuran Mu'tah.

Itulah sekilas ciri-ciri fisik Nabi Muhammad SAW. Semoga ulasan ini menambah kecintaan kita kepada Baginda Nabi dan mengikuti sunnahnya.

اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى نَبِيِّنَا مُحَمَّدٍ


Wallahu A'lam

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2196 seconds (0.1#10.140)