Keistimewaan Surah Saba, Salah Satunya Terhindar dari Bencana

Senin, 24 Juli 2023 - 10:16 WIB
loading...
Keistimewaan Surah Saba, Salah Satunya Terhindar dari Bencana
Surat Saba antara lain dapat menjadi wasilah agar selamat dari berbagai macam bencana. Foto/Ilustrasi: SINDOnews
A A A
Sayyid Muhammad Taqi Al-Muqaddam dalam bukunya berjudul "Khazanah Al-Asrar" memaparkan manfaat dari ayat Al-Quran untuk penyembuhan berbagai penyakit.

Khusus keistimewaan surah Saba , Sayyid Muhammad Taqi Al-Muqaddam mengatakan barangsiapa menulisnya di kertas dan meletakkannya di sepotong kain putih maka dia akan aman dari gangguan binatang dan akibat buruk, serta terlindung dari serangan panah, batu, dan besi.

Keistimewaan dan fadhilah lain Surat Saba', dapat menjadi wasilah agar selamat dari berbagai macam bencana, atau untuk menyuburkan tanaman. Adapun caranya yaitu dengan membacanya secara istikamah .

Adapun yang dimaksud dengan Saba' adalah kaum Saba', yakni nama suatu kabilah bangsa arab yang tinggal di daerah Yaman. Surat yang terdiri atas 54 ayat ini termasuk dalam golongan surat Makkiyyah dan diturunkan setelah surat Luqman .



Ia dinamakan Surat Saba' karena di dalamnya terdapat cerita kaum Saba', di mana dikisahkan bahwa kaum Saba' mendirikan kerajaan bernama Saba'iyyah, yang beribu kota di Ma'rib. Di kota itu, mereka pun telah berhasil membangun sebuah bendungan bernama bendungan Ma'rib, sehingga kerajaan mereka menjadi subur dan makmur.

Akan tetapi, anugerah itu tidak mereka syukuri, namun membuat mereka menjadi ingkar kepada Allah dan juga kepada seruan Rasul-Nya. Oleh karena itu, Allah menimpakan azab berupa banjir dengan bobolnya bendungan Ma'rib. Dan setelah bendungan itu kering, negeri itu pun menjadi hancur. Selain kisah itu, di dalamnya juga memuat kisah Nabi Daud dan Nabi Sulaiman .

(mhy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1283 seconds (0.1#10.140)