Begini Khasiat Surat Shad Ayat 42 Menurut Sayyid Al-Muqaddam

Kamis, 27 Juli 2023 - 11:43 WIB
loading...
Begini Khasiat Surat Shad Ayat 42 Menurut Sayyid Al-Muqaddam
Banyak keistimewaan dengan hanya membaca surah Shad. Foto/Ilustrasi: SINDOnews
A A A
Sayyid Muhammad Taqi Al-Muqaddam dalam bukunya berjudul "Khazanah Al-Asrar" memaparkan manfaat dari ayat Al-Quran untuk penyembuhan berbagai penyakit.

Khusus keistimewaan surah Shad , Sayyid Muhammad Taqi Al-Muqaddam mengatakan barangsiapa banyak membaca ayat ke-42 dari surah Shad saat dia akan menggali sumur maka dia akan mendapatkan sumber air yang bagus.



Dalam kitab "Mujma’ul-Bayan" disebutkan bahwa Nabi Muhammad SAW pernah bersabda, “Barangsiapa yang membaca surat ini, maka ia memperoleh pahala sepuluh kali lipat seberat gunung yang ditundukkan Allah kepada Nabi Daud , Allah melindunginya menjadi orang berbuat dosa, baik kecil maupun besar..."

Ibnu Abbas berkata bahwasanya ada seorang laki-laki yang datang kepada Rasulullah dan berkata, “Wahai Rasulullah ketika semalam tidur, aku bermimpi seakan-akan salat di belakang sebuah pohon. Lalu aku membaca Surat Shad. Ketika aku membaca ayat sajadah, maka aku bersujud dan pohon itu pun ikut bersujud pula. Aku mendengar pohon itu mengucap, ‘Ya Allah, tulislah pahala bagiku dengannya di sisi-Mu, hapuskanlah dosaku dengannya, jadikan ia di sisi-Mu sebagai simpananku, serta terimalah ia dariku sebagaimana Engkau menerimanya dari hamba-Mu Daud.’”(HR Tirmidzi dan Ibnu Majah)



Surat Shad terdiri atas 88 ayat dan termasuk dalam golongan surat Makkiyyah serta diturunkan setelah Surat Al-Qamar . Ia dimakan Surat Shad karena di dalamnya terdapat permulaan berupa lafadz ”shad”.

Dalam surat ini, Allah bersumpah dengan Al-Qur’an untuk menunjukkan bahwa Al-Qur’an itu sebuah kitab yang agung dan barangsiapa yang mengikutinya, maka ia akan memperoleh kebahagiaan dunia dan akhirat. Dan juga untuk menunjukkan bahwa Al-Qur’an adalah mukjizat Nabi Muhammad SAW yang menyatakan kebenarannya dan ketinggian akhlaknya.

(mhy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2175 seconds (0.1#10.140)