Khutbah Jumat: Ada Apa dengan Hari Asyura?

Jum'at, 28 Juli 2023 - 08:05 WIB
loading...
A A A
Maka Asyuro adalah hari yang pas untuk membahagiakan dan menggembirakan anak-anak yatim. Dengan apa menggembirakan mereka? Tentu dapat diwujudkan dengan berbagai macam hal. Bisa dengan mengadakan acara yang dikhususkan untuk anak-anak yatim, pemberikan biaya pendidikan untuk anak yatim atau santunan anak yatim.

Biasanya pada momentum Asyuro ini banyak masyarakat yang mengadakan santunan anak yatim. Ini bukan perkara yang baru, karena para ulama terdahulu tengah memberikan contoh demikian. Sebagaimana yang disebutkan oleh Syaikh Ibnul Jauzi dalam kitab al-Majalis, ada lima belas hal yang disunnahkan dikerjakan ketika Asyuro, satu diantaranya adalah:

اَنْ يَمْسَحَ رَأْسَ الْيَتِيْمَ

Makna secara tekstual adalah mengusap kepala anak yatim. Dan makna secara kontekstual adalah dengan memberikan kasih sayang kepada mereka. Dalam hadits nabi disebutkan tentang keutamaan mengusap kepala anak yatim. Sebagaimana hadits yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad, Rasulullah ﷺ bersabda:

مَنْ مَسَحَ رَأْسَ يَتِيْمٍ، لَمْ يَمْسَحْهُ إلَّا لِلهِ، كَانَتْ لَهُ فِى كُلِّ شَعْرَةٍ مَرَّتْ يَدُهُ عَلَيْهَا حَسَنَاتٌ (رواه احمد)

Artinya: "Barang siapa mengusap kepala anak yatim, ia tidak mengusap kecuali hanya mengharap ridha Allah. Maka baginya setiap usapan tangannya mengandung beberapa kebaikan." (HR Imam Ahmad)

Maasyiral Muslimin rahimakumullah!
Usapan kepala adalah menunjukkan gestur kasih sayang. Tentulah tidak mungkin kita mengundang mereka anak-anak yatim kemudian hanya untuk mengusap kepala mereka saja. Dalam tradisi masyarakat kita memberikan kasih sayang kepada anak yatim biasanya diekspresikan melalui memberikan santunan kepada mereka. Yang kemudian dalam momentum istimewa ini dimanfaatkan untuk dapat mengusap kepala mereka. Banyak sekali teks hadits yang menjelaskan tentang keutamaan memberi perhatian lebih kepada anak-anak yatim. Diantaranya adalah sebagai berikut:

وَالَّذِىْ بَعَثَنِى بِالْحَقِّ لَا يُعَذِّبُ اللَّهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ مَنْ رَحِمَ الْيَتِيْمَ (رواه الطبرانى)

Artinya: "Demi Allah yang telah mengutusku dengan sebenarnya. Allah tidak akan mengazab pada hari kiamat orang yang mengasihi anak yatim." (HR at-Thabrani)

Maasyiral Muslimin rahimakumullah!
Itulah di antara amalan-amalan yang dapat kita amalkan pada hari Asyuro. Marilah kita amalkan sesuai dengan kemampuan kita. Yang mampu berpuasa, ayo berpuasa, yang mampu memberikan nafkah lebih kepada keluarga, ayo longgarkan nafkah untuk keluarga di hari Asyuro, yang bisa memberikan santunan kepada anak yatim, mari kita lakukan. Syukur-syukur di antara amalan-amalan itu dapat dilakukan semua, tentu itu lebih baik. Semoga Allah subhanahu wa ta'ala memberikan kita kemudahan dan kemampuan untuk melakukannya. Aamiinn Ya Robbal 'alamiin.

بَارَكَ اللهُ لِيْ وَلَكُمْ فِيْ اْلقُرْآنِ اْلعَظِيْمِ وَنَفَعَنِي وَإيَّاكُمْ ِبمَا ِفيْهِ مِنَ اْلآياَتِ وَالذِّكْرِ الْحَكِيْمِ وَتَقَبَّلَ مِنِّي وَمِنْكُمْ تِلاَوَتَهُ إنَّهُ هُوَ السَّمِيْعُ اْلعَلِيْمُ


Khutbah Kedua

اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ وَكَفَى، وَأُصَلِّيْ وَأُسَلِّمُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ الْمُصْطَفَى، وَعَلَى اٰلِهِ وَأَصْحَابِهِ أَهْلِ الْوَفَا. أَشْهَدُ أَنْ لَّا إِلٰهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ، وَأَشْهَدُ أَنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ .أَمَّا بَعْدُ، فَيَا أَيُّهَا الْمُسْلِمُوْنَ، أُوْصِيْكُمْ وَنَفْسِيْ بِتَقْوَى اللهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ وَاعْلَمُوْا أَنَّ اللهَ أَمَرَكُمْ بِأَمْرٍ عَظِيْمٍ، أَمَرَكُمْ بِالصَّلَاةِ وَالسَّلَامِ عَلَى نَبِيِّهِ الْكَرِيْمِ فَقَالَ: إِنَّ اللهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ، يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا، اَللّٰهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلَى سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ، فِيْ الْعَالَمِيْنَ إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ. اَللّٰهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ والْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ الْأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَالْأَمْوَاتِ، اَللَّهُمَّ ادْفَعْ عَنَّا الْبَلَاءَ وَالْغَلَاءَ وَالْوَبَاءَ وَالْفَحْشَاءَ وَالْمُنْكَرَ وَالْبَغْيَ وَالسُّيُوْفَ الْمُخْتَلِفَةَ وَالشَّدَائِدَ وَالْمِحَنَ، مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَمَا بَطَنَ، مِنْ بَلَدِنَا هَذَا خَاصَّةً وَمِنْ بُلْدَانِ الْمُسْلِمِيْنَ عَامَّةً، إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ. عِبَادَ اللهِ، إنَّ اللهَ يَأْمُرُ بِالْعَدْلِ وَالْإحْسَانِ وَإِيْتَاءِ ذِي الْقُرْبَى ويَنْهَى عَنِ الفَحْشَاءِ وَالْمُنْكَرِ وَالبَغْيِ، يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ. فَاذكُرُوا اللهَ الْعَظِيْمَ يَذْكُرْكُمْ وَلَذِكْرُ اللهِ أَكْبَرُ


(rhs)
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3096 seconds (0.1#10.140)