7 Amalan Khusus yang Dianjurkan di Hari Jumat Beserta Faedahnya

Jum'at, 11 Agustus 2023 - 08:48 WIB
loading...
7 Amalan Khusus yang Dianjurkan di Hari Jumat Beserta Faedahnya
Pada hari Jumat, ada 7 amalan khusus yang memiliki faedah besar yang bila diamalkan di hari istimewa tersebut. Foto ilustrasi/ist
A A A
Dalam Islam, hari Jumat juga disebut penghulunya hari (Sayyidul Ayyam). Ada 7 amalan memiliki faedah besar yang bila diamalkan di hari istimewa tersebut.

Salah satu keutamaan Jumat diterangkan dalam hadis berikut. Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:

"Hari terbaik saat matahari terbit adalah Jumat. Di atasnya Adam diciptakan dan di dimasukkan ke surga. Pada hari Jumat juga, Adam diusir dari Surga Firdaus. Dan Hari Kebangkitan (Kiamat) tidak akan terjadi pada hari selain Jumat." (HR Muslim)

7 Amalan khusus pada Hari Jumat Berikut Faedahnya:

1. Barangsiapa yang membaca "Ya Muhaimin" 100 kali setelah mandi Jum'ah, maka Allah akan memberikan kewibawaan dan kemuliaan.

2. Barangsiapa yang membaca Surat Al-Qodar 7 kali antara 2 Adzan di Hari Jumat, maka Allah akan melunasi semua utangnya.

3. Barangsiapa yang mengucap "Ya Baathin" 33 kali setelah salat Jumat maka Allah akan menjadikannya dari (golongan) Ahli Bathin.

4. Barangsiapa setelah salat Jumat membaca Al-Fatihah, Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Naas masing-masing 7 kali tanpa mengubah posisi duduknya (tasyahhud akhir) dan tanpa berbicara sebelumnya, maka Allah akan menjaganya dari semua kejelekan sampai Jumat berikutnya.

5. Barangsiapa setelah salat Jum'at membaca ALLAHUMMA AKFINI BIHALAALIKA 'AN HAROOMIKA WA AGHNINI BIFADHLIKA 'AMMAN SIWAAK, maka segala kebutuhannya akan terpenuhi hingga hari berikutnya.

6. Barangsiapa yang berdoa "YAA GHONIYYU YAA MUGHNII" 40 kali, setiap 10 dari bacaan tersebut ditambahi "AGHNINII", ketika doa mukminin mukminaat pada khutbah kedua, maka Allah akan meluaskan rezekinya.

7. Barangsiapa yang bersholawat kepada Nabi Muhammad SAW setelah Ashar Hari Jumat 80 kali, maka Allah akan mengampuni dosanya 80 tahun. Jika si pembaca tidak memiliki dosa sebanyak itu, maka keutamaan tersebut akan diberikan kepada kedua orangtuanya dan Allah akan mengangkat derajat mereka.

Ada riwayat bahwasanya yang membaca Selawat dengan sighoh ini "ALLOHUMMA SHOLLI 'ALAA SAYYIDINAA MUHAMMADIN NABIYYIL UMMIY WA 'ALAA AALIHI WASOHBIHI WA SALLIM TASLIIMAA setelah Ashar Hari Jumat, maka akan ditulis untuknya pahala ibadah 80 tahun.

"Barangsiapa yang memperbanyak selawat atas Nabi, maka Allah akan menyelesaikan semua urusannya, mengampuni segala dosanya, melunasi utangnya, dan selawat tersebut akan menjadikan sebab dia memperoleh syafaat Nabi, dia kan berada paling dekat kedudukan-nya di sisi Nabi Muhammad pada saat hari Kiamat."



Wallahu A'lam
(wid)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2321 seconds (0.1#10.140)