Berikut Ini Daftar Sahabat Nabi dan Tabiin yang Membolehkan Musik dan Lagu

Senin, 14 Agustus 2023 - 20:23 WIB
loading...
Berikut Ini Daftar Sahabat Nabi dan Tabiin yang Membolehkan Musik dan Lagu
Tak sedikit para sahabat Nabi yang membolehkan musik dan lagu. Foto/Ilustrasi: Ist
A A A
Lagu dan musik adalah boleh menurut syariat Islam . Hal ini ditegaskan Syaikh Yusuf al-Qardhawi dalam bukunya berjudul "Malaamihu Al Mujtama' Al Muslim Alladzi Nasyuduh" yang dalam edisi Indonesia menjadi "Sistem Masyarakat Islam dalam Al Qur'an & Sunnah" (Citra Islami Press, 1997)

Al-Qardhawi mengutip Imam Syaukani dalam "Nailul Authar" menyampaikan banyak ulama yang berpendapat sama dengannya. Ibnun Nahwi di dalam kitab "Al 'Umdah" mengatakan, "Menyanyi dan mendengarkannya itu telah diriwayatkan dari sejumlah para sahabat dan tabi'in, di antara sahabat adalah Umar bin Khattab , sebagaimana diriwayatkan oleh Ibnu Abdil Barr dan lainnya.



Utsman bin Affan , sebagaimana dinukil oleh Al Mawardi dan Shahibul Bayan dan Ar-Rafi'i juga membolehkan musik dan lagu. Demikian juga Abdur Rahman bin 'Auf sebagaimana diriwayatkan oleh Ibnu Abi Syaibah. Juga Abu 'Ubaidah Ibnu Jarrah sebagaimana diriwayatkan oleh Imam Al Baihaqi. Juga Sa'ad bin Abi Waqqas, sebagaimana diriwayatkan oleh Ibnu Qutaibah. Juga Abu Mas'ud Al Anshari sebagaimana diriwayatkan oleh Al Baihaqi.

Juga Bilal dan Abdullah bin Arqam dan Usamah bin Zaid, sebagaimana diriwayatkan oleh Al Baihaqi, Hamzah bin Abdul Muthalib sebagaimana di dalam Shahih.

Selanjutnya, Ibnu Umar sebagaimana diriwayatkan oleh Ibnu Thahir, Bara' bin Malik sebagaimana diriwayatkan oleh Abu Nu'aim, Abdullah bin Ja'far sebagaimana diriwayatkan oleh Ibnu Abdil Barr.

Lalu, Abdullah bin Zubair sebagaimana diriwayatkan oleh Abu Thalib Al Makki, Hassan bin Tsabit sebagaimana diriwayatkan oleh Abul Faraj Al Ashfahani, Abdullah bin Amr sebagaimana diriwayatkan oleh Zubair bin Bakkar, Qurdzah bin Ka'ab sebagaimana diriwayatkan oleh Ibnu Qutaibah, Khawwat bin Jubair dan Rabah sebagaimana diriwayatkan oleh Abu Thalib Al Makki, 'Amr bin Ash sebagaimana diriwayatkan oleh Al Mawardi, Aisyah dan Rubayyi' sebagaimana diriwayatkan oleh Imam Bhukari dalam shahihnya dan Imam lainnya.



Adapun para tabi'in adalah yang membolehkan lagu dan musik antara lain Sa'ad bin Musayyab, Salim bin Abdillah bin Umar, Ibnu Hassan, Kharijah bin Zaid, Syuraih Al Qadhi, Said bin Jubair, 'Amir Asy-Sya'bi, Abdullah bin Abi Atiq, 'Atha' bin Rabah, Muhammad bin Syihab Az-Zuhri, Umar bin Abdul 'Aziz, dan Sa'ad bin Ibrahim Az-Zuhri.

Dari kalangan tabi'it tabi'in lebih banyak lagi. Ambil contoh antara lain imam empat (mazahib), Ibnu 'Uyainah dan Jumhur Syafi'iyah. Selesailah perkataan Ibnu Nahwi.

(mhy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2839 seconds (0.1#10.140)