Khasiat Surat Al-Muthaffifin, Salah Satunya Mengamankan Barang Berharga

Kamis, 24 Agustus 2023 - 19:46 WIB
loading...
Khasiat Surat Al-Muthaffifin, Salah Satunya Mengamankan Barang Berharga
Jika dibaca di tempat penyimpanan barang maka barang tersebut akan terjaga. Ilustrasi: SINDOnews
A A A
Sayyid Muhammad Taqi Al-Muqaddam dalam bukunya berjudul "Khazanah Al-Asrar" memaparkan manfaat dari ayat Al-Quran untuk penyembuhan berbagai penyakit.

Khusus keistimewaan Surat Al-Muthaffifin , Sayyid Muhammad Taqi Al-Muqaddam mengatakan, jika dibaca di tempat penyimpanan barang maka barang tersebut akan terjaga.



Dalam "Tafsirul Burhan" juga disebutkan bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda: “Barangsiapa yang membaca surat ini (Surat Al-Muthaffifin), maka Allah akan memberikannya minum dari rahiq makhtum di hari kiamat, dan jika dibaca pada tempat penyimpanan, maka Allah akan melindunginya dari segala macam bahaya.”

Sedangkan dalam Tsawabul A’mal dinyatakan bahwa Abi Abdullah berkata: “Barangsiapa di dalam salat fardu membaca wailul-lil-muthaffifin (Surat Al-Muthaffifin), maka Allah akan memberikannya keamanan di hari kiamat dari api neraka, neraka tidak melihatnya dan ia juga tidak melihat neraka, ia melintas di atas jembatan neraka, dan tidak dihisab di hari kiamat.”

Al-Muthaffifin sendiri artinya adalah “orang-orang yang curang”. Surat ini terdiri atas 36 ayat, termasuk dalam golongan Surat Makkiyyah, dan diturunkan setelah Surat Al-Ankabut. Surat Al-Muthaffifin merupakan surat terakhir yang di kota Makkah sebelum baginda Rasulullah Saw. hijrah ke kota Madinah, ia diberi nama Surat Al-Muthaffifin karena merujuk ada lafaz al-muthaffifin yang terdapat pada ayat pertama.

(mhy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2205 seconds (0.1#10.140)