Khasiat Surat Al-Infithar, Salah Satunya Mengobati Rasa Takut

Kamis, 24 Agustus 2023 - 20:00 WIB
loading...
Khasiat Surat Al-Infithar, Salah Satunya Mengobati Rasa Takut
Membacanya dapat membebaskan orang yang tertahan atau orang yang tertawan dan juga dapat menenteramkan orang  yang takut. Ilustrasi: SINDOnews
A A A
Sayyid Muhammad Taqi Al-Muqaddam dalam bukunya berjudul "Khazanah Al-Asrar" memaparkan manfaat dari ayat Al-Quran untuk penyembuhan berbagai penyakit.

Khusus keistimewaan Surat Al-Infithar , Sayyid Muhammad Taqi Al-Muqaddam mengatakan, membacanya dapat membebaskan orang yang tertahan atau orang yang tertawan dan juga dapat menenteramkan orang yang takut.



Dalam "Tafsirul Burhan" juga disebutkan Nabi Muhammad SAW bersabda: “Barangsiapa yang membaca surat ini (Surat Al-Infithar), maka Allah akan melindunginya saat terbukanya aib manusia ketika buku catatan amal perbuatan dibentangkan, auratnya ditutup, dalam keadaan baik ketika hari kiamat. Dan barangsiapa yang membacanya, sedangkan ia dalam keadaan dipenjara, dan diikat, maka Allah akan memudahkannya keluar dan melepaskannya dari penjara itu, dari sesuatu yang ia takuti dan keadaannya akan membaik secepatnya, dengan izin Allah.”

Ash-Shidiq berkata, “Barangsiapa yang membacanya ketika hujan turun, maka Allah akan memberikan ampunan kepadanya sebanyak setiap tetesan hujan yang jatuh. Dan barangsiapa yang membacanya atas matanya, maka penglihatannya dikuatkan dan dihilangkan penyakit matanya, atau penyakit selaput mata, dengan kekuasaan Allah.”



Dalam "Tswabul A’mal" dinyatakan bahwa Husain Abi Al-‘Ala’, berkata: “Saya mendengar Abu Abdullah berkata, ‘Barangsiapa yang membaca dua surat ini, dan menjadikan keduanya pada matanya di dalam salat fardu dan sunah, yakni idzas-sama’un-fatharat (Surat Al-Infithar), dan idzas-sama’un-syaqqat (Surat Al-Insyiqaq), tiada penghalang yang menghalanginya dari Allah, tidak ada pemisah yang memisahkannya dari Allah, dan ia senantiasa melihat Allah dan Allah juga melihatnya hingga ia selesai dilihat.’”

Al-Infithar sendiri artinya adalah “terbelah”. Surat yang terdiri atas 19 ayat ini termasuk dalam golongan Surat Makkiyyah, dan diturunkan setelah Surat An-Nazi’at. Adapun asal dari penamaan Surat Al-Infithar sendiri merujuk pada lafaz infatharat yang terdapat pada ayat pertama.

(mhy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1240 seconds (0.1#10.140)