Berikut Ini Khasiat dan Keistimewaan Surat Al-Ashr

Selasa, 05 September 2023 - 17:10 WIB
loading...
Berikut Ini Khasiat dan Keistimewaan Surat Al-Ashr
Jika dibacakan di depan barang yang disimpan  maka barang tersebut akan terjaga. Ilusttrasi: SINDOnews
A A A
Sayyid Muhammad Taqi Al-Muqaddam dalam bukunya berjudul "Khazanah Al-Asrar" memaparkan manfaat dari ayat Al-Quran untuk penyembuhan berbagai penyakit.

Khusus keistimewaan surat Al-Ashr , Sayyid Muhammad Taqi Al-Muqaddam mengatakan jika dibacakan di depan barang yang disimpan maka barang tersebut akan terjaga, dan barangsiapa yang menulisnya di malam Jumat setelah Isya lalu dia membawanya untuk menemui penguasa maka dia akan selamat dari kejahatannya.



Dalam Tafsirul Burhan juga disebutkan bahwa Nabi Muhammad SAW telah bersabda, “Barangsiapa yang membaca surat ini, maka Allah mencatatnya sepuluh kebaikan, mengakhiri hidup dengan keadaan baik (khusnul khatimah), termasuk dalam orang-orang yang melakukan kebenaran. Dan jika dibacakan di atas harta yang dikuburkan di bawah tanah, atau disimpan, maka Allah akan menjaganya hingga pemiliknya mengeluarkannya.”

Sedangkan dalam Tsawabul A’mal dinyatakan bahwa Abi Abdullah berkata, “Barangsiapa yang membaca Surat Al-'Ashr di dalam salat sunahnya, maka Allah akan membangkitkannya di hari kiamat dengan wajah bercahaya, tertawa, dan berbahagia hingga ia masuk surga.”

Al-‘Ashr sendiri artinya adalah “masa”. Surat yang terdiri atas tiga ayat ini termasuk dalam golongan Surat Makkiyyah dan diturunkan setelah Surat Asy-Syarh. Ia diberi nama Surat Al-'Ashr karena merujuk pada lafaz al-‘ashr yang terdapat pada ayat pertama.

(mhy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1146 seconds (0.1#10.140)