alexametrics

Ngerinya Doa Malaikat untuk Orang yang Pelit

loading...
Ngerinya Doa Malaikat untuk Orang yang Pelit
Orang yang bersedekah akan didoakan malaikat, sebaliknya orang yang pelit dan kikir pun mendapat doa dari malaikat. Foto ilustrasi/istimewa
Sifat kikir atau pelit, adalah sifat tercela yang dibenci Allah dan Rasul-Nya. Sifat ini mendorong pelakunya untuk selalu menumpuk harta tanpa berniat sekalipun untuk berinfak dan sedekah. Tidak ada satu pun riwayat mengatakan, jika dengan bersedekah atau berinfak harta akan habis.

Sifat kikir diyakini sebagai sebuah penyakit, yakni penyakitwahnyaitu terlalu cinta dunia. Orang yang terkena penyakit ini, tidak akan mengorbankan hartanya untuk membantu dan menyenangkan orang lain bahkan terhadap dirinya sendiri. Faktanya banyak dari orang-orang yang kikir atau pelit ini, akan berbelit-belit saat diminta untuk bersedekah. Padahal setiap sedekah yang dilakukan seseorang, akan didoakan oleh para malaikat. Begitu juga sebaliknya, malaikat pun akan mendoakan mereka yang kikir atau pelit tersebut.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu anhu,ia berkata, RasulullahShallallahu 'alaihi wa salambersabda:

مَا مِنْ يَوْمٍ يُصْبِحُ الْعِبَادُ فِيْهِ إِلاَّ مَلَكَانِ يَنْزِلاَنِ فَيَقُوْلُ أَحَدُهُمَا: اَللَّهُمَّ أَعْطِ مُنْفِقًا خَلَفًا، وَيَقُوْلُ اْلآخَرُ: اَللَّهُمَّ أَعْطِ مُمْسِكًا تَلَفًا



"Tidak satu hari pun dimana seorang hamba berada padanya kecuali dua Malaikat turun kepadanya. Salah satu di antara keduanya berkata, 'Ya Allah, berikanlah ganti bagi orang yang berinfak.' Sedangkan yang lainnya berkata, 'Ya Allah, hancurkanlah harta orang yang kikir." (HR Bukhari dan Muslim)

Tafsir hadis di atas menurut Al-Malla 'Ali al-Qari adalah kikir dalam memberikan kebaikan atau harta bagi saudaranya yang muslim. Dalam tafsir yang lainnya, harta orang yang kikir atau pelit akan hancur dengan sendirinya. Atau bisa juga pemiliknya yang akan hancur dengan hartanya, atau kebaikannya akan hilang. Betapa mengerikannya bukan!(Baca juga :Pelarangan dan Keharaman Puasa di Hari Tasyrik)



Bahaya Besar Karena Sifat Kikir

Adabahaya besar yang akan timbul bila sifat kikir atau pelit ini menguasai kehidupan seseorang dan masyarakat. Dari Abdullah bin Amrradhiyallahu'anhu, ia berkata :

“Jauhkanlah diri kalian dari sifat kikir, karena sesungguhnya kikir itu talah menghancurkan umat-umat sebelum kalian. Kikir mendorong mereka berbuat zalim, lalu zalimlah mereka. Mendorong mereka memutuskan silaturrahim, lalu mereka pun memutuskannya. Mendorong mereka untuk berbuat jahat, lalu berbuat jahatlah mereka. Jauhkanlah diri kalian dari perbuatan zalim, karena sesungguhnya satu kezaliman membawa banyak kegelapan di hari kiamat. Jauhkanlah diri kalian dari perbuatan buruk, karena sesungguhnya Allah tidak mencintai perbuatan buruk dan tindakan yang buruk.” (HR Ahmad)
halaman ke-1 dari 2
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
cover top ayah
وَمَا خَلَقۡتُ الۡجِنَّ وَالۡاِنۡسَ اِلَّا لِيَعۡبُدُوۡنِ
Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan agar mereka beribadah kepada-Ku.

(QS. Az-Zariyat:56)
cover bottom ayah
preload video
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak