Khotbah Jumat: 3 Cara Menumbuhkan Cinta kepada Nabi Muhammad SAW

Jum'at, 29 September 2023 - 09:21 WIB
loading...
A A A
إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ ۚ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا

Artinya: "Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya." (QS Al-Ahzab Ayat 56)

Imam Al-Qurtubi dalam Kitab tafsirnya menjelaskan bahwa shalawatnya Allah kepada Nabi Muhammad berarti rahmat dan keridhoan-Nya kepada beliau. Sedangkan shalawatnya para Malaikat berarti doa dan permohonan ampun (istighfar) mereka bagi Rasulullah. Adapun shalawatnya umat beliau merupakan doa dan pengagungan terhadap kedudukan Rasulullah Muhammad ﷺ.

Di antara keutamaan membaca Sholawat kepada Rasulullah ﷺ adalah:

عن أنس قال : قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : ” من صلى علي صلاة واحدة ، صلى الله عليه عشر صلوات ، وحط عنه عشر خطيئات

"Dari Anas bin Malik radhiyallahu 'anhu berkata, Rasulullah ﷺ bersabda: "Siapa yang bersholawat kepadaku satu kali, Allah akan besholawat kepadanya 10 kali dan menghapus 10 dosa atau kesalahannya." (HR Ahmad)

Orang yang tidak bersholawat kepada Rasulullah ﷺ dihukumi sebagai orang yang pelit sebagaimana pesan Rasululllah berikut:

البخيل من ذكرت عنده، ثم لم يصل علي

Artinya: "Orang bakhil adalah orang yang bila disebut namaku, dia tidak bershalawat kepadaku." (HR Ahmad)

Maka perbanyaklah membaca sholawat apalagi di Hari Jumat. Sebab, sholawat kita akan disampaikan langsung kepada Rasulullah ﷺ:

إن من أفضل أيامكم يوم الجمعة: فيه خلق آدم ، وفيه قبض، وفيه الصعقة ، فأكثروا علي من الصلاة فيه، فإن صلاتكم معروضة علي. قلنا: يا رسول الله، كيف تعرض عليك صلاتنا وقد أرمت؟ يقولون: قد بليت؟ قال: إن الله عز وجل حرم على الأرض أن تأكل أجساد الأنبياء

Artinya: "Jumat merupakan hari yang paling mulia, sebab pada hari itu Nabi Adam diciptakan dan dicabut nyawanya, dan sangsakala Kiamat juga ditiup pada hari Jumat. Karenanya, perbanyaklah shalawat kepadaku. Sejatinya shalawat kalian itu sampai kepadaku." Kami berkata, "Bagaimana bisa sampai kepadamu padahal Engkau telah tiada? Bukankah jasadmu telah hancur?" tambah sahabat lainnya. "Sesungguhnya Allah mengharamkan bumi untuk menghancurkan tubuh para Nabi," jawab Nabi. (HR Ibnu Majah)

Dan orang yang sering bersholawat kepada Nabi sampai hari Kiamat namanya akan disampaikan oleh Malaikat kepada Rasulullah ﷺ.

عن عمار بن ياسر رضي الله عنه أن
النبي صلى الله عليه وسلم قال :
(إن الله وكل بقبري ملَكا أعطاه أسماء الخلائق ، فلا يصلي عليَّ أحد إلى يوم القيامة إلا أبلغني باسمه واسم أبيه : هذا فلان ابن فلان قد صلى عليك) .

Dari Ammar bin Yasir, Nabi ﷺ bersabda: "Sesunghuhnya Allah mengirim seorang malaikat yang diberikan kepadanya nama-nama makhluk, maka tidaklah seseorg berselawat kepadaku sampai kepada hari Kiamat melainkan Malaikat itu menyampaikan kepadaku namanya dan nama bapaknya fulan bin fulan telah bersholawat kepadamu." (HR Al-Bukhari fii Tarikh Alkabir, 6/416)

Kaum muslimin rahimakumullah!
Amalan ketiga yang dapat kita lakukan untuk menambahkan kecintaan kepada Rasulullah adalah menghidupkan sunnah Beliau.

3. Menghidupkan Sunnah Beliau
Dari 'Amr bin 'Auf bin Zaid al-Muzani radhiyallahu 'anhu, Rasulullah ﷺ bersabda:

مَنْ أَحْيَا سُنَّةً مِنْ سُنَّتِى فَعَمِلَ بِهَا النَّاسُ كَانَ لَهُ مِثْلُ أَجْرِ مَنْ عَمِلَ بِهَا لاَ يَنْقُصُ مِنْ أُجُورِهِمْ شَيْئًا

"Barangsiapa yang menghidupkan satu sunnah dari sunnah-sunnahku, kemudian diamalkan oleh manusia, maka dia akan mendapatkan (pahala) seperti pahala orang-orang yang mengamalkannya, dengan tidak mengurangi pahala mereka sedikit pun." (HR Ibnu Majah 209)

Itulah tiga amalan yang dapat kita hidupkan untuk menambah mahabbah kita kepada Nabi Muhammad ﷺ. Mudah-mudahan Allah memberi kita taufik dan memasukkan kita ke dalam golongan orang-orang yang mencintai Rasulullah ﷺ. Aamin.
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1753 seconds (0.1#10.140)