Pelayan-Pelayan Muda Penghuni Surga Menurut Surat Al-Ihsan Ayat 19

Jum'at, 06 Oktober 2023 - 12:00 WIB
loading...
Pelayan-Pelayan Muda Penghuni Surga Menurut Surat Al-Ihsan Ayat 19
Dalam al-Quran disebutkan, penghuni surga dikelilingi oleh pelayan-pelayan muda yang tetap muda. Ilustrasi: SINDOnews
A A A
Penduduk surga sungguh bak raja. Mereka masing-masing dilayani oleh seribu pelayan .Tiap pelayan mempunyai tugas tersendiri dalam melayani tuannya. Para pelayan itu semua muda dan tak pernah menua. Allah SWT berfirman:

وَيَطُوفُ عَلَيْهِمْ وِلْدَانٌ مُخَلَّدُونَ إِذَا رَأَيْتَهُمْ حَسِبْتَهُمْ لُؤْلُؤًا مَنْثُورًا

Wa yatuufu 'alaihim wildaanum mukhalladuuna izaa ra aytahum hasibtahum lu'lu 'am mansuura

Artinya: Dan mereka dikelilingi oleh pelayan-pelayan muda yang tetap muda. Apabila kamu melihat mereka, kamu akan mengira mereka mutiara yang bertaburan. ( QS Al-Insan : 19)



Ibnu Katsir dalam tafsirnya menjelaskan para pelayan surga berkeliling mengitari para penghuni surga untuk melayani mereka. Mereka tetap muda, yakni dalam suatu keadaan yang kekal, mereka tidak berubah dari keadaan itu dan usia mereka tidak bertambah dari usia mudanya.

"Mengenai pendapat ulama yang menakwilkan bahwa mereka (para pelayan surga) itu memakai gelang dan pada telinga mereka terdapat anting-anting, sesungguhnya hal ini tiada lain hanyalah berdasarkan terjemahan bebasnya. Mengingat mereka adalah anak-anak kecil dan keadaan yang seperti itulah yang pantas bagi mereka," ujar Ibnu Katsir.

"Apabila kamu melihat mereka, kamu akan mengira mereka mutiara yang bertaburan", maksudnya jika engkau lihat mereka menyebar dalam menunaikan tugasnya melayani majikan-majikan mereka penghuni surga, jumlah mereka yang banyak serta penampilan mereka yang cerah ceria, warna mereka dan juga pakaian dan perhiasan mereka yang indah-indah, tentulah kamu mengira mereka adalah mutiara yang bertaburan.

"Untuk menggambarkan keadaan mereka, tiada perumpamaan yang lebih indah selain dari mutiara yang bertaburan di tempat yang indah," jelas Ibnu Katsir.

(mhy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1607 seconds (0.1#10.140)