Hukum Bacaan Surat Thaha Ayat 8 Beserta Penjelasan, Cara Baca dan Artinya

Kamis, 26 Oktober 2023 - 11:05 WIB
loading...
Hukum Bacaan Surat Thaha Ayat 8 Beserta Penjelasan, Cara Baca dan Artinya
Bacaan surat Thaha ayat ke-8 menarik untuk menjadi kajian lantaran memiliki kaidan bacaan yang perlu diperhatikan. Surat ini masuk dalam golongan surat Makkiyah. Foto ilustrasi/ist
A A A
Bacaan surat Thaha ayat ke-8 menarik untuk menjadi kajian lantaran memiliki kaidan bacaan yang perlu diperhatikan. Surat ini masuk dalam golongan surat Makkiyah.

Surat Thaha terdiri dari 135 ayat dan termasuk golongan surat Makkiyah. Surat ini dinamai Thaha, diambil dari huruf-huruf yang terdapat pada ayat pertama surat ini.

Surat Thaha disebut juga sebagai salah satu surat yang dianjurkan untuk selalu dibaca dan dihafalkan. Anjuran tersebut termaktub dalam sebuah hadis.

Rasulullah SAW pernah bersabda:

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم: " إِنَّ اللَّهَ قَرَأَ " طه " وَ " يس " قَبْلَ أَنْ يَخْلُقَ آدَمَ بِأَلْفِ عَامٍ، فَلَمَّا سَمِعَتِ الْمَلَائِكَةُ قَالُوا: طُوبَى لِأَمَةٍ يَنْزِلُ عَلَيْهِمْ هَذَا وَطُوبَى لِأَجْوَافٍ تَحْمِلُ هَذَا، وَطُوبَى لِأَلْسُنٍ تَتَكَلَّمُ بِهَذَا


Artinya: Dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah Saw pernah bersabda: Sesungguhnya Allah telah membaca surat Thaha dan surat Yasin 1.000 tahun sebelum Dia menciptakan Adam. Ketika para malaikat mendengarnya, mereka mengatakan, "Beruntunglah bagi umat yang diturunkan kepada mereka surat ini. Beruntunglah bagi hati yang hafal surat ini, dan beruntunglah bagi lisan-lisan yang membacanya.”

Surat Thaha Ayat 8 dan Artinya

اَللّٰهُ لَآ اِلٰهَ اِلَّا هُوَۗ لَهُ الْاَسْمَاۤءُ الْحُسْنٰى


Latin: Allāhu lā ilāha illā huw(a), lahul-asmā'ul-ḥusnā.

Artinya: Allah tidak ada tuhan selain Dia. Milik-Nyalah nama-nama yang terbaik.

Dalam Surat Thaha ayat 8 ini banyak mengandung hukum tajwid di antaranya tafkhim, mad jaiz munfashil, mad wajib muttashil, mad thabi'i, dan alif lam qomariyah.

Hukum Tajwid Surat Thaha Ayat 8

1.
اَللّٰهُ
: Hukum tajwidnya tafkhim karena huruf lam jalalah diawali hamzah berharakat fathah. Cara membacanya tebal.

2.
لَآ اِلٰهَ
: Hukum tajwidnya ada 2. Pertama, Mad Jaiz Munfashil karena huruf mad bertemu hamzah di lain kalimat. Cara bacanya panjang 2, 4, atau 5 harakat. Kedua, Mad Thabi'i karena huruf lam berharakat fathah tegak. Cara membacanya panjang 2 harakat.

3.
اِلَّا
: Hukum tajwidnya mad thabi'i karena huruf lam berharakat fathah bertemu alif. Cara membacanya dipanjangkan 2 harakat.

4.
لَهُ الْاَسْمَاۤءُ
: Hukum tajwidnya ada 2. Pertama, alif lam qomariyah karena huruf lam bertemu hamzah. Cara membacanya jelas. Kedua, Mad Wajib Muttashil karena huruf mad bertemu hamzah dalam satu kata. Cara bacanya panjang 4 sampai 5 harakat.

5.
الْحُسْنٰى
: Hukum tajwidnya ada 2. Pertama, alif lam qomariyah karena huruf lam bertemu ha. Cara bacanya jelas. Kedua, Mad thabi;i karena huruf nun berharakat fathah tegak. Cara bacanya panjang 2 harakat.

Itulah ulasan hukum tajwid Surat Thaha ayat 8 yang dilengkapi dengan cara baca dan artinya. Semoga bermanfaat.

(wid)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2255 seconds (0.1#10.140)