Hukum Tajwid Surat Al-Kahfi Ayat 1-10 dan Penjelasannya

Rabu, 22 November 2023 - 09:15 WIB
loading...
A A A
Ada Qalqalah sugra, yaitu huruf ba yang berharakat mati (sukun). Cara bacanya memantul.

وَالرَّقِيۡمِۙ


(war Raqiimi)

Pertama, ada Alif lam syamsiyyah, karena alif lam bertemu dengan huruf ro (huruf syamsiyyah). Cara bacanya huruf lam di masukan ke huruf ro .

Kemudian, ada Mad thabi'i (mad asli). Alasannya karena sebelum ya mati ada huruf yang berbaris kasrah. Cara membacanya dibaca panjang 2 harakat.

10. Ayat 10

اِذۡ اَوَى الۡفِتۡيَةُ اِلَى الۡـكَهۡفِ فَقَالُوۡا رَبَّنَاۤ اٰتِنَا مِنۡ لَّدُنۡكَ رَحۡمَةً وَّهَيِّئۡ لَـنَا مِنۡ اَمۡرِنَا رَشَدًا


“Iz awal fityatu ilal Kahfi faqooluu Rabbanaaa aatinaa mil ladunka rahmatanw wa haiyi' lanaa min amrinaa rashadaa”

Artinya: (Ingatlah) ketika pemuda-pemuda itu berlindung ke dalam gua lalu mereka berdoa, "Ya Tuhan kami. Berikanlah rahmat kepada kami dari sisi-Mu dan sempurnakanlah petunjuk yang lurus bagi kami dalam urusan kami."

Hukum tajwid:

الۡفِتۡيَةُ


(al fityatu)

Kalimat di atas terdapat Alif lam qamariyah, karena alif lam bertemu dengan huruf fa (huruf Qamariyah). Cara membacanya lam mati dibaca jelas.

مِنۡ لَّدُنۡكَ


(mil ladunka)

Ada tajwid Idgham bilaghunah. Alasannya karena ada nun mati bertemu dengan huruf lam. Cara membacanya suara nun mati dimasukan ke huruf lam serta tidak memakai dengung.

مِنۡ اَمۡر


(min amri)

Terdapat bacaan Izhar halqi. Alasannya karena nun mati bertemu dengan huruf hamzah. Cara membacanya suara nun mati dibaca jelas.

Demikian ulasan mengenai hukum tajwid Surat Al Kahfi ayat 1-10. Semoga bermanfaat.



Wallahu a’lam
(wid)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1723 seconds (0.1#10.140)