Kisah Keterlibatan Israel dalam Genosida di Guatemala

Minggu, 17 Desember 2023 - 15:13 WIB
loading...
Kisah Keterlibatan Israel dalam Genosida di Guatemala
Israel terlibat dalam genosida di Guatemala. Foto/Ilustrasi: BBC
A A A
Pada bulan Oktober, tak lama setelah dimulainya perang Israel di Gaza yang kini telah menewaskan hampir 20.000 warga Palestina , Negeri Yahudi itu bertekad memusnahkan Hamas dari muka bumi – sebuah proyek yang mengharuskan militer Israel “meratakan tanah” di Gaza .

"Akhirnya, mereka benar-benar melakukannya satu bulan setelah perang. Militer Israel telah menjatuhkan setara dengan dua bom nuklir di wilayah pesisir Palestina yang kecil dan padat penduduknya," tulis kolomnis Al Jazeera, Belén Fernández, sebagaimana dilansir laman ini pada Sabtu, 16 Desember 2023.

Saat ini, ketika Israel terus menghancurkan wilayah yang telah dihancurkan secara menyeluruh, tampaknya Israel membawa konsep kebijakan bumi hangus ke tingkat yang baru.



Menurut kamus Referensi Oxford, istilah “kebijakan bumi hangus” pertama kali digunakan dalam bahasa Inggris pada tahun 1937 dalam sebuah laporan yang menggambarkan konflik Tiongkok-Jepang, di mana Tiongkok meratakan kota mereka sendiri dan membakar tanaman untuk mempersulit invasi Jepang.

Strategi ini telah terlihat dalam serangkaian konflik bersenjata di seluruh dunia, termasuk perang saudara selama 36 tahun di Guatemala yang berakhir pada tahun 1996 setelah menewaskan dan menghilangkan lebih dari 200.000 orang, terutama penduduk asli Maya.

Pada tahun 2013, mantan diktator Guatemala dan rekannya di Amerika Serikat, Efraín Ríos Montt – yang mengawasi sebagian besar perang berdarah pada awal tahun 1980an – dinyatakan bersalah melakukan genosida di pengadilan Guatemala.

Belén Fernández mengingatkan meskipun intrik peradilan yang terjadi setelahnya dan kematian Ríos Montt karena serangan jantung menyelamatkan pria tersebut dari penebusan dosa atas kejahatannya, Anda mungkin mengatakan bahwa kebenarannya tidak mudah dihapuskan “dari muka bumi”.



Memang benar, bumi hangus adalah komponen utama dari pendekatan genosida yang dilakukan tentara Guatemala terhadap musuh-musuhnya, dan ratusan desa masyarakat adat dihancurkan bersama dengan persediaan air, tanaman, dan hal-hal lain yang mungkin dapat menopang kehidupan.

"Dan tahukah Anda," ujar Belén Fernández. "Kebiadaban negara Guatemala didorong oleh negara Israel, yang sudah memiliki pengalaman beberapa dekade dalam memberantas kehidupan masyarakat adat di Palestina membuat gurun berkembang”.

Sebagaimana dicatat oleh jurnalis Gabriel Schivone dalam sebuah artikel untuk Kongres Amerika Utara untuk Amerika Latin (NACLA), para penasihat Israel tidak hanya membantu memastikan keberhasilan kudeta militer tahun 1982 yang membawa Ríos Montt ke tampuk kekuasaan, namun Israel juga membantu setiap aspek serangan pada rakyat Guatemala dari akhir tahun 1970an hingga dekade berikutnya.



Bagi pemerintahan Guatemala berturut-turut, tulis Schivone, Israel telah menjadi penyedia utama pelatihan pemberantasan pemberontakan, persenjataan ringan dan berat, pesawat terbang, teknologi dan infrastruktur intelijen canggih, dan bantuan penting lainnya.

Sesuai dengan jenis penghujatan yang “mekar di gurun pasir”, Israel juga dipuji karena membantu Guatemala dalam usaha pertanian selama era perang saudara – karena jelas tidak ada yang lebih baik bagi pertanian selain bumi hangus.
(mhy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1356 seconds (0.1#10.140)