Israel akan Usir Warga Palestina Keluar dari Rafah, Jalur Gaza

Rabu, 14 Februari 2024 - 14:53 WIB
loading...
A A A


Mereka terus menyebarkan kebohongan bahkan setelah badan-badan PBB dan organisasi internasional – seperti Save the Children, Doctors Without Borders (Medecins Sans Frontieres, atau MSF), Amnesty International, dll – semuanya sepakat bahwa tidak ada tempat yang aman di Gaza.

Bahkan media Barat – termasuk The New Yorker, majalah Time dan Deutsche Welle – mulai melihat disinformasi Israel dan melaporkan kenyataan bahwa tidak ada tempat yang aman di Gaza.

Haruskah tentara yang sama yang membunuh lebih dari 28.000 warga Palestina dan menghancurkan atau merusak lebih dari 60 persen rumah di Gaza dapat dipercaya untuk memberikan “jalan yang aman” sekarang?

Hamas dari Schrodinger

Marc Owen Jones mengatakan di masa lalu, seperti dalam perang ini, Israel berulang kali menyalahkan Hamas dan kelompok bersenjata Palestina lainnya atas pembunuhan warga sipil. Mereka berulang kali mengklaim bahwa pejuang Palestina dan komandan mereka menggunakan penduduk sipil sebagai “perisai manusia”.

Namun klaim ini tidak sesuai dengan data yang dirilis oleh militer Israel sendiri. Pada bulan Januari, Israel mengklaim bahwa mereka telah membunuh 10.000 pejuang Palestina (9.000 di Gaza dan 1.000 di dalam Israel), melukai 8.000 orang, menangkap 2.300 orang dan melenyapkan dua pertiga resimen Hamas. Mereka juga mengatakan telah “menyerang” 30.000 sasaran di Gaza.



Jika tentara Israel – yang paling bermoral di dunia berdasarkan penilaian mereka sendiri – hanya “menyerang” sasaran militer, kita akan berpikir bahwa setidaknya 30.000 pejuang akan terbunuh atau terluka.

"Dan jika kita mengikuti klaim Netanyahu bahwa dari satu warga sipil Palestina yang terbunuh, maka satu pejuang Palestina telah tersingkir, maka kita mendapatkan jumlah korban tewas yang ditolak oleh intelijen Israel," tulis Marc Owen Jones.

Menurutnya, yang terakhir ini rupanya menggunakan data internal Kementerian Kesehatan Gaza, yang berulang kali dipertanyakan oleh pemerintah Israel.

Dengan kata lain, data tentara Israel mengkonfirmasi bahwa mereka menyerang sasaran sipil dan Netanyahu berbohong tentang rasio kematian sipil-militer di Gaza.

Namun ada kontradiksi lain dalam narasi resmi Israel yang diungkapkan oleh data ini.

Hamas, menurut perkiraan Israel, memiliki setidaknya 30.000 pejuang sebelum perang. Jika kita percaya bahwa tentara Israel mengklaim bahwa mereka telah membersihkan Hamas dari wilayah yang mereka serang di Jalur Gaza dan bahwa Rafah adalah “benteng terakhir Hamas”, itu berarti setidaknya 10.000 orang berada di Rafah pada bulan Januari ketika warga Palestina masih berada di sana. Di sisi lain, Israel memberi tahu bahwa kota tersebut adalah zona aman.



Jika, seperti klaim Israel, Hamas menggunakan perisai manusia, maka Israel hanya mengakui bahwa mereka mendorong penduduk sipil ke wilayah di mana mereka akan menjadi sasaran karena Hamas ada di sana.

Ternyata, dalam perang melawan kenyataan ini, Israel dapat secara bersamaan mengatakan bahwa mereka sedang mengevakuasi warga sipil ke tempat yang aman sambil mengatakan bahwa Hamas menggunakan mereka sebagai tameng manusia. "Entah bagaimana, Hamas ada di mana-mana dan tidak di mana pun pada saat yang bersamaan," ujar Marc Owen Jones.

Di balik kebohongan-kebohongan ini terdapat formula kebenaran sejati yang dijalankan Israel: Ke mana Hamas pergi, warga sipil pergi, ke mana warga sipil pergi, Hamas pergi. Untuk mengalahkan Hamas, kita juga harus menyingkirkan warga sipil.

Nakba adalah Keamanan

Bukan rahasia lagi bahwa pemerintah Israel telah merencanakan dan melobi agar warga Palestina diusir ke Semenanjung Sinai. Pada awal bulan Oktober, sebuah dokumen dari Kementerian Intelijen Israel muncul yang dengan jelas menguraikan deportasi penduduk Palestina di Gaza ke wilayah Mesir.
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2271 seconds (0.1#10.140)