Kisah Abu Jawad Pengurus Jenazah Korban Gaza: Kami adalah Orang Mati

Kamis, 29 Februari 2024 - 15:46 WIB
loading...
Kisah Abu Jawad Pengurus Jenazah Korban Gaza: Kami adalah Orang Mati
Abu Jawad: Bagi saya, mereka yang terbunuh masih hidup dan kami mati karena kami mati secara perlahan. Foto: Al Jazeera
A A A
Sebelum 7 Oktober, Saadi Hassan Sulieman Baraka, sapaan akrab Abu Jawad, punya rutinitas.

Dia akan melaksanakan salat subuh , menikmati dukkah dan zaatar dengan minyak zaitun untuk sarapan, dan kemudian menuju ke timur Deir el-Balah untuk merawat pohon palem dan zaitunnya. Kini rutinitas itu tidak ada lagi.

Pria berusia 64 tahun ini adalah seorang pengurus rumah tangga Islam. Pekerjaan ini telah dia lakukan selama beberapa dekade sebelum perang Israel di Gaza pecah.

Kini, ayah 10 anak dan kakek 116 anak asal Palestina ini bekerja dengan jam kerja yang panjang, menguburkan lebih banyak orang dalam sehari daripada yang pernah ia bayangkan.



Ketenangan Hilang

Abu Jawad adalah salah satu penghuni pertama kamp pengungsi Deir el-Balah di Gaza tengah. Ia tinggal di sebuah rumah kecil bersama istri dan ibunya yang berusia 104 tahun.
Kisah Abu Jawad Pengurus Jenazah Korban Gaza: Kami adalah Orang Mati

Dia adalah seorang pria sederhana, bersemangat, murah hati yang dikenal sebagai “Detak Jantung Deir el-Balah”, dan dia merasakan gangguan terhadap kehidupan tenangnya dengan sangat dalam, baik secara mental maupun fisik.

“Berat badan saya turun 30kg, saya tidak bisa tidur di malam hari, atau makan, setelah penguburan. Gambaran yang saya lihat adalah … horor murni. Itu tidak akan hilang dari pikiranku.”

“Saya telah menguburkan sekitar 10 kali lebih banyak orang selama perang ini dibandingkan yang saya lakukan selama 27 tahun saya menjadi pengurus pemakaman. Paling sedikit 30 orang dan paling banyak 800 orang. Sejak 7 Oktober, saya sudah menguburkan lebih dari 17.000 orang.

“Setiap hari, kuburan dipenuhi orang-orang yang menangisi makam kekasihnya atau jenazahnya saat menunggu untuk dikuburkan,” kata Abu Jawad.

“Sekarang, hidup saya seperti ini,” kata Abu Jawad. “Saya bekerja di pemakaman dari jam 6 pagi sampai jam 6 sore, terkadang lebih lama. Saya menyiapkan kain kafan, membangun kuburan, memimpin salat jenazah, meratapi, dan menguburkan.



“Ada empat pengungsi dari Khan Younis yang membantu saya. Apa yang kami lakukan adalah sukarela, kami telah ditawari uang, makanan, dan bantuan, namun kami tidak menginginkan apa pun kecuali pahala dari Tuhan dan belas kasihan bagi para syuhada yang kami kubur setiap hari.

“Fakta bahwa hampir semua pemakaman kami dilakukan secara massal sungguh memilukan; kebanyakan dari mereka termasuk keluarga yang musnah. Kami mempersiapkan kuburan keluarga besar untuk mengantisipasi terjadinya pembantaian. Kami hanya memiliki dua kuburan di Deir el-Balah; yang satu sekarang sudah penuh, dan yang lainnya kehabisan ruang.”

Kisah Abu Jawad Pengurus Jenazah Korban Gaza: Kami adalah Orang Mati


Kami adalah Orang Mati

Pada hari ketika gencatan senjata singkat dimulai pada bulan November, Abu Jawad ingat harus menguburkan 800 orang, kebanyakan anak-anak.

“Kami mengumpulkan mereka berkeping-keping, tubuh mereka berlubang-lubang sehingga seperti penembak jitu Israel menggunakannya untuk latihan sasaran. Yang lainnya hancur seperti… seperti kentang rebus dan banyak yang mengalami luka bakar parah di bagian wajah.

“Kami tidak bisa membedakan tubuh seseorang dari orang lain, tapi kami melakukan yang terbaik. Kami membuat satu kuburan besar yang dalam, mungkin sedalam 10 meter, dan menguburkannya bersama-sama.

Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1321 seconds (0.1#10.140)