Kisah Penyandang Disabilitas Disiksa Tentara Israel, Meninggal dalam Tahanan

Minggu, 17 Maret 2024 - 05:34 WIB
loading...
A A A
Ezz al-Din, yang terpisah dari anggota keluarganya, menghadapi kesulitan tambahan, karena ia tidak diberi makanan dan air serta dipukuli dengan kejam oleh tentara.

Mohammed dibebaskan setelah diinterogasi dan kemudian diperintahkan berjalan ke Jalur Gaza selatan.

Ezz dibawa pergi oleh tentara Israel tanpa kursi rodanya.



Mohammed tidak dapat melihat ke mana sepupunya dibawa karena penembak jitu di belakangnya melepaskan tembakan ke arah siapa pun yang berbalik.

Seorang tentara Israel juga memperingatkannya bahwa jika dia melihat ke kiri atau ke kanan, sebuah peluru tank akan ditembakkan ke arahnya.

“Tapi kami tahu mereka membawa Ezz ke penjara,” kata Mohammed.

Mangsa yang Mudah

Sebelum Israel mulai membombardir Gaza setelah tanggal 7 Oktober, jumlah penyandang disabilitas hanya dua persen dari 2,3 juta penduduk di wilayah kantong tersebut.

Artinya, sekitar satu dari lima rumah tangga di Gaza memiliki setidaknya satu anggota keluarga penyandang disabilitas, menurut Biro Pusat Statistik Palestina (PCBS).

Menurut perkiraan kelompok hak asasi manusia setempat, serangan terbaru Israel telah mengakibatkan sekitar 12.000 kasus kecacatan baru sejauh ini.

Lebih dari 70.000 orang terluka dalam berbagai tingkat keparahan sejak perang dimulai.



Zarif al-Ghurra, seorang aktivis hak-hak penyandang disabilitas di Gaza dan teman Ezz al-Din, mengatakan Banna menjadi cacat setelah kecelakaan pada tahun 2007.

Insiden tersebut mengakibatkan kelumpuhan pada tubuh bagian bawah dan kesulitan dalam menjalankan fungsi dasar tubuh.

“Ezz telah lama mencoba untuk menantang kecacatannya, dan sering bepergian ke Turki dan Mesir untuk berobat,” kenang Ghurra.

“Selama serangan ini, dia menjadi mangsa empuk bagi pendudukan Israel,” tambahnya.

“Saat tentara Israel menyerbu tempat tinggal Ezz, sebagian besar warga berhasil melarikan diri, namun dia tidak bisa karena cacatnya.

“Dia ditahan bersama saudara laki-lakinya, yang menolak meninggalkannya.”

Kematian dalam Tahanan
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1828 seconds (0.1#10.140)