Mengapa ISIS Menyerang Rusia? Salah Satunya Dianggap Menindas Muslim

Sabtu, 23 Maret 2024 - 19:26 WIB
loading...
Mengapa ISIS Menyerang Rusia? Salah Satunya Dianggap Menindas Muslim
Lebih dari 115 orang tewas dan hampir 120 lainnya terluka menyusul serangan teroris terhadap penonton konser di Balai Kota Crocus Moskow. Foto: AL Jazeera
A A A
Lebih dari 115 orang tewas dan hampir 120 lainnya terluka menyusul serangan kurang ajar terhadap penonton konser di Balai Kota Crocus Moskow sebelum pertunjukan band rock era Soviet pada hari Jumat, 22 Maret 2024.

Analis pertahanan dan keamanan mengatakan kelompok tersebut telah menargetkan propagandanya kepada Presiden Rusia Vladimir Putin dalam beberapa tahun terakhir atas dugaan penindasan terhadap Muslim oleh Rusia .

Kabir Taneja, seorang peneliti di program Studi Strategis dari Observer Research Foundation – sebuah wadah pemikir yang berbasis di New Delhi, India – mengatakan bahwa Rusia dipandang oleh kelompok-kelompok tersebut sebagai “kekuatan salib melawan Muslim”.

“Rusia telah menjadi target ISIS dan bukan hanya ISKP (ISIS-K) sejak awal,” kata Taneja, penulis buku The ISIS Peril, kepada Al Jazeera.



“ISKP menyerang kedutaan Rusia di Kabul pada tahun 2022, dan selama berbulan-bulan badan keamanan Rusia telah meningkatkan upaya mereka untuk menekan ekosistem pro-ISIS baik di Rusia maupun di sekitar perbatasannya, khususnya di Asia Tengah dan Kaukus,” katanya.

Pada awal Maret, Dinas Keamanan Federal Rusia, yang lebih dikenal sebagai FSB, mengatakan pihaknya telah menggagalkan rencana ISIS untuk menyerang sinagoga di Moskow.

ISIS dan Rusia juga telah lama menjadi musuh di medan perang lain, seperti Suriah, di mana kekuatan udara dan dukungan Moskow terhadap rezim Bashar al-Assad sangat penting dalam memukul mundur kemajuan yang dicapai para pejuang ISIS di tahun-tahun awal perang saudara.

Pasukan Rusia juga dituduh oleh kelompok hak asasi manusia dan front oposisi lainnya di Suriah melakukan pelanggaran dan tindakan berlebihan terhadap warga sipil melalui kampanye pengeboman mereka.



"Hubungan dekat Moskow dengan Israel juga merupakan kutukan terhadap ideologi ISIS," kata Taneja.

“Jadi gesekan ini bukanlah hal baru secara ideologis, namun secara taktis,” katanya kepada Al Jazeera.

Ada faktor lain juga: Kelompok bersenjata yang jauh dari perhatian dunia telah berkumpul kembali menjadi kekuatan yang tangguh setelah mengalami kemunduran di Suriah dan Iran.

“ISKP di Afghanistan telah berkembang kekuatannya secara signifikan… dan bukan hanya ISKP, ISIS di wilayah operasi aslinya, Suriah dan Irak, juga mengalami peningkatan dalam kemampuan operasionalnya,” kata Taneja.

Saat ini, tambahnya, mereka “secara ideologis kuat meskipun tidak secara politis, taktis atau strategis… lebih kuat lagi”.

Hal ini menimbulkan tantangan bagi dunia yang terganggu, katanya.

“Bagaimana cara mengatasi hal ini adalah pertanyaan besar di saat persaingan negara-negara besar dan gejolak geopolitik global telah menempatkan kontraterorisme di posisi belakang,” tambah Taneja.

(mhy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3660 seconds (0.1#10.140)