Fintech: Pilihan Investasi Halal yang Jauh Lebih Nyaman dan Mudah

Jum'at, 29 Maret 2024 - 20:34 WIB
loading...
Fintech: Pilihan Investasi Halal yang Jauh Lebih Nyaman dan Mudah
Generasi muda lebih terbuka untuk berinvestasi secara onlin. Ilustrasi: Ist
A A A
Majalah FinTech melaporkan pada bulan Desember tahun lalu bahwa meskipun umat Islam merupakan seperempat populasi dunia, hanya satu persen dari aset keuangan yang memenuhi syarat sesuai syariah . Hal ini akan berubah, kata para ahli, dengan hadirnya “fintech” – teknologi keuangan yang dapat membuat investasi lebih mudah diakses oleh konsumen biasa dan investor individu.

“Umat Islam pada umumnya tidak memiliki pendidikan yang baik dalam hal berinvestasi, dan hal ini sebagian disebabkan oleh kurangnya pilihan yang tersedia bagi mereka sebagai Muslim. Bahkan informasi dasar mengenai investasi syariah seringkali tidak tersedia bagi sebagian besar penduduk Muslim,” kata Ibrahim Khan, salah satu pendiri platform keuangan online Islamic Finance Guru, dalam sebuah wawancara dengan Majalah FinTech.

Namun, kebangkitan media sosial telah berkontribusi pada peningkatan kesadaran dan pertumbuhan signifikan dalam keuangan syariah . Selain itu, fintech telah membuat pilihan investasi halal, yang seringkali jauh lebih nyaman dan mudah digunakan dengan smartphone atau laptop, menjadi lebih mudah diakses.



Grup konsultan McKinsey & Company menerbitkan penelitian pada bulan Januari tahun ini yang menunjukkan bahwa “pendapatan di industri fintech diperkirakan akan tumbuh hampir tiga kali lebih cepat dibandingkan pendapatan di sektor perbankan tradisional antara tahun 2023 dan 2028”.

“Ponsel Anda sering kali secara fisik merupakan benda yang paling dekat dengan Anda. Fintech dapat memulai dari paradigma ini dan membangun solusi yang efisien serta meningkatkan transparansi dan pilihan bagi pelanggan ritel. Di sinilah banyak aksi terjadi. Banyak bank kini menciptakan solusi berbasis fintech atau mengakuisisi pemain fintech,” kata Shaikh dari Dewan Keuangan Islam Inggris (UKIFC) kepada Al Jazeera.

Munshi menambahkan, nilai jual fintech adalah usia target audiensnya.

“Generasi muda lebih terbuka untuk berinvestasi secara online,” kata Munshi, yang perusahaannya mengoperasikan platform dan komunitas online untuk peluang keuangan dan investasi alternatif.

McKinsey & Company menunjukkan bahwa industri fintech meningkatkan modal dalam jumlah besar pada paruh kedua tahun 2010-an. Pendanaan modal ventura tumbuh dari USD19,4 miliar pada tahun 2015 menjadi USD33,3 miliar pada tahun 2020, meningkat sebesar 17 persen dari tahun ke tahun.



Pada Juli 2023, perusahaan fintech yang diperdagangkan secara publik memiliki kapitalisasi pasar gabungan sebesar USD550 miliar, dua kali lipat dibandingkan tahun 2019, menurut penelitian tersebut.
(mhy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1256 seconds (0.1#10.140)