Panduan Cara Membuat Visa Umrah 2024

Selasa, 30 April 2024 - 05:15 WIB
loading...
Panduan Cara Membuat Visa Umrah 2024
Berikut ini panduan cara membuat visa umrah 2024. Ilustrasi: himpuh
A A A
Berikut ini panduan cara membuat visa umrah 2024. Perlu diketahui, visa umrah adalah dokumen resmi yang dikeluarkan oleh pemerintah Arab Saudi sebagai izin bagi jemaah untuk melakukan ibadah umrah. Arab Saudi telah mengizinkan jemaah untuk melakukan ibadah umrah dengan visa mandiri atau kerap disebut umrah mandiri (backpacker).

Ada dua cara untuk mendapatkan visa umrah, yaitu melalui agen umrah atau secara mandiri. Melalui agen umrah, jemaah tidak perlu repot mengurus sendiri dokumen dan prosesnya, tetapi harus mengikuti paket dan jadwal yang ditentukan oleh agen.

Sedangkan secara mandiri, jemaah bisa lebih fleksibel dalam menentukan waktu dan biaya perjalanan, tetapi harus mengurus sendiri dokumen dan prosesnya. Berikut panduan lengkapnya.



1. Pendaftaran ke provider umrah

Langkah pertama adalah memilih provider visa umrah terbaik dan terpercaya. Provider visa umrah adalah perantara yang bekerja sama dengan muasasah, yaitu penyelenggara umrah di Arab Saudi.

Provider visa umrah harus terdaftar di Kementerian Agama (Kemenag) dan memiliki izin resmi. Ini bisa cek statusnya di situs web simpu.kemenag.go.id.

Setelah memilih provider visa umrah, langlah selanjutnya mendaftarkan diri dan melengkapi berkas persyaratan yang dibutuhkan, antara lain:

- Paspor asli yang masih berlaku minimal 6 bulan
- Foto berwarna ukuran 4x6 cm dengan latar belakang putih
- Surat keterangan sehat dari dokter
- Surat izin dari keluarga atau atasan (jika diperlukan)
- Bukti pembayaran biaya visa umrah



2. Menunggu MOFA terbit

Langkah kedua adalah menunggu provider visa umrah mendapatkan MOFA. MOFA adalah surat konfirmasi yang dikeluarkan oleh Kementerian Haji Arab Saudi untuk jemaah umrah. Surat ini berisi data diri, nomor paspor, dan nomor visa jemaah. Surat ini hanya berlaku selama 15 hari.

Provider visa umrah akan memasukkan data pengajuan ke muasasah, yang kemudian akan menerbitkan MOFA. Proses ini biasanya memakan waktu sekitar 1-2 minggu, tergantung pada kebijakan pemerintah Arab Saudi.

3. Penerbitan visa umrah

Langkah ketiga adalah penerbitan visa umrah. Setelah mendapatkan MOFA, provider visa umrah akan mengajukan penerbitan visa ke Kedutaan Besar Arab Saudi (KBSA) selaku otoritas berwenang. Dokumen yang dibutuhkan adalah paspor asli dan tiket perjalanan asli.

KBSA akan memeriksa kelayakan penerbitan visa bagi jemaah. Jika tidak ada masalah, visa umrah akan diterbitkan dan ditempel di paspor. Proses ini cukup cepat, hanya membutuhkan waktu 1-2 hari kerja.



4. Penyerahan visa Umrah

Langkah terakhir adalah penyerahan visa umrah. Setelah visa umrah terbit, provider visa umrah akan menerima kembali visa tersebut secara kolektif dari KBSA.

Kemudian, provider visa umrah akan menyerahkan visa tersebut kepada jemaah, beserta dokumen lainnya seperti asuransi, kartu identitas, dan buku panduan umrah.
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1924 seconds (0.1#10.140)