Kisah 35.000 Pasukan Salib Kalahkan 10.000 Pasukan Turki Seljuk Rum

Sabtu, 27 Juli 2024 - 13:04 WIB
loading...
Kisah 35.000 Pasukan...
Pasukan Salib dari berbagai negara di Eropa akhirnya terbentuk pada tahun 1096. Ilustrasi: Ist
A A A
Perang Salib I berlangsung selama 3 tahun, yaitu dari tahun 1096-1099. Asal mula perangini adalah atas permintaan Raja Byzantium Alexios I Komnenos kepada Paus Urbanus II untuk membantu Byzantium dalam mengalahkan Turki Seljuk di Anatolia.

Jonathan Harris dalam bukunya berjudul "Byzantium and the Crusades" (London: Bloomsbury Academic, 2014) menyebut deklarasi suci didengungkan Paus Urbanus II pada 27 November 1095.

Pasukan Salib dari berbagai negara di Eropa akhirnya terbentuk pada tahun 1096 dan disepakati bahwa sebelum ke Yerusalem , pasukan Salib harus menuju Konstantinopel terlebih dahulu yang bertujuan untuk membantu Byzantium mengalahkan Turki Seljuk atas permintaan Kaisar Alexios I Komnenos.

Pasukan Salib menuju Konstantinopel melalui darat dan laut. Jalur darat menuju Konstantinopel harus dilalui pasukan Salib dengan melewati daerah pegunungan yang sangat banyak di daerah Balkan.



Perjalanan darat lebih aman, namun banyak halangan dan memakan waktu perjalanan yang cukup lama. Jalur kedua adalah laut dengan mengarungi Laut Mediterania . Jalur laut lebih bahaya karena pada waktu itu pelayaran masih tergantung oleh cuaca, namun Konstantinopel akan lebih cepat dicapai jika ditempuh dari Pelabuhan Messina, Bari, ataupun Venesia.

Pada musim panas tahun 1096 pasukan Salib tiba di Konstantinopel. Konstantinopel dijadikan tempat untuk mengumpulkan pasukan dari Eropa Barat yang menempuh jalan yang berbeda-beda, baik darat maupun laut.

Terdapat empat pimpinan pasukan Salib yang terkenal dari Eropa Barat yang datang di Konstantinopel. Pasukan yang datang pertama adalah Hugh Vermandois, anak Raja Prancis, Henry I.

Dalam perjalanannya dari Prancis ke Konstantinopel, ia melakukan perjalanan lewat laut melalui Bari, Italia. Pasukan kedua yang tiba di Konstantinopel adalah Godfrey Bouillon, berasal dari Prancis, tepatnya di Boulogne.

Berbeda dengan Hugh Vermandois, Godfrey melewati jalan darat yang sangat berat setelah melewati Hungaria.

Pasukan ketiga adalah pasukan dari Raymond IV, penguasa Toulouse, Prancis. Raymond melewati jalur darat untuk sampai ke Konstantinopel.



Pasukan keempat adalah pasukan Bohemond dari Taranto, Sisilia. Bohemond juga memakai jalur darat, jalur yang sama yang dilewati Raymond.

Jonathan Riley-Smith dalam bukunya berjudul "The First Crusade and Idea of Crusading" (New York: Continuum, 2003) menyebut Bohemond dan pasukannya yang mayoritas terdiri dari orang-orang Italia pada waktu itu lebih memilih jalur darat walaupun mereka lebih mudah mencapai Konstantinopel melalui jalur laut.

Keempat pemimpin tersebut merupakan perpaduan pasukan Salib yang solid karena mempunyai keimanan Kristen yang kuat dan pasukan yang terlatih.

Pasukan dari keempat pemimpin tersebut didukung lagi oleh pasukan dari Alexios I Komnenos yang sangat berjasa mengantarkan pasukan Salib melewati Selat Bosporus menuju Asia Minor atau Anatolia yang dikuasai oleh Turki Seljuk.

Pasukan Salib dari keempat kesatria tersebut diperkirakan berjumlah 35.000 orang yang terdiri dari 30.000 prajurit infantri dan 5000 prajurit berkuda.

Seperti rencana sebelumnya, Yerusalem adalah tujuan akhir dari pasukan Salib. Pembebasan Yerusalem adalah misi utama dari pasukan Salib, namun permintaan Alexios I Komnenos harus terpenuhi yaitu mengalahkan Turki Seljuk di Anatolia.

Jadi pasukan Salib harus melewati jalur darat hingga sampai ke Yerusalem dari Konstantinopel.

Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3213 seconds (0.1#10.140)