7 Amalan Rebo Wekasan, Tradisi khas Umat Muslim di Jawa

Rabu, 28 Agustus 2024 - 09:54 WIB
loading...
7 Amalan Rebo Wekasan,...
Perayaan rebo wekasan didasari oleh kepercayaan masyarakat muslim di daerah Jawa yang telah berkembang, dan turun temurun. Mereka percaya, hari rabu terakhir di bulan Safar mendatangkan kesialan bagi kehidupannya karenanya perlu melakukan amalan-amalan ya
A A A
Rebo Wekasan merupakan sebuah tradisi perayaan yang diadakan pada hari Rabu terakhir di bulan Safar. Biasanya tradisi ini dilakukan oleh masyarakat muslim yang tinggal di daerah Jawa, seperti Kudus dan Banyuwangi. Pada tahun ini, rebo wekasan jatuh pada tanggal 04 September 2024 atau 30 Safar 1446 H.

Perayaan Rebo Wekasan didasari oleh kepercayaan masyarakat muslim di daerah Jawa yang telah berkembang, dan diterapkan secara turun temurun. Mereka percaya, bahwa setiap hari rabu terakhir di bulan Safar mendatangkan kesialan bagi kehidupannya. Maka dari itu, harapan mereka dengan mengadakan amalan pada Rebo Wekasan adalah untuk mendoakan keluarga dan kerabatnya agar terhindar dari kesialan, dan dilindungi oleh Allah SWT.

Adapun 7 amalan yang biasanya dilakukan untuk merayakan Rebo Wekasan , yakni sebagai berikut :

1. Salat Sunnah sebanyak 4 rakaat dan 2 salam, dengan bacaan surat Al - Fatihah 1x, surat Al - Kautsar 17x, surat Al - Ikhlas 5x, surat Al - Alaq 1x, dan surat An - Nas 1x
2. Pengajian
3. Membaca do’a talak bala
4. Ziarah kubur
5. Mandi safar
6. Makan ketupat bersama
7. Minum air yang telah didoakan

Namun kini, terdapat beberapa amalan rebo wekasan yang sudah jarang dilakukan, seperti makan ketupat bersama, dan mandi safar. Terlebih beberapa masyarakat kini mempercayai, bahwa pada dasarnya tidak ada hari yang selalu ditetapkan sebagai hari pembawa kesialan, melainkan kita harus selalu meyakini bahwa setiap hari pasti memiliki manfaat untuk kehidupan kita.


Wallahu A'lam
(wid)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2488 seconds (0.1#10.140)