Topik Terkait: Bulan Keselamatan

  • Memasuki Bulan Rajab,...
    Tausyiah
    Kamis, 11 Januari 2024 - 05:15 WIB
    Sebentar lagi, umat Islam akan memasuki bulan Rajab, salah satu bulan haram yang sangat istimewa. Untuk itu, dianjurkan mengisinya dengan beramal saleh dan menjauhi dosa-dosa
  • Mengenal 9 Peristiwa...
    Hikmah
    Jum'at, 07 Juni 2024 - 05:15 WIB
    Di bulan Dzulhijjah terdapat beberapa sejarah penting atau peristiwa mulia yang pernah terjadi pada bulan tersebut. Peristiwa penting apa saja yang penting diketahui umat muslim ini?
  • Amalan-amalan yang Dianjurkan...
    Tips
    Minggu, 08 Agustus 2021 - 05:00 WIB
    Bulan Muharram termasuk bulan yang dimuliakan Allah Taala. Dan Bulan Maharram tinggal beberapa hari lagi tepatnya pada 10 Agustus 2021, dimulainya 1 Muharram 1443 Hijriyah.
  • Mengapa Dzulhijjah Disebut...
    Tausyiah
    Senin, 11 Juli 2022 - 23:46 WIB
    Mengapa Dzulhijjah disebut bulan haram? Dzulhijjah adalah bulan ke-12 dalam kalender Hijriyah. Bulan ini dipahami sebagai bulannya orang berhaji ke Mekkah.
  • Dalil-dalil Keutamaan...
    Tausyiah
    Minggu, 16 Juli 2023 - 10:03 WIB
    Menyambut bulan Muharram atau awal tahun baru Islam, umat muslim dianjurkan menyambutnya dengan memperbanyak amal ibadah maupun amalan. Karena banyak sekali fadhilah (keutamaan) dan amaliyah (amalan ibadah sunnah) pada bulan tersebut.
  • cover top ayah
    اِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ اذۡكُرۡ نِعۡمَتِىۡ عَلَيۡكَ وَعَلٰى وَالِدَتِكَ‌ ۘ اِذۡ اَيَّدْتُكَ بِرُوۡحِ الۡقُدُسِ تُكَلِّمُ النَّاسَ فِىۡ الۡمَهۡدِ وَكَهۡلًا ‌ ۚوَاِذۡ عَلَّمۡتُكَ الۡـكِتٰبَ وَالۡحِكۡمَةَ وَالتَّوۡرٰٮةَ وَالۡاِنۡجِيۡلَ‌ ۚ وَاِذۡ تَخۡلُقُ مِنَ الطِّيۡنِ كَهَيْئَةِ الطَّيۡرِ بِاِذۡنِىۡ فَتَـنۡفُخُ فِيۡهَا فَتَكُوۡنُ طَيۡرًۢا بِاِذۡنِىۡ‌ وَ تُبۡرِئُ الۡاَكۡمَهَ وَالۡاَبۡرَصَ بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ تُخۡرِجُ الۡمَوۡتٰى بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ كَفَفۡتُ بَنِىۡۤ اِسۡرَآءِيۡلَ عَنۡكَ اِذۡ جِئۡتَهُمۡ بِالۡبَيِّنٰتِ فَقَالَ الَّذِيۡنَ كَفَرُوۡا مِنۡهُمۡ اِنۡ هٰذَاۤ اِلَّا سِحۡرٌ مُّبِيۡنٌ
    Dan ingatlah ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Ingatlah nikmat-Ku kepadamu dan kepada ibumu sewaktu Aku menguatkanmu dengan Rohulkudus. Engkau dapat berbicara dengan manusia pada waktu masih dalam buaian dan setelah dewasa. Dan ingatlah ketika Aku mengajarkan menulis kepadamu, (juga) Hikmah, Taurat dan Injil. Dan ingatlah ketika engkau membentuk dari tanah berupa burung dengan seizin-Ku, kemudian engkau meniupnya, lalu menjadi seekor burung (yang sebenarnya) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau menyembuhkan orang yang buta sejak lahir dan orang yang berpenyakit kusta dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau mengeluarkan orang mati (dari kubur menjadi hidup) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika Aku menghalangi Bani Israil (dari keinginan mereka membunuhmu) di kala waktu engkau mengemukakan kepada mereka keterangan-keterangan yang nyata, lalu orang-orang kafir di antara mereka berkata, Ini tidak lain hanyalah sihir yang nyata.

    (QS. Al-Maidah Ayat 110)
    cover bottom ayah
  • Kapan Bulan Safar 2024...
    Tips
    Kamis, 01 Agustus 2024 - 09:49 WIB
    Dalam kalender hijriah, umat Islam akan memasuki bulan Safar 2024 dimulai pada Selasa Kliwon, 6 Agustus 2024 M (1 Safar 1446 H) mendatang.
  • 3 Peristiwa Besar Bersejarah...
    Hikmah
    Selasa, 05 April 2022 - 08:05 WIB
    Pada bulan suci Ramadhan terdapat banyak peristiwa besar bersejarah. Ada tiga peristiwa besar yang patut diketahui umat Islam. Apa saja?
  • Amalan dan Doa Gerhana...
    Tips
    Selasa, 08 November 2022 - 15:33 WIB
    Gerhana bulan (khusuful qamar) diprediksi terjadi pada Selasa (8/11/2022) malam, merupakan momen gerhana bulan total terakhir pada Tahun 2022. Berikut doa dan amalannya.
  • Lebih Dermawan di Bulan...
    Muslimah
    Senin, 26 April 2021 - 14:27 WIB
    Sesungguhnya sedekah di bulan Ramadhan memiliki keistimewaan dan kelebihan. Dan ini haruslah menjadi motivasi seorang muslim menjadi lebih dermawan pula di bulan yang mulia.
  • Keutamaan Menikah di...
    Hikmah
    Selasa, 16 Januari 2024 - 10:22 WIB
    Keutamaan menikah di bulan Ramadan ternyata banyak sekali, selain menikah di bulan mulia juga ada banyak hikmah yang melatarbelakanginya. Apa saja keutamaan dan hukumnya menikah di bulan suci tersebut?
  • 3 Amalan Utama di Bulan...
    Tausyiah
    Selasa, 18 Juli 2023 - 23:10 WIB
    Malam ini kita telah memasuki 1 Muharram 1445 Hijriah, bulan yang sangat dimuliakan Allah. Ada tiga amalan utama di bulan Muharram yang perlu diketahui dan diamalkan umat Islam.
  • Khutbah Sholat Gerhana...
    Tausyiah
    Selasa, 25 Mei 2021 - 09:42 WIB
    Berikut adalah Khutbah Shalat Gerhana Bulan 26 Mei 2021 oleh Dr H Syamsudin MAg, Dosen UIN Sunan Ampel Surabaya yang juga Wakil Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Timur
  • Madrasah Ramadhan sebagai...
    Muslimah
    Minggu, 25 April 2021 - 08:43 WIB
    Sebagai bulan yang istimewa banyak predikat yang disematkan pada bulan Ramadhan, salah satunya adalah Ramadhan sebagai bulan kesabaran. Kenapa disebut bulan kesabaran?
  • Inilah Perkara-perkara...
    Tausyiah
    Sabtu, 08 April 2023 - 05:15 WIB
    Bulan Ramadan adalah bulan ampunan. Namun, ternyata ada perkara-perkara yang justru tidak akan mendapat ampunan bila dilakukan di bulan Ramadan. Perkara apa saja itu?
  • Bulan Safar, Bulan Baik...
    Muslimah
    Kamis, 01 Agustus 2024 - 10:17 WIB
    Tinggal hitungan hari lagi, umat Islam akan memasuki bulan Safar (???) atau bulan kedua dalam kalender Islam (Hijriyah). Salah satu keutamaan bulan Safar ini adalah bulan baik untuk menikah.
  • Perkara-perkara yang...
    Hikmah
    Rabu, 29 Mei 2024 - 17:35 WIB
    Sebentar lagi umat Islam akan memasuki bulan Dzulhijjah, bulan mulia yang banyak keistimewaannya. Namun, ternyata ada juga beberapa larangan yang tidak boleh dilakukan di bulan Haram tersebut. Apa saja?
  • Kisah Kedermawanan Nabi...
    Tausyiah
    Kamis, 06 April 2023 - 04:02 WIB
    Nabi Muhammad shollallahu alaihi wasallam (SAW) adalah orang paling dermawan. Kedermawanan beliau lebih dahsyat lagi di bulan suci Ramadan melebihi angin berembus.
  • Indahnya Berbagi, Ini...
    Tausyiah
    Jum'at, 31 Maret 2023 - 03:00 WIB
    Bersedekah di bulan Ramadan memiliki keutamaan luar biasa. Inilah kesempatan terbaik menuai banyak pahala dan ampunan Allah yang Maha luas.
  • Peristiwa Agung Para...
    Hikmah
    Rabu, 19 Juli 2023 - 09:00 WIB
    Bulan Muharram ternyata menjadi saksi terjadinya beberapa peristiwa agung yang diabadikan dalam Al-Quran. Khususnya peristiwa para nabi yang Allah Taala ceritakan dalam Al-Quran ini. Peristiwa agung apa saja?
  • Benarkah Dzulhijjah...
    Muslimah
    Kamis, 01 Juni 2023 - 11:08 WIB
    Di masyarakat kita masih ada pemahaman bahwa ketika ingin melaksanakan pernikahan sebaiknya digelar pada bulan Dzulhijjah atau bulan yang dikenal dengan Lebaran Haji? Benarkah demikian dan adakah keutamaannya?