8 Ayat Salamun Rebo Wekasan: Dibaca Pagi Hari setelah Salat Sunat Mutlak

Kamis, 29 Agustus 2024 - 13:50 WIB
loading...
A A A
سَلٰمٌ عَلٰٓى اِبْرٰهِيْمَ.كَذٰلِكَ نَجْزِى الْمُحْسِنِيْنَ

Artinya: ”Selamat sejahtera bagi Ibrahim.” Demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik.” ( QS as-Saffat [37] : 109-110).



Kelima, ayat salamun yang terdapat dalam QS as-Saffat ayat 120-121.

سَلٰمٌ عَلٰى مُوْسٰى وَهٰرُوْنَ.اِنَّا كَذٰلِكَ نَجْزِى الْمُحْسِنِيْنَ

Artinya: ”Selamat sejahtera bagi Musa dan Harun.” Demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik.” ( QS as-Saffat [37] : 120-121.

Keenam, ayat salamun yang terdapat dalam QS as-Saffat ayat 130-131.

سَلٰمٌ عَلٰٓى اِلْ يَاسِيْنَ.اِنَّا كَذٰلِكَ نَجْزِى الْمُحْسِنِيْنَ

Artinya: ”Selamat sejahtera bagi Ilyas.” Demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik.” (QS as-Saffat [37]: 130-131).

Empat ayat salamun dalam QS as-Saffat di atas diberikan kepada Nabi Nuh AS , Nabi Ibrahim AS, Nabi Musa AS, Nabi Harun AS, dan Nabi Ilyas AS. Sebagaimana diketahui bahwa mereka merupakan bagian dari para nabi dan rasul yang gigih dalam memperjuangkan kalimat tauhid la ilaha illallah (tiada Tuhan yang berhak disembah selain Allah) pada masanya.



Ketujuh, ayat salamun yang terdapat dalam QS az-Zumar ayat 73.

سَلٰمٌ عَلَيْكُمْ طِبْتُمْ فَادْخُلُوْهَا خٰلِدِيْنَ

Artinya: … “Kesejahteraan (dilimpahkan) atasmu, berbahagialah kamu! Maka masuklah (ke dalam surga), kamu kekal di dalamnya.” ( QS az-Zumar [39] : 73).

Ayat di atas merupakan ucapan penghormatan dan penghargaan dari malaikat-malaikat penjaga pintu surga untuk orang-orang beriman atas apa yang telah mereka kerjakan di dunia, yakni dengan bertakwa kepada Allah SWT (QS az-Zumar [39]: 73).

Kedelapan, ayat salamun yang terdapat dalam QS al-Qadr ayat 5.

سَلٰمٌ ۛهِيَ حَتّٰى مَطْلَعِ الْفَجْرِ

Artinya: “Sejahteralah (malam itu) hingga datangnya terbit fajar.” ( QS al-Qadr [97] : 5).

Ayattersebut merupakan ayat yang berkaitan dengan kemuliaan malam Lailatul Qadar (malam kemuliaan) yang terjadi pada saat bulan Ramadan. Malam Lailatul Qadar (malam kemuliaan) merupakan satu malam yang kadar kebaikannya lebih baik dari pada seribu bulan ( QS al-Qadr [97] : 3), di mana pada malam itu turun para malaikat dan malaikat Jibril ke dunia dengan seizin Allah SWT untuk mengatur segala urusan yang telah ditentukan Allah untuk satu tahun yang akan datang.



Mereka juga membawa kebaikan kepada orang-orang yang taat, berupa keselamatan, istigfar, dan doa yang diperuntukkan bagi orang-orang beriman yang pada malam itu sibuk dengan mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Demikianlah doa Ayat Salamun Rebo Wekasan yang ayat-ayatnya diambil dari Al-Qur’an. Doa ini dapat dibaca di saat kita berada di hari Rabu di penghujung bulan Safar.

Dalam tradisi masyarakat Indonesia, doa ini biasa dibaca pada pagi hari setelah pelaksanaan salat sunat mutlak yang kemudian dilanjutkan dengan zikir dan doa bersama serta dilanjutkan dengan pembagian sedekah berupa makanan ataupun yang lainnya.

Ada juga sebagian orang yang masih mengambil berkah dari Doa Ayat Salamun Rebo Wekasan dengan cara menyimpannya di bak-bak mandi atau sumur yang kemudian dipergunakan untuk keperluan sehari-hari.
(mhy)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3210 seconds (0.1#10.140)