Perlu Berterima Kasih pada Diri Sendiri

Sabtu, 29 Agustus 2020 - 17:30 WIB
loading...
A A A
2. Dari segi akal pikiran

Allah menganugerahkan pikiran kepada manusia yang menjadikannya lebih unggul dari pada hewan. Akal merupakan perangkat yang akan membimbing manusia dalam memahami kebesaran sang khaliq yaitu memahami karya-karya-Nya baik itu Al-Qur'an maupun segala ciptaan-Nya. (Baca juga : Barcelona Menuju Akhir Sebuah Era )

Sebagaimana firman Allah dalam Q.S. Ali-Imran : 190 : "Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal".

3. Dari segi nafsu

Nafsu merupakan hal yang mendasar yang membedakan antara manusia dengan malaikat.Dalam mengelola nafsunya itu manusia dibedakan menjadi dua golongan : pertama, golongan yang terkalahkan oleh nafsu, yaitu setiap perilakunya dikalahkan oleh nafsunya.Kedua, golongan yang mampu mengekang bahkan mengalahkan hawa nafsu sehingga nafsu tunduk pada perintahnya. (Baca juga : Hilangkan Kesedihan Hati dengan Amalan-amalan Ini! )

Jadi, rasa berterima kasih pada diri dan senantiasa bersyukurlah akan membuat hati tenang. Maka dari itu, terima kekurangan diri dan lengkapi dengan kelebihan yang kita miliki.

Wallahu A'lam
(wid)
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2047 seconds (0.1#10.140)