7 Amalan Pahalanya Setara Ibadah Haji dan Umrah

Sabtu, 12 September 2020 - 08:30 WIB
loading...
7 Amalan Pahalanya Setara Ibadah Haji dan Umrah
Dai yang juga pengajar di Rumah Fiqih Indonesia (RFI) Ustaz Hanif Luthfi Lc MA. Foto/dok RFI
A A A
Tahun ini 2020, tidak semua orang bisa pergi haji . Meski demikian ternyata ada beberapa hadis yang menyebutkan bahwa amalan-amalan ini pahalanya setara dengan haji . Meski kadang secara kasat mata, amalan ini cukup sederhana.

"Meski setara pahalanya dengan haji, bukan berarti menggugurkan syariat haji . Minimal jika belum bisa makan rendang, ya makan mie instan rasa rendang," kata Dai yang juga pengajar di Rumah Fiqih Indonesia (RFI) Ustaz Hanif Luthfi Lc MA . ( )

Dalam sebuah hadis shahih, disebutkan bahwa janji pahala haji adalah surga.

عن أبي هريرة رضي الله عنه أن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال: العمرةُ إلى العمرةِ كفَّارَةٌ لمَا بينَهمَا، والحجُّ المبرورُ ليسَ لهُ جزاءٌ إلا الجنَّةُ

Dari Abu Hurairah radhiallahu'anhu, Rasulullah ﷺ bersabda: "Ibadah umrah ke ibadah umrah berikutnya adalah penggugur (dosa) di antara keduanya, dan haji yang mabrur tiada balasan (bagi pelakunya) melainkan surga". (HR Al-Bukhari dan Muslim).

( )

Ustaz Hanif Luthfi membeberkan tujuh amalan yang jika diamalkan bisa berpahala haji sebagaimana dilansir dari web rumahfiqih. Amalan ini ada yang ringan bahkan kita bisa melakukannya setiap waktu. Walau ringan, namun pahalanya sangat luar biasa. ( )

1. Umrah di Bulan Ramadhan
Dari Ibnu ‘Abbas radhiyallahu ‘anhuma, ia berkata bahwa Rasulullah ﷺ pernah bertanya pada seorang wanita:

مَا مَنَعَكِ أَنْ تَحُجِّى مَعَنَا

"Apa alasanmu sehingga tidak ikut berhaji bersama kami?" Wanita itu menjawab, 'Aku punya tugas untuk memberi minum pada seekor unta di mana unta tersebut ditunggangi oleh ayah fulan dan anaknya –ditunggangi suami dan anaknya-. Ia meninggalkan unta tadi tanpa diberi minum, lantas kamilah yang bertugas membawakan air pada unta tersebut. Lantas Rasulullah ﷺ bersabda:

فَإِذَا كَانَ رَمَضَانُ اعْتَمِرِى فِيهِ فَإِنَّ عُمْرَةً فِى رَمَضَانَ حَجَّةٌ

"Jika Ramadhan tiba, berumrahlah saat itu karena umrah Ramadhan senilai dengan haji." (HR. Al-Bukhari dan Muslim).

Dalam lafazh Muslim disebutkan:

فَإِنَّ عُمْرَةً فِيهِ تَعْدِلُ حَجَّةً

"Umrah pada bulan Ramadhan senilai dengan haji." (HR. Muslim)

Dalam lafazh Bukhari yang lain disebutkan,

فَإِنَّ عُمْرَةً فِى رَمَضَانَ تَقْضِى حَجَّةً مَعِى

"Sesungguhnya umrah di bulan Ramadhan seperti berhaji bersamaku." (HR. Al-Bukhari).

Imam Nawawi rahimahullah berkata, "Yang dimaksud adalah umrah Ramadhan mendapati pahala seperti pahala haji. Namun bukan berarti umrah Ramadhan sama dengan haji secara keseluruhan. Sehingga jika seseorang punya kewajiban haji, lalu ia berumrah di bulan Ramadhan, maka umrah tersebut tidak bisa menggantikan haji tadi." (Syarh Shahih Muslim, 9:2)

2. Berbakti Kepada Orang Tua
Dari Anas bin Malik radhiyallahu'anhu, ia berkata:
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1654 seconds (0.1#10.140)