Amalan Sunnah di Waktu Fajar yang Sayang Kalo Dilewatkan

loading...
Amalan Sunnah di Waktu Fajar yang Sayang Kalo Dilewatkan
Setiap muslim dan muslimah hendaknya mengisi waktu fajar tersebut dengan sesuatu yang baik, mulai dari bangun pagi salat tahajjud hingga zikir dan membaca Al-Quran. Foto ilustrasi/ist
Aktivitas seorang muslim biasanya diawali dari waktu fajar atau sebelum subuh. Setelah menunaikan salat Qiyamul Lail, salat sunnah fajar, dan kemudian salat subuh. Waktu fajar ini merupakan waktu krusial yang penuh dengan pahala dan berkah.

Untuk itu, setiap muslim dan muslimah hendaknya mengisi waktu fajar tersebut dengan sesuatu yang baik, mulai dari bangun pagi salat tahajjud hingga zikir dan membaca Al-Qur'an. Namun, ada juga beberapa amalan sunnah dari Rasulullah Shalallahu alaihi wa sallam yang bisa kita lakukan di waktu fajar tersebut.

(Baca juga :Bersabarlah dalam Menghadapi Ketetapan Allah Ta'ala)

Amalan sunnah ini sangat ringan namun memberikan pahala yang besar bagi yang melakukannya. Dikutip dari buku 'Belajar Sunnah Nabi Sehari-hari' yang ditulis Junaidi Ahmad, berikut beberapa amalan di waktu fajar yang biasa dilakukan Nabi Shallallahu alaihi wa sallam, yakni:



1. Membaca doa saat bangun tidur

Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam menganjurkan umatnya untuk membaca doa setelah bangun tidur. Sebagaimana hadis dari Hudzaifah bin AL-Yaman, dia mengatakan,

"Biasanya Rasulullah ketika bangun dari tidurnya beliau berdoa, "Alhamdulillahilladzi ahyaana ba'da maa amaatana wa ilaihin nusyuur" (Segala puji bagi Allah yang menghidupkanku dan mematikanku dan kepada-Nya lah kita dikembalikan)." (HR. Bukhari dan Muslim).



(Baca juga :Imun Terbaik : Jauhi Dosa dan Perbanyak Doa)
halaman ke-1 dari 3
cover top ayah
يٰۤـاَيُّهَا الَّذِيۡنَ اٰمَنُوا اذۡكُرُوۡا اللّٰهَ ذِكۡرًا كَثِيۡرًا
Wahai orang-orang yang beriman! Ingatlah kepada Allah, dengan mengingat (nama-Nya) sebanyak-banyaknya,

(QS. Al-Ahzab:41)
cover bottom ayah
preload video