Kumpulan Artikel: Perempuan Mulia

  • Siti Masyitoh, Muslimah Saleha yang Wangi Makamnya Dipuji Rasulullah SAW
    Muslimah
    Rabu, 01 November 2023 - 11:41 WIB
    Muslimah saleha ini hidup di zaman Firaun. Namanya Siti Masyitoh, ia menjadi pelayan yang mengurusi anak-anak sang raja Firaun tersebut. Siapa sebenarnya ia?
  • Mengenal 4 Wanita Mulia Pemimpin Bidadari Surga, Siapa Saja?
    Muslimah
    Minggu, 29 Oktober 2023 - 08:15 WIB
    Ada 4 wanita mulia yang berasal dari bumi yang akan menjadi pemimpin para bidadari surga kelak. Siapa saja wanita tersebut, dan apa saja kemuliaannya?
  • Makam Muslimah Ini Sangat Harum Sampai Rasulullah Dibuat Kagum, Siapa Dia? Dan Apa Amalan yang Dilakukannya?
    Muslimah
    Kamis, 10 November 2022 - 17:33 WIB
    Muslimah ini hidup di zaman Firaun. Namanya Siti Masyitoh, ia menjadi pelayan yang mengurusi anak-anak sang raja Firaun tersebut. Siapa sebenarnya ia?
  • 4 Sosok Perempuan Mulia yang Mengasuh Baginda Nabi Muhammad SAW
    Muslimah
    Jum'at, 30 September 2022 - 17:26 WIB
    Dalam sejarah kehidupan Nabi Muhammad SAW, selain ibu kandung yakni Aminah binti Wahab bin Abdulmanaf bin Zuhrah bin Kilab, didapati beberapa orang perempuan mulia yang menjadi sosok ibu asuhnya
  • Inilah Karakteristik Wanita Mulia, Pemimpin Para Bidadari Surga
    Muslimah
    Sabtu, 09 Oktober 2021 - 05:10 WIB
    Wanita dalam Islam sangat dimuliakan, bahkan Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam menyebutkan dalam sabdanya ada wanita penghuni surga yang paling utama. Siapa saja wanita mulia ini? Dan bagaimana karakteristiknya?
  • cover top ayah
    وَحُشِرَ لِسُلَيۡمٰنَ جُنُوۡدُهٗ مِنَ الۡجِنِّ وَالۡاِنۡسِ وَالطَّيۡرِ فَهُمۡ يُوۡزَعُوۡنَ (١٧) حَتّٰٓى اِذَاۤ اَتَوۡا عَلٰى وَادِ النَّمۡلِۙ قَالَتۡ نَمۡلَةٌ يّٰۤاَيُّهَا النَّمۡلُ ادۡخُلُوۡا مَسٰكِنَكُمۡ‌ۚ لَا يَحۡطِمَنَّكُمۡ سُلَيۡمٰنُ وَجُنُوۡدُهٗۙ وَهُمۡ لَا يَشۡعُرُوۡنَ‏ (١٨) فَتَبَسَّمَ ضَاحِكًا مِّنۡ قَوۡلِهَا وَقَالَ رَبِّ اَوۡزِعۡنِىۡۤ اَنۡ اَشۡكُرَ نِعۡمَتَكَ الَّتِىۡۤ اَنۡعَمۡتَ عَلَىَّ وَعَلٰى وَالِدَىَّ وَاَنۡ اَعۡمَلَ صَالِحًـا تَرۡضٰٮهُ وَاَدۡخِلۡنِىۡ بِرَحۡمَتِكَ فِىۡ عِبَادِكَ الصّٰلِحِيۡنَ (١٩)
    Dan untuk Sulaiman dikumpulkan bala tentaranya dari jin, manusia dan burung, lalu mereka berbaris dengan tertib. Hingga ketika mereka sampai di lembah semut, berkatalah seekor semut, Wahai semut-semut! Masuklah ke dalam sarang-sarangmu, agar kamu tidak diinjak oleh Sulaiman dan bala tentaranya, sedangkan mereka tidak menyadari. Maka dia (Sulaiman) tersenyum lalu tertawa karena (mendengar) perkataan semut itu. Dan dia berdoa, Ya Tuhanku, anugerahkanlah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku mengerjakan kebajikan yang Engkau ridhai; dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang shalih.

    (QS. An-Naml Ayat 17-19)
    cover bottom ayah
  • Perempuan yang Selalu Memuliakan Rasulullah
    Muslimah
    Kamis, 05 November 2020 - 18:05 WIB
    Fathimah binti Asad adalah perempuan yang mendapat kehormatan untuk mendidik dan mengasuh Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam saat beliau dalam asuhan pamannya, Abu Thalib.
  • Shafiyah yang Terpelajar, Penyabar dan Lemah Lembut
    Muslimah
    Senin, 02 November 2020 - 13:05 WIB
    Shafiyah binti Huyai merupakan sSalah satu istri Rasulullah Shallallaahu alaihi wa sallam yang bukan keturunan Arab Quraysh melainkan putri tokoh yahudi Khaibar.
  • Perempuan-Perempuan Pemegang Bara Api
    Muslimah
    Minggu, 25 Oktober 2020 - 19:26 WIB
    Dari kisah-kisah Islam yang bersumber dari Al-Quran dan Sunnah, ada banyak tokoh perempuan yang patut dijadikan suri tauladan. Mereka perempuan-perempuan penggenggam bara api. Siapa mereka dan apa maksud penggenggam bara api ini?
  • Tasbih Fatimah
    Muslimah
    Kamis, 15 Oktober 2020 - 06:37 WIB
    Apabila kaum muslimah seanng mengerjakan amalan-amalan agama, maka akan berpengaruh kepada anak-anak mereka. Sayangnya pada zaman ini anak- anak telah dididik dalam lingkungan yang jauh dari suasana itu.
  • Kisah di Medan Perang yang Bikin Baper
    Muslimah
    Jum'at, 25 September 2020 - 17:00 WIB
    Shafiyyah berperan penting dalam kehidupan Rasulullah, sehingga ia dijuluki Ibunda Hawari atau penolong Rasulullah. Dia pun menjadi salah satu dari sepuluh orang yang dijamin surga.
  • Muslimah Saleha Penyimpan Kain Kafan
    Muslimah
    Minggu, 23 Agustus 2020 - 17:30 WIB
    Mengingat mati atau kematian termasuk salah satu akhlak terpuji dan perilaku mulia. Bagaimana tidak, mengingat kematian bukan sekadar ingat dan tidak lupa, namun lebih dari itu mengingat kematian berarti mempersiapkan bekal sebelum ajal datang.
  • Dialah Potret Bidadari Surga Bermata Jelita
    Muslimah
    Minggu, 16 Agustus 2020 - 14:38 WIB
    Ummu Ruman radhiyallahuanha adalah perempuan sekaligus seorang ibu yang paling berbahagia. Bagaimana tidak, manusia terbaik dalam sejarah manusia meminang putrinya.
  • Selain Ibu,  Inilah Perempuan yang sangat Dimuliakan Rasulullah
    Muslimah
    Sabtu, 15 Agustus 2020 - 15:16 WIB
    Siapa yang mengira jika Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam pernah dimarahi oleh seorang perempuan? Siapakah perempuan itu?
  • Taat dan Keteguhan Hati Asiyah Mengantarkannya ke Surga
    Muslimah
    Selasa, 04 Agustus 2020 - 12:50 WIB
    Firaun dikenal sebagai raja yang dihukumi Allah sebagai raja fasik yang mengaku sebagai tuhan. Tidak demikian dengan istrinya Asiyah. Ia justru mendapat rahmah dan.kasih sayang dari Allah sehingga dijamin masuk surga.
  • Maryam binti Imran, Sosok yang Taat dalam Menjaga Kesucian
    Muslimah
    Selasa, 04 Agustus 2020 - 06:00 WIB
    Maryam binti Imran, dialah ibunda Nabi Isa Alaihisalam. Maryam menjadi figur perempuan mulia yang menjaga kehormatan dirinya dan taat beribadah kepada Rabbnya.
  • Belajar Menjaga Rahasia  dari Fatimah binti Muhammad
    Muslimah
    Senin, 03 Agustus 2020 - 21:35 WIB
    Fatimah adalah belahan jiwa Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam, putri perempuan terpandang dan mantap agamanya, istri dari laki-laki ahli surga yaitu Ali bin Abi Thalib
  • Khadijah binti Khuwailid,  sang Cinta Abadi  Rasulullah
    Muslimah
    Senin, 03 Agustus 2020 - 14:46 WIB
    Ada beberapa nama perempuan terpandang yang di antara mereka ada yang dimuliakan Allah Taala dengan surga. Bahkan sosok empat perempuan mulia ini, disebutkan dalam sabda Nabi Muhammad SAW. Siapa saja perempuan mulia ini?
  • Belajar Kehidupan dari Sosok Hindun binti Utbah
    Muslimah
    Rabu, 29 Juli 2020 - 16:08 WIB
    Selain meneladani kisah nabi, sebagai muslimah juga dianjurkan untuk meneladani para shahabiyah (sahabat nabi perempuan atau perempuan-perempuan hebat dan agung pada zaman Rasulullah). Sosok Hindun binti Utbah, salah satunya.
  • Ketaatan Kepada Allah Taala, Istri Nabi Zakariya Sembuh dari Kemandulan
    Muslimah
    Senin, 22 Juni 2020 - 15:06 WIB
    Jika Allah Taala berkehendak, maka apapun akan terjadi. Bagi Allah tak ada satu pun yang mustahil. Allah Maha Besar dan Maha Segalanya. Kekuasaan ini ditunjukkan melalui kisah Nabi Zakariya Alaihissalam dengan istrinya, Isya binti Imran.
  • Shafura Muslimah Pemalu, Santun dan Bisa Menjaga Diri
    Muslimah
    Minggu, 21 Juni 2020 - 10:21 WIB
    Siapakah Shafura atau Shafuriyya ini? Dialah istri nabi mulia Musa Alaihissalam, perempuan saleha yang disifati Allah sebagai muslimah yang pemalu dan santun.