Haruskah Anak Perempuan Dikhitan?

loading...
Haruskah Anak Perempuan Dikhitan?
Khitan bagi anak perempuan jelas disyariatkan dalam Islam, namun jika ditinjau dari hukumnya, para ulama fiqih berbeda pendapat. Ada yang mewajiabkan, ada yang tidak wajib, dan ada juga yang memandang itu pemuliaan atas perempuan. Foto ilustrasi/ist
Perintah khitan yang paling sering kita dengar adalah untuk anak-laki-laki. Bagi anak perempuan, khitan ini kurang populer bahkan mungkin banyak yang tidak tahu. Apakah khitan bagi anak perempuan sama diwajibkan seperti anak-laki-laki? Bagaimana pandangannya menurut syariat Islam?

Ustadzah Aini Aryani, Lc, dari Rumahfiqih Indonesia menjelaskan,dalil yang menjadi dasar pensyariatan khitan adalah sebagai berikut:

Allah Ta'ala berfirman :

لَا جَرَمَ أَنَّ ٱللَّهَ يَعْلَمُ مَا يُسِرُّونَ وَمَا يُعْلِنُونَ ۚ إِنَّهُۥ لَا يُحِبُّ ٱلْمُسْتَكْبِرِينَ



"Kemudian kami wahyukan kepadamu untuk mengikuti millah Ibrahim yang lurus (QS. An-Nahl: 23).

(Baca juga :Inilah Balasan Bagi yang Pandai Bersyukur)

Dari Ibnu Abbas radhiyallahu'anhu dia berkata bahwa Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda, "Khitan itu sunnah buat laki-laki dan memuliakan buat wanita." (HR. Ahmad dan Baihaqi)



Dari Abi Hurairah radhiyallahu;anhu, dia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda : “Nabi Ibrahim as. Berkhitan saat berusia 80 tahun dengan qadur / kapak. (HR Bukhari dan muslim)
halaman ke-1 dari 6
cover top ayah
اِنَّهٗ يَعۡلَمُ الۡجَـهۡرَ مِنَ الۡقَوۡلِ وَيَعۡلَمُ مَا تَكۡتُمُوۡنَ
Sungguh, Allah mengetahui perkataan yang kamu ucapkan dengan terang-terangan, dan mengetahui pula apa yang kamu rahasiakan.

(QS. Al-Anbiya:110)
cover bottom ayah
preload video