Mencari Calon Istri yang Saleha? Inilah Ciri-cirinya!

loading...
Mencari Calon Istri yang Saleha? Inilah Ciri-cirinya!
Salah satu ciri istri yang saleha adalah ia menyenangkan jika dipandang oleh suaminya. Foto Ilustrasi/ist
Ketika ingin berumah tangga, setiap muslim pasti menginginkan kriteria-kriteria tertentu sesuai niatnya. Bagi seorang laki-laki, tentu saja calon istri yang diidamkannya adalah yang cantik dan saleha. Lantas bagaimana sebenarnya ciri calon istri yang saleha ini? Seorang istri yang sesuai dengan aturan syariat Islam?

Ummi Fairuz Ar-Rahbani, ustadzah yang juga istri Buya Yahya dari pondok pesantren AL Bahjah Cirebon ini, menguraikan penjelasan tentang ciri-ciri calon istri yang saleha tersebut. Berikut petikannya:

Allah Ta'ala berfirman :

قَال اللہ تَعَالَی: فَالصاَلِحَةُ قَانِتَاتُ حَافِظَاتٌ لِلْغَيبِ



"Dan wanita-wanita yang salehah adalah wanita yang taat kepada Allah (dengan taat kepada suami) serta memelihara diri ketika suaminya tidak ada karena Allah telah menjaga mereka."

(Baca juga :Bolehkah Perempuan Haid Mengajarkan Al-Qur'an?)

Rasulullah Shallallahu alaihi wa salam juga bersabda :



قَال رسول اللہ صلى اللہ عليه وسلم: خَيْرُالنِّسَاءِ امْرَأَةٌ إِنْ نَظَرْتَ اِلَيْهَا سَرَّتْكَ، وَ إِنْ أَمَرْتَهَا أَطَاعَتْكَ، و إنْ غِبْتَ أنْتَ حَفِظَتْكَ فیِ مَالِكَ وَ نَفْسِهَا
halaman ke-1 dari 4
cover top ayah
اَمۡ اَمِنۡتُمۡ مَّنۡ فِى السَّمَآءِ اَنۡ يُّرۡسِلَ عَلَيۡكُمۡ حَاصِبًا‌ ؕ فَسَتَعۡلَمُوۡنَ كَيۡفَ نَذِيۡرِ
Atau sudah merasa amankah kamu, bahwa Dia yang di langit tidak akan mengirimkan badai yang berbatu kepadamu? Namun kelak kamu akan mengetahui bagaimana (akibat mendustakan) peringatan-Ku.

(QS. Al-Mulk:17)
cover bottom ayah
preload video