Mencari Calon Istri yang Saleha? Inilah Ciri-cirinya!

Selasa, 29 September 2020 - 08:21 WIB
loading...
Mencari Calon Istri yang Saleha? Inilah Ciri-cirinya!
Salah satu ciri istri yang saleha adalah ia menyenangkan jika dipandang oleh suaminya. Foto Ilustrasi/ist
A A A
Ketika ingin berumah tangga , setiap muslim pasti menginginkan kriteria-kriteria tertentu sesuai niatnya. Bagi seorang laki-laki, tentu saja calon istri yang diidamkannya adalah yang cantik dan saleha. Lantas bagaimana sebenarnya ciri calon istri yang saleha ini? Seorang istri yang sesuai dengan aturan syariat Islam?

Ummi Fairuz Ar-Rahbani, ustadzah yang juga istri Buya Yahya dari pondok pesantren AL Bahjah Cirebon ini, menguraikan penjelasan tentang ciri-ciri calon istri yang saleha tersebut. Berikut petikannya:

Allah Ta'ala berfirman :

قَال اللہ تَعَالَی: فَالصاَلِحَةُ قَانِتَاتُ حَافِظَاتٌ لِلْغَيبِ

"Dan wanita-wanita yang salehah adalah wanita yang taat kepada Allah (dengan taat kepada suami) serta memelihara diri ketika suaminya tidak ada karena Allah telah menjaga mereka."

(Baca juga : Bolehkah Perempuan Haid Mengajarkan Al-Qur'an? )

Rasulullah Shallallahu alaihi wa salam juga bersabda :

قَال رسول اللہ صلى اللہ عليه وسلم: خَيْرُالنِّسَاءِ امْرَأَةٌ إِنْ نَظَرْتَ اِلَيْهَا سَرَّتْكَ، وَ إِنْ أَمَرْتَهَا أَطَاعَتْكَ، و إنْ غِبْتَ أنْتَ حَفِظَتْكَ فیِ مَالِكَ وَ نَفْسِهَا

"Paling bagusnya wanita adalah seorang istri yang jika kamu melihat kepadanya akan menyenangkanmu dan ketika kamu memerintahkanya dia akan mematuhimu dan ketika kamu tidak bersamanya dia akan menjagamu dengan menjaga hartamu dan menjaga dirinya".

Dari hadis Nabi di atas sudah menggambarkan dengan jelas bagaimana ciri wanita yang saleha. Kita akan menjelaskan dengan merinci satu persatu dari makna hadis Nabi tersebut.

1. Perempuan yang patuh kepada Allah dengan menjalankan semua perintahnya, baik yang berkaitan dengan ibadah atau yang bertujuan untuk memuliakannya termsuk seseorang wanita merasa dirinya tidak baik dengan hanya menjaga hati tapi tidak mau menjaga aurat.

(Baca juga : Rezeki Mengalir Deras dengan Membaca Surat Al-Waqi'ah )

Seorang wanita yang hatinya baik maka akan mudah ditetapkan oleh syari’at karna dia menyadari bahwa syari’at mewujudkannya untuk menutup aurat. Ini adalah kemaslahatan dirinya,keluarga dan orang lain.

Patuh kepada suaminya dengan mematuhi perintah dari suaminya selagi bukan perkara yang harom. Kepatuhan seorang istri kepada suami dalam perkara halal akan mendatagkan pintu Allah SWT dan akan menjadi sebab kebahgiaan baginya di Dunia dan Akhirat.

2. Istri yang menyenangkan jika dipandang merupakan ciri dari istri yang solehah karena ketika seorang istri menyenangkan untuk dipandang suaminya akan lebih memudahkan suaminya untuk menjaga matanya dari melihat yang harom. Ada seorang ulama berikan nasihat kepada putrinya dihari pernikahannya.

(Baca juga : Ikhlas Sebagai Kunci Kekuatan Iman )

Di antara nasehatnya “Wahai putriku, jagalah hidung suamimu dan jagalah pendengerannya dan jagalah matanya. Jangan sampai ia mendengar darimu kecuali ucapan yang baik dan jangan sampai suamimu melihat kepadamu kecuali nampak cantik di matanya.”
Banyak seorang istri yang kadang tidak memperdulikan penampilannya di hadapan suaminya dan bahkan lebih sering berdandan untuk orang lain daripada untuk suaminya. Maka itu adalah suatu perbuatan yang tidak pantas bagi seorang istri.

3. Seorang istri yang saleha akan bisa menjaga dirinya di saat suaminya tidak ada, dalam menjaga kehormatannya dan juga menjaga harta suaminya. Maknanya adalah seorang wanita yang sholehah bisa menjaga amanah dan bagaimana seorang istri menjaga kehormatan? Ia tidak akan memasukkan sembarang orang kerumahnya ketika suaminya tidak ada. Apalagi orang yang tidak disenangi oleh suaminya. Khususnya lelaki yang bukan mahromnya.

Jika ternyata memasukan seseorang yang bukan mahromnya dikarenakan ada kepentingan yang tidak bisa dihindari, misalnya ada listrik yang bermasalah atau mengganti lampu yang mati dan lain sebagainya maka hendaknya seorang istri harus mengajak wanita lain atau keluarga untuk menemaninya agar terhindar dari fitnah.

(Baca juga : Deretan Pejabat Indonesia yang Meninggal Dunia akibat Covid-19 )
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1844 seconds (11.210#12.26)