Kumpulan Artikel: Fiqih Pernikahan

  • 7 Pernikahan yang Dilarang dalam Islam, Salah Satunya Nikah saat Ihram
    Tausyiah
    Selasa, 13 Februari 2024 - 09:00 WIB
    Ada beberapa jenis pernikahan yang dilarang dalam Islam, bahkan wajib dibatalkan karena haram hukumnya. Pernikahan apa saja itu?
  • 7 Pernikahan yang Tidak Sah alias Harus Dibatalkan, Muslimah Wajib Tahu!
    Muslimah
    Selasa, 03 Oktober 2023 - 11:55 WIB
    Dalam Islam, ternyata ada pernikahan-pernikahan yang wajib dibatalkan karena hukumnya haram dan telah dilarang oleh Allah dan Rasul-Nya. Jenis pernikahan seperti apa yang tidak sah tersebut?
  • Inilah Hak-hak Istri yang Harus Dipenuhi Suami
    Muslimah
    Selasa, 05 September 2023 - 10:24 WIB
    Selain kewajiban yang harus dijalankan, ada hak-hak tertentu seorang istri atas diri suaminya. Soal hak-hak istri atas suaminya ditegaskan Allah Subhanhu wa taala dala Al Quran Surat Al Baqarah ayat 228.
  • Bolehkah Melakukan Perjanjian Pranikah dalam Islam?
    Hikmah
    Senin, 31 Juli 2023 - 10:29 WIB
    Perjanjian pranikah, sesuatu yang semula terdengar tabu sepertinya mulai dipopulerkan di Indonesia. Terutama mulai didengar dari model-model pernikahan di kalangan selebritas di Tanah Air.
  • Bolehkah Wali Nikah Diwakilkan? Ini Penjelasannya
    Tausyiah
    Sabtu, 15 Juli 2023 - 15:45 WIB
    Bolehkah wali nikah diwakilkan? Hal ini sering ditanyakan sebagian kalangan muslim di Tanah Air. Langsung saja kita simak penjelasan berikut ini.
  • Hak Khiyar dalam Pernikahan, Begini Penjelasannya
    Muslimah
    Sabtu, 06 Mei 2023 - 11:17 WIB
    Dalam fiqih pernikahan, Islam mengatur tentang khiyar (hak pilih). Konsep khiyar diputuskan dalam Islam agar kedua pihak masing-masing dari calon suami atau istri mendapat keadilan.
  • Bolehkah Anak Menjadi Wali Nikah Ibunya?
    Tausyiah
    Jum'at, 31 Maret 2023 - 23:22 WIB
    Bolehkah anak menjadi wali nikah untuk ibunya? Sebagaimana diketahui, wali merupakan salah satu dari rukun nikah sebagaimana sabda Nabi, Tidak ada pernikahan tanpa adanya wali.
  • 16 Golongan Perempuan yang Tidak Boleh Dinikahi dalam Islam
    Tausyiah
    Jum'at, 03 Maret 2023 - 14:03 WIB
    Ada 16 golongan perempuan yang tidak boleh dinikahi dalam Islam. 15 Golongan di antaranya, dijelaskan di dalam surat An-Nisa ayat 22-24. Sedangkan satu golongan lagi dalam surat al-Baqarah ayat 221.
  • Perbedaan Hukum Menikah dengan Orang Ahli Kitab dan Musyrik
    Tips
    Selasa, 24 Januari 2023 - 09:22 WIB
    Apa perbedaan hukum menikah dengan orang Ahli Kitab dan musyrik? Allah memberikan beberapa hak istimewa kepada para ahli kitab. Di antaranya, lelaki Muslim diperbolehkan menikahi wanita dari kalangan mereka.
  • Pernikahan-pernikahan yang Tidak Sah Menurut Fiqih
    Muslimah
    Sabtu, 17 Desember 2022 - 14:41 WIB
    Tidak semua pernikahan itu halal dalam Islam. Ada pernikahan-pernikahan yang wajib dibatalkan karena hukumnya haram dan telah dilarang oleh Allah dan Rasul-Nya
  • Hukum dan Syarat Hadhanah (Hak Pengasuhan Anak) dalam Syariat Islam
    Muslimah
    Kamis, 08 Desember 2022 - 11:47 WIB
    Hadhanah dijelaskan dalam buku-buku fiqih Islam bab munakahat (hukum pernikahan) yang meliputi nikah, talak, rujuk, nafkah, dan semua turunan soal pernikahan.
  • Bagaimana Islam Memutus Perkara Hak Khiyar dalam Pernikahan
    Tausyiah
    Selasa, 06 Desember 2022 - 11:29 WIB
    Dalam fiqih pernikahan, Islam mengatur tentang khiyar (hak pilih). Konsep khiyar diputuskan dalam Islam agar kedua pihak masing-masing dari calon suami atau istri mendapat keadilan.
  • Hukum Perceraian dalam Islam, Syarat Sah, Aturan, dan Dalil
    Tausyiah
    Selasa, 01 November 2022 - 12:20 WIB
    Suami-istri hendaknya memahami hukum perceraian dalam Islam, syarat sah, aturan, dan dalil yang mengikutinya agar solusi talak bagi keduanya tetap dalam koridor hukum yang ditetapkan Allah Subhanahu wa Taala.
  • Menikah adalah Wasiat Terpenting Rasulullah, Begini Penjelasannya
    Muslimah
    Minggu, 23 Oktober 2022 - 05:15 WIB
    Salah satu aktivitas umat Islam yang bernilai pahala besar adalah menikah. Berlimpah pahala ada dalam pernikahan. Keagungan pernikahan karena merupakan Sunnah Rasulullah Shallalahu Alaihi wa Sallam.
  • Khulu, Hak Istri Meminta Cerai kepada Suaminya
    Muslimah
    Minggu, 18 September 2022 - 10:50 WIB
    Al-Hafizh Ibnu Hajar mengatakan apabila keretakan rumah tangga terjadi dari pihak perempuan saja, maka diperbolehkan baginya mengajukan khulu dan membayar fidyah.
  • Jangan Menikah untuk Cari Kaya dan Kemuliaan, Ini Akibatnya
    Tausyiah
    Kamis, 28 Juli 2022 - 16:39 WIB
    Menikah adalah sunnah Nabi dan perintah syariat. Bagi muslim yang ingin menikah hendaknya meluruskan niatnya, jangan menikah untuk mencari kekayaan atau kemuliaan.
  • Bolehkah Menikah di Bulan Dzulhijjah? Begini Penjelasannya
    Tips
    Selasa, 12 Juli 2022 - 09:33 WIB
    Bolehkah menikah di bulan Dzulhijjah? Pertanyaan ini masih banyak terjadi di kalangan umat, sehubungan keistimewaan bulan haji yang dianggap bulan baik untuk pernikahan.
  • Adakah Keutamaan Menikah di Bulan Dzulhijjah?
    Muslimah
    Kamis, 23 Juni 2022 - 13:43 WIB
    Di masyarakat kita masih ada pemahaman bahwa ketika ingin melaksanakan pernikahan sebaiknya digelar pada bulan Dzulhijjah atau bulan yang dikenal dengan Lebaran Haji? Benarkah demikian dan adakah keutamaannya?
  • Hukum Berutang untuk Menikah, Boleh atau Tidak?
    Tausyiah
    Kamis, 02 Juni 2022 - 11:14 WIB
    Dalam Islam menikah memang sangat dianjurkan, bahkan bisa jadi wajib bagi orang yang dikhawatirkan berzina. Namun bukan berarti ini harus dilakukan dengan melegalkan segala macam cara.
  • Nikah Dulu atau Mapan Dulu? Begini Penjelasannya Menurut Syariat
    Muslimah
    Kamis, 19 Mei 2022 - 16:45 WIB
    Harus diakui masih banyak anggapan untuk menikah seseorang harus mapan terlebih dahulu, punya ini dan itu sehingga menjadikan beberapa pihak tertunda bahkan tidak bisa melakukan perintah Allah yang Mulia.