Inilah Sunnah Rasulullah dalam Menyambut Kelahiran Anak

loading...
Inilah Sunnah Rasulullah dalam Menyambut Kelahiran Anak
Ada beberapa sunnah yang dianjurkan Rasulullah saat menyambut kelahiran bayi, salah satunya mentahnik bayi dengan kurma. Foto ilustrasi/istimewa
Kelahiran anggota baru dalam keluarga, menjadi sumber kebahagiaan bagi orang tuanya. Anak menjaditumpuan harapan dan doa orang tua agar tumbuh menjadi pribadi yang saleh dan saleha.

Dalam Islam saat bayi lahir tentu membutuhkan penanganan secara tepat karena bisa saja hal itu mempengaruhi kelak besarnya si bayi kecil mungil itu. Karena itu, menjadi keharusan bagi setiap orang tua untuk mengetahui apa yang harus dilakukan terlebih pada saat menyambut kelahiran sang anak.

(Baca juga :Saudah binti Zam'ah : Memiliki Kekuatan Jiwa yang Luar Biasa)

Ada beberapa sunnah yang sangat dianjurkan dilakukan oleh Rasulullah SAW saat menyambut kehadiran anak. Berikut, beberapa sunnah Rasulullah yang disarikan dari beberapa sumber dan dalil yang shahih, yakni :



1. Mentahnik bayi dengan kurma

Saat ini, tak banyak orang tua yang memahami bahwa tahnik adalah sunnah Nabi yang sangat dianjurkan saat bayi baru lahir. Tahnik adalah memasukkan kunyahan/lumatan buah kurma ke dalam mulut bayi yang baru lahir dan menggosokkannya dengan lembut di langit-langit mulut bayi sampai seluruh bagian dari mulut bayi tersebut terolesi dengan sari buah kurma. Jika kurma sulit untuk didapat, boleh diganti dengan sari kurma yang sudah jadi atau madu.

Apakah tidak bahaya bagi bayi? Bayi yang baru lahir terutama bayi yang lahir prematur atau bayi dengan berat lahir kurang, memiliki kandungan glukosa yang sangat kecil dalam darahnya (umumnya hanya di bawah 30mg per 100 ml darah). Jika kekurangan zat gula ini tidak segera dipenuhi, biasanya bayi akan mudah menolak ASI ibunya, otot-ototnya lemas, gangguan syaraf, bahkan berujung pada kematian. Biasanya, dokter akan memberikan tambahan zat gula pada bayi baru lahir yang kurang berat badannya atau prematur mellaui infus atau langsung melalui mulut.



(Baca juga :Inilah Perkara-perkara yang Membinasakan Manusia)
halaman ke-1 dari 4
cover top ayah
وَلَقَدۡ يَسَّرۡنَا الۡقُرۡاٰنَ لِلذِّكۡرِ فَهَلۡ مِنۡ مُّدَّكِرٍ
Dan sungguh, telah Kami mudahkan Al-Qur'an untuk pelajaran, maka adakah orang yang mau mengambil pelajaran?

(QS. Al-Qamar:22)
cover bottom ayah
TULIS KOMENTAR ANDA!
preload video